Skip to main content
Jual VCC Untuk Verifikasi PayPal (2 dan 5 thn)

VLShop - iOSpedia - Klikbanjar - Selebshop - Accgaming - Enpedia - YAADb - Virtual - Syariah - Investasi
© Onlenpedia Blog Network ™

Tips dan Cara Dropship Internasional Shopify - Aliexpress untuk Pemula


Bisnis dropshipper menjadi salah satu bisnis yang saat ini memiliki potensi yang cukup menggiurkan.

Karena itu jangan heran jika banyak yang menawarkan Anda untuk menjalankan salah satu jenis bisnis online ini.

Dengan menjalankan bisnis dropship, Anda tidak perlu membeli barang dalam jumlah banyak serta harus memiliki gudang untuk menyimpannya.

Yang harus Anda lakukan hanya perlu membuat toko online, ketika ada customer yang membeli salah satu produk yang Anda tawarkan, Anda tinggal memesankan di supplier. Setelah itu dari supplier akan mengirimkan ke konsumen.

Lantas, bagaimana dengan dropship internasional?

Salah satu "kombinasi" dropship internasional yang paling marak digunakan adalah antara Shopify dan Aliexpress.

Untuk lebih jelasnya, berikut adalah cara dropship internasional Shopify - Aliexpress, kombinasi antara platform dropsip dan supplier yang bisa Anda gunakan ketika memulai bisnis ini.


bagaimana cara dropship internasional via shopify dan aliexpress
Cara dropship internasional Shopify-Aliexpress


Cara Dropship Internasional Shopify - Aliexpress untuk Memudahkan Pemula

Bisnis dropshipper memang tak diragukan lagi menjanjikan keuntungan yang cukup besar. Meskipun begitu, jika Anda ingin memulai bisnis ini Anda harus bisa memperhitungkan dengan cermat setiap aspek.

Apalagi jika Anda melakukan bisnis dropship internasional. Keuntungan yang Anda dapatkan bisa berkali lipat.

Untuk menjalankan bisnis dropshipper berskala internasional ini salah satunya bisa melalui Aliexpress dan Shopify. Jika Anda tertarik, berikut ini adalah beberapa tips sebelum menerapkan cara dropship internasional Shopify - Aliexpress.

Sebelumnya, silahkan daftar / sign up dulu secara >> GRATIS di Shopify.


1. Pilih Produk yang Akan Dijual

Langkah paling awal untuk memulai bisnis dropship dengan bantuan Aliexpress dan Shopify adalah memilih produk yang akan dijual. Memilih barang yang akan dijual ini langkah awal yang sangat penting karena juga akan menentukan konsep branding Anda dari mulai nama, logo hingga nantinya marketting yang akan dijalankan.

Anda bisa memilih jenis produk berdasarkan minat Anda atau yang paling potensial adalah memilih produk berdasarkan peluang pasar. Anda bisa memilih antara produk yang sedang banyak dicari atau produk yang belum banyak dijual.

Ada banyak hal yang harus Anda pertimbangkan dalam memilih produk. Seperti misalnya harga produk, pilih produk dengan harga murah sebagai salah satu daya tarik juga untuk pembeli.

Pilih juga produk yang sedang menjadi trend, namun tetap jangan sampai Anda memilih kategori produk yang terlalu luas.


2. Gunakan Shopify sebagai Platform E-Commerce Pihak Ketiga

Tips selanjutnya yang tak kalah penting dalam melalukan cara dropship internasional Shopify - Aliexpress adalah menggunakan platform e-commerce pihak ketiga.

Sebenarnya ada banyak paltform pihak ketiga yang bisa Anda gunakan. Namun jika menggunakan Shopify Anda bisa mendapatkan keuntungan lebih karena Aliexpress sudah menyediakan plugin gratis untuk Shopify. Dengan begitu akan lebih menghemat waktu dan biaya.


3. Siapkan Kartu Kredit

Ketika melakukan transaksi dengan supplier, kartu kredit adalah perangkat paling penting. Tanpa adanya kartu kredit ini Anda tidak akan bisa melakukan transaksi dan pembayaran.

Ada metode pembayaran lain selain dengan kartu kredit yang bisa Anda gunakan sebenarnya, tapi metode pembayaran tersebut sedikit merepotkan. Jadi akan lebih cepat jika Anda menggunakan kartu kredit.





