Skip to main content
Jual VCC Untuk Verifikasi PayPal (2 dan 5 thn)

VLShop - iOSpedia - Klikbanjar - Selebshop - Accgaming - Enpedia - YAADb - Virtual - Syariah - Investasi
© Onlenpedia Blog Network ™

Dropship Internasional - Tutorial Setting Shopify dan Oberlo untuk Pemula


Bisnis dropshipping International saat ini menjadi salah satu lahan menarik bagi sebagian orang yang ahli dalam penjualan online. Dropshipping menggunakan platform Shopify dan Oberlo menjadi pilihan karena memiliki banyak kelebihan.

Salah satu hal penting ketika akan dropshipping melalui Shopify dan Oberlo adalah melakukan setting. Untuk Anda yang belum berpengalaman, ada beberapa tutorial setting Shopify – Oberlo yang bisa diikuti.

cara dropship internasional dengan shopify dan oberlo integrasi
Cara dropship internasional dengan Shopify


Tutorial Setting Shopify – Oberlo Langkah Awal

Jika Anda sudah berhasil mendaftar dan memiliki toko online Shopify, selanjutnya tinggal melakukan pengaturan toko online Shopify dengan Oberlo agar segera mendapatkan penghasilan. Jika Anda salah melakukan setting, bisa saja potensi penghasilan di awal akan sulit bahkan hilang.

Berikut ini adalah langkah awal melakukan pengaturan Shopify dan Oberlo:


1. Menginstall Oberlo di Shopify

Sebelum menginstall Oberlo, silahkan daftar / sign up dulu secara >> GRATIS di Shopify.

Tutorial setting Shopify – Oberlo yang pertama agar bisa digunakan untuk dropshipping adalah menginstall Oberlo di Shopify. Ada 2 pilihan cara yang bisa Anda gunakan untuk menginstall Oberlo di Shopify. Namun lebih mudahnya, Anda bisa mengikuti cara install Oberlo di Shopify berikut:

- Masuk ke dashboard akun toko online Shopify milik Anda.
- Kunjungi Oberlo di Shopify App Store.
- Tekan "Get" untuk melakukan instalasi pada aplikasi Oberlo.
- Selanjutnya akan ditampilkan permintaan akses seperti mengelola produk, mengelola pesanan, atau data lain oleh aplikasi Oberlo. Lalu tekan Install App.


2. Pengaturan Dropship di Shopify

Beberapa aplikasi yang terinstall di Shopify akan memiliki dashboard tersendiri dimana Anda bisa melakukan pengaturan di dashboard tersebut. Begitupun Oberlo yang memiliki dashboard pengaturan yang terhubung dengan website developer dari aplikasi ini. Namun sebelum melakukan pengaturan pada Oberlo, Anda harus melakukan pengaturan terlebih dahulu pada akun Shopify.

Yang pertama perlu Anda atur adalah Fulfillment setting menjadi sistem manual. Fulfillment setting merupakan metode yang akan digunakan untuk menangani pesanan masuk. Jika fullfillment setting tidak diatur menjadi sistem manual maka opsi Order Products di Oberlo tidak akan muncul sehingga Anda tidak bisa membeli produk dari supplier.

Berikut ini adalah tutorial setting Shopify – Oberlo untuk pengaturan dropship:

- Masuk ke dashboard Shopify.
- Pilih menu Setting kemudian Checkout.
- Pada Order Processing di bagian setelah pesanan dibayar tekan pilihan "do not automatically fulfill".
- Tekan Save.
- Pengaturan tersebut akan membuat status orderan menjadi Fulfilled atau sudah diproses ketika supplier sudah memproses orderan.


3. Pengaturan Cara Pembayaran di Shopify

Anda harus melakukan setting pada Payment Authorization menjadi otomatis untuk memastikan bahwa pesanan bisa tampil dengan otomatis di aplikasi Oberlo. Jika Anda memilih manual maka pesanan tidak akan muncul di aplikasi Oberlo sampai ditandai sendiri secara manual.

Disarankan untuk memilih opsi otomatis agar orderan bisa tampil di aplikasi Oberlo secara otomatis. Selain itu dengan cara ini, Shopify akan memastikan bahwa orderan memang sudah dibayar sebelum ditampilkan pada aplikasi Oberlo.

Untuk tutorial setting Shopify – Oberlo pada pengaturan cara pembayaran di Shopify adalah sebagai berikut :

- Masuk ke dashboard akun toko online Shopify Anda.
- Pilih menu Setting kemudian tekan pilihan Payment Providers.
- Pada bagian Payment Authorization yang tersedia, pilihlah "Automatically capture payment" untuk memilih pembayaran secara otomatis.
- Tekan Simpan atau Save.


