--> Skip to main content
Jual Database Supplier, Hanya Rp 35.000



Cara Menggunakan Google Classroom untuk Siswa; Cara Bergabung dan Mengumpulkan Tugas


Google Classroom saat ini menjadi media belajar yang sangat efektif di tengah kondisi yang tidak memungkinkan untuk belajar secara langsung.

Platform belajar online ini menjadi salah satu yang banyak digunakan karena kemudahan akses dan banyaknya fitur yang bisa dimanfaatkan.

Untuk siswa yang belum mengetahui cara menggunakannya, perhatikan penjelasan cara menggunakan Google Classroom untuk siswa berikut.


tutorial cara menggunakan google classroom untuk siswa murid
Bagaimana cara menggunakan Google Classroom untuk siswa?


Belajar Online Mudah dan Efektikf dengan Cara Menggunakan Google Classroom untuk Siswa


Dari platform Google Classroom, baik pengajar dan siswa bisa tetap melakukan kegiatan pembelajaran secara online meskipun tanpa bertemu langsung.

Platform ini menyediakan berbagai fitur, termasuk fitur mengerjakan soal dan berdiskusi.

Untuk siswa, berikut ini adalah cara menggunakan Google Classroom untuk siswa agar Anda bisa bergabung dalam kelas yang dibuat.


1. Buka Laman Google Classroom

Langkah pertama yang harus siswa lakukan adalah mengakses laman classroom.google.com. Selain menggunakan situs website, Google Classroom ini juga bisa diakses dari aplikasi. Anda bisa mengunduhnya di Playstore.


2. Login dengan Akun Gmail

Setelah mengakses laman tersebut, langkah selanjutnya adalah login dengan menggunakan akun Gmail Anda. Masukkan alamat gmail dan password dengan benar.


3. Pilih Tanda (+) Lalu Join Class

Jika sudah masuk ke halaman utama Google Classroom, selanjutnya Anda bisa bergabung ke dalam kelas yang sudah dibuat oleh guru atau pengajar. Caranya, klik tanda plus (+) yang ada di kanan atas tampilan layar. Setelah klik tanda + akan ada 2 pilihan yang ditampilkan. Klik pada opsi 'Join Class'.


4. Masukkan Kode Kelas

Setelah klik 'Join Class' selanjutnya Anda akan diminta untuk menginput kode kelas. Kode kelas ini biasanya akan diberikan oleh guru atau pengajar yang membuat ruang kelas di Google Classroom. Jika Anda tidak memiliki kode kelas ini, maka Anda tidak akan bisa bergabung.

Setelah berhasil bergabung dengan Google Classroom yang sudah dibuat oleh guru, kini Anda bisa mulai belajar secara online. Nah, ketika guru atau pengajar memberikan tugas, Anda juga bisa langsung mengumpulkannya dari platform ini. Bagaimana caranya? Berikut langkah-langkahnya.


5. Klik Link di Halaman Forum

Saat ada tugas atau materi yang diberikan biasanya tugas dan materi tersebut akan ditampilkan di halaman forum. Tampilannya biasanya dalam bentuk link. Klik link tersebut maka Anda akan diarahkan langsung ke halaman 'Classwork'. Setiap file yang ditambahkan biasanya akan langsung terintegrasi dengan Google Spreadsheet atau Google Docs sehingga bisa langsung diedit untuk dikerjakan.


6. Klik 'Assign' untuk Mengumpulkan Tugas

Jika Anda sudah selesai mengerjakan tugas dan akan mengumpulkannya, tinggal klik pada tombol 'Assign' atau 'Serahkan'. Dengan begitu tugas Anda akan langsung terkirim ke akin guru atau pengajar. Sangat mudah dan praktis.


Baca juga:

Cara download Google Classroom di laptop dengan mudah


Google Classroom adalah solusi dan inovasi terbaik yang bisa dilakukan untuk bisa tetap melakukan kegiatan belajar mengajar di tengah situasi yang tidak kondusif seperti saat ini.

Bagi beberapa siswa mungkin masih belum terbiasa menggunakan platform ini.

Karena itu, cara menggunakan Google Classroom untuk siswa di atas bisa menjadi panduan untuk Anda.


Baca Juga
> Opini Kami Mengenai Sisi Gelap Bisnis Online di Era Sekarang