4. Buat Toko Online Sederhana dari Aplikasi Pihak Ketiga Shopify

Langkah selanjutnya dari cara dropship internasional Shopify - Aliexpress adalah dengan membuat toko online dari e-commerce pihak ketiga, yaitu Shopify.

Membuat toko online di Shopify ini juga tidak terlalu sulit.

Sebelumnya, pilih dulu nama untuk toko online Anda, pilih yang unik dan berbeda dengan nama toko online lain. Jika sudah memilih nama, buka laman shopify.com dan pilih 'Free Trial'. Fitur ini adalah fitur percobaan yang memungkinkan Anda bisa menikmati layanan Shopify gratis tanpa bayar selama 14 hari. Setelah itu tentu saja tetap membayar.

Jika sudah, masukkan nama toko Anda, lalu pilih 'Buat Toko'.

Selanjutnya, Anda tinggal mengatur tampilan Shopify Anda dengan memilih tema, menambahkan logo serta meletakkan fitur-fitur standar yang harus ada pada setiap toko online. Fitur-fitur ini tentu harus ada karena akan memudahkan pembeli dalam melakukan pembelian dan transaksi nantinya.


Khusus untuk pembayaran, tambahkan fitur payment gateway untuk memungkinkan Anda mendapatkan pembayaran secara online.

Anda juga harus mengatur teknik pengirimannya dengan cara free shiping untuk memberikan keunggulan bebas ongkir pada pembeli.

Terakhir, masukkan informasi penagihan yang akan digunakan untuk penagihan pembayaran ketika layanan free trial Anda sudah habis.


5. Tambahkan Produk yang Akan Dijual

Langkah kelima dari cara dropship internasional Shopify - Aliexpress adalah menambahkan produk yang akan Anda jual. Setelah proses pemilihan dan percobaan sebelumnya, kini Anda tahu produk mana saja yang potensial.

Sebelum memasukkan produk ke Shopify Anda, terlebih dahulu Anda harus menghubungkan Shopify Anda dengan Aliexpress. Caranya adalah dengan menggunakan plugin bernama Oberlo.

Setelah menghubungkan Shopify dengan Aliexpress maka Anda bisa mulai mengimpor produk dari Aliexpress ke Shopify Anda. Jika sudah diinput, Anda tinggal promosikan Shopify Anda agar semakin banyak dikunjungi oleh pembeli.




6. Dapatkan Konsumen Sebanyak-banyaknya

Terakhir, untuk bisa mendapatkan keuntungan yang banyak, tentu saja Anda harus menjual lebih banyak produk.

Anda bisa mulai dengan mempromosikan Shopify Anda di Facebook Ads. Cara ini lebih efektif karena pengguna Facebook yang beragam akan memperbesar peluang penjualan produk Anda.

Meskipun sebenarnya Shopify adalah platform berbayar, namun untuk pengguna baru, Anda bisa mendapatkan akses gratis Shopify selama 14 hari. Nah dalam 14 hari inilah waktu Anda untuk mempelajari cara kerja Shopify dan Aliexpress sekaligus menarik lebih banyak konsumen.


Penutup

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, memulai bisnis dropshipper adalah pilihan paling tepat untuk Anda yang baru memulai bisnis berbasis online.

Meskipun ketika menjalankan bisnis ini Anda tidak perlu membeli stok barang dalam jumlah banyak, namun Anda tetap harus melakukan testing untuk menentukan produk mana yang lebih diminati oleh konsumen.


Baca juga:

Review bisnis dropship internasional via Shopify


Sudah dijelaskan pula bahwa Anda bisa menggunakan Aliexpress dan Shopify sebagai supplier sekaligus e-commerce pihak ketiga. Dengan Shopify dan Aliexpress, anda bisa menjalankan bisnis dropship internasional dengan lebih mudah.

Aliexpress - Shopify adalah salah satu supllier dan platform e-commerce yang bisa Anda kombinasikan untuk memulai bisnis dropshipper Anda sendiri. Untuk memulainya, Anda bisa memperhatikan tips dan cara dropship internasional Shopify - Aliexpress untuk memudahkan Anda dalam memulai menjalankan bisnis ini. (gk)

Baca Juga
> Dapatkan profit hingga jutaan rupiah perbulan dengan bisnis PLR