Skip to main content
Jual VCC Untuk Verifikasi PayPal (2 dan 5 thn)

Mudahnya Beli Obligasi Negara


Obligasi Negara Ritel atau ORI merupakan salah satu jenis pembiayaan negara yang disediakan dan ditawarkan kepada individu dan perorangan WNI melalui pasar perdana. Bagi Anda yang berprofesi sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS) atau pegawai swasta dan ibu rumah tangga sampai dengan generasi milenial dapat melakukan investasi tersebut dengan cara membeli obligasi negara.
Secara resmi Pemerintah menjual ORI015 kepada ritel atau ketengan sebagai bentuk sumber pembiayaan pada Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN). Hasil dari penjualan yang sebelumnya ditargetkan sekitar Rp10 triliun tersebut akan dialokasikan untuk pembiayaan dana pengembangan di bidang pendidikan.

Selain beberapa hal tersebut, salah satu kehadiran ORI dapat memperluas dasar investor ritel domestik. Dengan demikian, ketika modal asing dicabut, pasar obligasi pemerintah akan tetap aman karena ditopang investor lokal yang kuat.


Keuntungan Investasi:

• Termasuk Aman dikarenakan pembayaran kupon dan juga pokok terjamin oleh negara. Risiko dalam gagal bayar tidak ada.

• Imbal hasil yang menarik karena memiliki rata-rata yang lebih tinggi dari deposito. Pajak ORI tersebut pun lebih rendah 15%, sedangkan deposito yang kena pajak 20%.

• Cenderung mudah dicairkan dan dapat diperjualbelikan di pasar sekunder hingga di organized OTC melalui Electronic Trading Platform (ETP)

• Investasi tergolong ringan dengan minimum Rp1 juta

• Memiliki potensi untuk mendapatkan keuntungan atau capital gain jika dijual di atas harga Par (harga awal obligasi). Misalnya Anda sebelumnya membeli ORI seharga par 100%, selanjutnya dijual kembali pada harga par 101% atau 102%, dan Anda akan mendapatkan keuntungan.
Cara Membeli Obligasi dengan Mudah:

• Anda dapat mengunduh aplikasi Tanamduit

• Memiliki rekening pada salah satu bank umum yang ada.

• Menyediakan dana yang cukup sesuai dengan pesanan untuk membeli obligasi

• Mengisi formulir pemesanan dan kelengkapannya

• Menerima tanda terima sebagai bukti dari penyerahan dokumen dari mitra distribusi.


Itulah keuntungan dan beberapa langkah singkat yang dapat Anda mulai untuk melakukan investasi. Bagi Anda yang ingin mendapatkan lebih banyak informasi seputar obligasi Negara dengan detail dapat mengunjungi tanamduit.com. Bukan hanya  berasuransi, di Tanamduit Anda juga dapat berasuransi. Pelajari lebih lanjut di https://id.tanamduit.com/asuransi untuk mengenalnya.

Baca Juga
> Dapatkan profit hingga jutaan rupiah perbulan dengan bisnis PLR