--> Skip to main content



Cara Mengganti Password Akun Gmail Dengan Mudah dan Aman

Bagaimana cara mengganti password akun Gmail?

Sangat mudah, kok!

Langsung saja, berikut ini tutorial cara mengganti password Gmail dengan mudah dan aman.


tutorial cara mudah ganti password akun gmail
Cara mengganti password Gmail


Cara ganti password akun Gmail

Sebelum mengganti password akun Gmail anda, anda harus memiliki akses ke akun Gmail tersebut -- berupa email dan password sebelumnya.

Adapun langkah-langkah mengganti password akun Gmail adalah sebagai berikut:

1. Silahkan akses www.gmail.com via browser (desktop / smartphone), kemudian login menggunakan email dan password akun tersebut.

2. Cari icon gear yang ada di kanan atas, klik icon tersebut. Selanjutnya pilih menu Setelan.

3. Selanjutnya, pilih menu "Akun dan Impor".

4. Pilih tulisan "Ubah Sandi".

5. Selanjutnya akan muncul tab baru dan anda diminta memasukkan password Gmail yang digunakan guna keperluan verifikasi -- bahwa yang akan mengganti password adalah pemilik akun Gmail tersebutnya. Kemudian pilih tombol "Berikutnya" untuk melanjutkan ke tahap selanjutnya.

6. Pada langkah berikutnya, silahkan input password baru sebagai pengganti password Gmail anda sebelumnya. Kemudian tuliskan lagi password baru tersebut pada kolom konfirmasi password, baru klik tulisan "Ubah Sandi".

7. Sampai di sini, proses penggantian password Gmail anda telah sukses dilakukan. Jika belum yakin, silahkan cek lagi dengan melakukan login di perangkat lain atau browser berbeda menggunakan password baru anda.


Tips mengganti password Gmail baru

Cara ganti password Gmail memang mudah dilakukan, dan sesuai langkah-langkah di atas.

Namun, patut anda perhatikan agar mengganti password Gmail ini dilakukan secara rutin. Meski terlihat agak ribet, namun hal ini akan mengurangi resiko password anda diretas oleh pihak lain.

Tapi, jika anda tak ingin ribet gonta-ganti password, sebaiknya anda menggunakan verifikasi 2 langkah yang tersedia pada akun Gmail anda. Verifikasi 2 langkah bisa menggunakan nomor HP, atau bisa juga dengan menggunakan aplikasi smartphone bernama "Google Authenticator".

Dengan menerapkan verifikasi 2 langkah, meskipun ada pihak lain yang tahu password Gmail anda, dia belum tentu bisa login ke akun Gmail anda.

Hal itu dikarenakan dia harus melewati verifikasi 2 langkah, yakni password "one time" yang selalu berubah setiap saat. Password tersebut bisa dikirim via SMS, atau bisa diakses melalui aplikasi Google Authenticator pada smartphone anda.

Dengan begitu, orang lain selain anda tak akan bisa mengakses akun Gmail anda (kecuali dia menggunakan HP anda).


Baca juga:

Cara mengatasi limit pada akun PayPal


Demikian tutorial singkat mengenai cara mengganti password akun Gmail dengan mudah, simpel, dan aman.

Jangan lupa, aktifkan verifikasi 2 langkah agar akun Gmail anda tidak mudah diretas.


Baca Juga
> Opini Kami Mengenai Sisi Gelap Bisnis Online di Era Sekarang