--> Skip to main content



Jawaban Atas Pertanyaan "Apakah Google Classroom Bisa Video Call?"


Google classroom merupakan salah satu layanan pembelajaran dari google yang banyak digunakan oleh siswa dan guru-guru di sekolah. Ketika pembelajaran mesti dilakukan jarak jauh, google classroom menjadi pilihan tepat untuk tetap melangsungkan kegiatan belajar mengajar.

Dengan berbagai fasilitas di dalam aplikasi ini, Anda bisa tetap menikmati pembelajaran secara efektif dan efisisien. Tentu saja ketika sedang menjelaskan sesuatu, akan lebih enak jika Anda bisa melihat secara langsung orang yang berbicara.

Namun apakah google classroom bisa video call?

Simak penjelasan berikut ini


tutorial cara video call menggunakan google classroom
Apakah Google Classroom bisa video call?


Jawaban Dari Pertanyaan Apakah Google Classroom Bisa Video Call?

Baru-baru ini aplikasi google classroom mulai banyak digunakan. Semenjak ada himbauan untuk belajar dan bekerja dari rumah, para pelajar akan sangat terbantu dengan adanya google classroom. Karena melalui aplikasi ini, Anda juga dapat tetap melangsungkan pembelajaran. Nah, salah satu hal yang membuat pembelajaran lebih mengena adalah ketika pemberi materi dapat melihat orang yang diberitahunya, begitu juga sebaliknya. Murid bisa melihat gurunya.

Dengan adanya video call, sebenarnya pembelajaran di kelas dapat terwakili. Nah, beberapa pertanyaan pun seringkali terlontar, apakah google classroom bisa video call ? Jawabannya bisa. Bahkan, google classroom dapat digunakan untuk melakukan video call dengan banyak peserta, tak terbatas hanya 2-4 orang saja. Jika Anda ingin tahu bagaimana cara melakukan video call melalui google classroom, berikut ini langkah-langkahnya:


1. Bukalah google classroom dan buatlah event

Langkah pertama tentu saja membuka aplikasi google classroom lebih dahulu. Setelah itu, Anda harus membuat event terlebih dahulu. Anda bisa membuat event pada kalender melalui menu Google Calender, dan jangan lupa untuk memberi nama event tersebut.


2. Klik pada tanggal dan jam sesuai rencana

Jika Anda sudah membuat event atau rencana kegiatan dengan tanggal tertentu, selanjutnya kliklah pada tanggal dan jam sesuai rencana yang sudah Anda buat. Untuk memberikan tanda bahwa padat event tersebut akan dilakukan video conference, Anda perlu mengklik icon kamera yang ada dengan tulisan Add Conferencing.


3. Menunggu waktu diselenggarakannya event

Apabila sudah selesai, maka nantinya semua anggota kelas akan mendapatkan notifikasi apda tangga; event akan dilangsungkan. Di kemudian hari, saat akan dilangsungkan pembelajaran, peserta dapat bergabung dalam video call dengan mengklik Join Hangouts.


Baca juga:

Cara mudah menggunakan Google Classroom untuk para guru


Nah, itulah tadi jawaban atas pertanyaan apakah google classroom bisa video call sekaligus cara yang bisa Anda ikuti jika hendak membuat video call dalam pembelajaran Anda.

Tentu saja aplikasi ini sangat membantu setiap proses pembelajaran. Karena meski dalam jarak yang jauh, siswa dan guru dapat saling bertatap muka.

Guru dapat memberikan penjelasan secara langsung, dan siswa dapat melihat dan menyimak saat guru menerangkan.


Baca Juga
> Opini Kami Mengenai Sisi Gelap Bisnis Online di Era Sekarang