--> Skip to main content
Jual Database Supplier, Hanya Rp 35.000



Gabung Kuliah Online, Ini Cara Menggunakan Google Classroom untuk Mahasiswa


Online class atau belajar secara online sedang gencar dilakukan sebagai akibat dari situasi yang terjadi beberapa waktu belakangan. Adanya online class ini membuat para siswa atau mahasiswa bisa tetap mengikuti perkuliahan walaupun tanpa keluar rumah.

Karena merupakan sistem pembelajaran yang jarang digunakan, mungkin bagi beberapa mahasiswa sedikit bingung saat menggunakannya. Karena itu untuk memudahkan, perhatikan panduan cara menggunakan Google Classroom untuk mahasiswa berikut ini.


bagaimana cara menggunakan google classroom untuk mahasiswa



Mudah dan Cepat,  Inilah Cara Gunakan Google Classroom untuk Mahasiswa

Google Classroom ini sebenarnya satu dari sekian banyak platform yang digunakan untuk kuliah online. Berbagai fitur dan kemudahan yang ditawarkan platform ini menjadikannya salah satu yang direkomendasikan untuk digunakan. Untuk para mahasiswa yang akan menggunakan platform ini dalam perkuliahan online, berikut langkah-langkah menggunakan Google Classroom yang bisa Anda ikuti.


1. Masuk dengan Akun Gmail

Untuk bisa menggunakan layanan dari Google Classroom, Anda harus login terlebih dahulu dengan akun Google Anda. Buka laman classroom.google.com. Disana Anda akan diminta untuk login dengan menggunakan akun Google Anda.

Sedikit berbeda dengan classroom untuk siswa, biasanya untuk mahasiswa akan diminta untuk masuk dengan menggunakan akun gmail dengan domain universitas masing-masing. Hal ini bertujuan untuk lebih memudahkan login dan akses ke classroom yang disediakan oleh dosen.


2. Pilih Menu 'Student'

Setelah masuk ke halaman awal Classroom, Anda akan melihat dua pilihan di bagian bawah, yaitu 'Student' dan 'Teacher'. Pilih pada opsi 'Student' untuk memulai dan bergabung dengan kelas online yang disediakan.

Biasanya setelah memilih opsi 'Student' Anda bisa melihat  2 tampilan berbeda. Tampilan pertama langsung berupa invitation atau undangan dari dosen untuk bergabung ke kelas yang sudah dibuat. Nah inilah fungsi dari penggunaan email dengan domain nama universitas. Dengan begitu dosen bisa memiliki data semua mahasiswa di kelasnya untuk diundang ke dalam kelas yang dibuat.

Sementara itu tampilan kedua berupa halaman utama classroom jika belum ada yang mengundang Anda bergabung ke kelas yang sudah dibuat. Jika seperti itu, untuk bergabung Anda harus memiliki kode kelas yang biasanya dibagikan oleh dosen sebagai pembuat kelas. Jika sudah, klik tanda (+) di bagian kanan atas layar. Setelah itu akan ditampilkan dialog box untuk memasukkan kode kelas. Setelah memasukkan kode kelas, maka Anda sudah bergabung ke kelas tersebut.


3. Mulai Gunakan Fitur yang Tersedia

Jika sudah berhasil masuk ke dalam kelas yang dibuat, selanjutnya Anda sudah bisa mengakses dan bergabung dalam perkuliahan online yang diberikan. Anda bisa menggunakan berbagai fitur yang disediakan. Di dalam satu kelas ini juga akan ada fitur yang memungkinkan Anda melihat tugas yang diberikan serta mengumpulkannya langsung.


Baca juga:

Cara download Google Classroom di laptop



Nah, itu tadi adalah penjelasan tentang bagaimana cara menggunakan Google Classroom untuk mahasiswa.

Dengan adanya platform ini, Anda bisa tetap melakukan perkuliahan dan mengumpulkan tugas yang diberikan oleh dosen tanpa harus keluar dari rumah. Lebih mudah dan efektif.


Baca Juga
> Opini Kami Mengenai Sisi Gelap Bisnis Online di Era Sekarang