Tutorial Setting Shopify – Oberlo Pada Oberlo

Untuk memulai bisnis dropshipping, Anda masih harus melakukan pengaturan pada Oberlo. Banyak orang yang menggunakan kedua platform tersebut untuk memulai bisnis dropshipping mereka. Kemudahan yang diberikan menjadi alasan mengapa platfrom ini begitu digemari. Saat ini, Oberlo memang hanya support dengan Shopify saja sehingga jika ingin memanfaatkan Oberlo harus melalui platform Shopify.


Cara dropship internasional Shopify - Oberlo


Jika toko online Shopify sudah terkoneksi dengan Oberlo, maka segala pengaturan yang dilakukan pada Oberlo akan membuat toko online Shopify Anda ikut berubah. Berikut ini adalah tutorial setting Shopify – Oberlo pada dashboard Oberlo yang bisa Anda ikuti:


1. Email and Password Setting

Email and Password Setting hanya dilakukan ketika Anda ingin mengubah email dan password yang digunakan untuk aplikasi Oberlo saja. Ketika Anda melakukan penggantian email dan password di aplikasi Oberlo, maka email dan password yang digunakan pada akun Shopify tidak akan berganti. Jadi Anda harus mengganti pada masing-masing pengaturan jika ingin ganti keduanya. Yang perlu Anda ingat adalah bahwa satu email hanya bisa dikoneksikan dengan satu akun Oberlo saja.


2. Payment Setting

Payment Setting dilakukan agar aplikasi Oberlo tahu bagaimana Anda akan melakukan pembayaran kepada supplier. Anda hanya bisa menggunakan satu cara yaitu melalui kartu kredit. Untuk tutorial setting Shopify – Oberlo pada payment setting adalah sebagai berikut:

- Masuk ke dashboard aplikasi Oberlo.
- Klik menu Setting kemudian pilih opsi Suppliers.
- Tekan Add Payment Card untuk menambahkan kartu pembayaran.
- Selanjutnya isi data menggunakan kartu kredit yang Anda gunakan.
- Tekan Save Setting untuk menyimpan pengaturan.


3. Store Setting

Pada store setting Anda bisa melakukan pengaturan standar pada toko online Shopify. Ada banyak pilihan opsi untuk memberikan pengaturan sesuai keinginan Anda. Diantaranya adalah store name untuk mengisi nama toko online, set new products as published untuk membuat produk yang ditambahkan melalui Oberlo otomatis muncul di toko, set products as taxable, notify consumer about the order fulfillment untuk membuat pelanggan mendapatkan update via email, dan masih banyak pengaturan lainnya.


4. Auto Update Setting

Auto Update Setting sangat penting agar Anda tidak kesulitan ketika mengelola toko online. Jadi Anda tidak perlu bersusah-susah melakukan update stok dan update harga karena auto update setting akan membantu melakukan pengaturan

 Berikut ini adalah tutorial setting Shopify – Oberlo pada auto update setting:

- Pengaturan ketika barang telah habis yaitu pilih Set Quantity to Zero kemudian pilih When Inventory Changes dan terakhir pilih Update Automatically.
- Pengaturan ketika salah satu varian habis maka pilih Set Quantity to Zero.
- Untuk mengupdate stok otomatis maka pilih Update Automatically.
- Untuk mengupdate perubahan harga maka pilih Update Price and Compared at Price.
- Setelah itu tekan Save Setting.


5. Reporting Setting dan Others Setting

Reporting setting digunakan agar Anda mendapatkan update berapa banyak transaksi yang telah terjadi. Statistik dan juga profit bisa dimasukkan dalam laporan agar Anda mendapatkan informasi yang lengkap. Sedangkan pada Others Setting Anda bisa memasukkan email dengan nama domain sendiri agar toko online terlihat lebih kredible.

Baca juga:

Situs penyedia kerjasama dropship di Indonesia dan mancanegara


Itulah tutorial setting Shopify – Oberlo yang bisa Anda lakukan sebelum memulai bisnis dropshipping secara internasional.

Pengaturan yang benar dan tepat akan membantu Anda mendapatkan hasil yang lebih maksimal.

Semoga informasi mengenai tutorial setting di atas bermanfaat untuk Anda ketika menjalankan bisnis impian. (gk)

Baca Juga
> Dapatkan profit hingga jutaan rupiah perbulan dengan bisnis PLR