--> Skip to main content



Cara Download Google Classroom di Laptop Dengan Mudah


Di zaman yang serba modern saat ini, pembelajaran tak hanya bisa dilakukan di dalam kelas saja. Pembelajaran juga bisa dilakukan secara daring.

Seperti yang dilakukan oleh beberapa institusi pendidikan baru-baru ini. Di mana banyak pelajar yang kemudian melakukan pembelajaran melalui kelas online. Salah satu caranya adalah dengan menggunakan google classroom.

Jika Anda belum tahu apa itu classroom dan bagaimana cara download google classroom di laptop, simaklah penjelasan berikut.




Cara download google classroom di laptop melalui Google Play Store

Bagi Anda yang sata ini diminta untuk di rumah saja dan melakukan segala sesuatunya di dalam rumah, tak perlu khawatir.

Ada banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk menyiasati himbauan pemerintah tersebut.

Perlu Anda ketahui bahwa google classroom merupakan salah satu layanan dari Google untuk menunjang terselenggaranya kegiatan belajar secara online.

Google calssroom ini bisa Anda instal di laptop maupun PC.

Dengan adanya layanan ini, makin banyak siswa yang tetap belajar meskipun di rumah dan tidak bisa bertatap muka dengan guru-gurunya.


Jika Anda belum tahu cara download google classroom di laptop, berikut ini langkah-langkahnya:


1. Instal Play Store menggunakan aplikasi pihak ketiga

Pertama-tama silahkan instal Play Store di PC / laptop anda. Caranya yakni dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga, seperti misalnya BlueStacks.


2. Bukalah Play Store dan cari google classroom

Langkah pertama adalah kunjungi google play store untuk mencari google clashroom dan mendownloadnya. Jika Anda sudah masuk ke play store, carilah Google Classroom melalui menu pencarian.


3. Download dan install google classroom

Jika Anda sudah mencari dan menemukan Google Classroom, maka klik ikon ataupun tulisannya, lalu download terlebih dahulu aplikasinya. Jika download-an Anda sudah selesai, maka akan ada pemberitahuan setelahnya. Segera install aplikasi  Google Classroom setelah Anda selesai mendownload.


4. Buka email dan gunakan google classroom

Apabila Anda sudah selesai menginstallnya, Anda bisa membuka email dan mengklik Google Classroom untuk menggunakannya.

Jika Anda sudah menginstallnya, dan google classroom telah terpasang dalam laptop atau PC Anda, cara menggunakannya pun cukup mudah.

Tinggal buka saja tab browser laptop Anda. Lalu carilah Google Classroom dengan mengetikkannya pada menu pencarian.

Jika sudah, klik lanjutkan,namun  jangan lupa untuk log in email terlebih dahulu. Setelah itu, pilihlah tanda positif (+) pada bagian kanan atas.

Kemudian klik Bergabung dengan Kelas. Jika sudah, masukkan kode kelas dari guru Anda.

Sekarang Anda sudah tergabung dalam kelas dan siap melaksanakan kelas secara daring.


5. Download Google Classroom tanpa menggunakan Play Store di laptop

Jika anda tidak mau menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk mendownload Google Classroom, anda bisa juga dengan cukup menginstal ekstensi Google Classroom di laptop anda. Ekstensi ini bisa anda cari di Chrome Store.


Baca juga:

Apakah Google Classroom bisa video call?



Nah, itulah tadi langkah-langkah dan cara download google classroom di laptop yang mudah dan gampang. Google classroom ini memiliki banyak sekali manfaat untuk para siswa yang melakukan pembelajaran dari rumah.

Jika Anda salah satunya, maka Anda bisa segera mendownload aplikasi ini dan memanfaatkannya untuk menunjang pembelajaran.

Baca Juga
> Opini Kami Mengenai Sisi Gelap Bisnis Online di Era Sekarang