--> Skip to main content



Tips Menghindari Penipuan Online, Anda Wajib Tahu!


Tips Menghindari Penipuan Online Paling Ampuh

Dunia maya memang menjadi ladang uang yang sangat menjanjikan. Hanya saja jika tidak berhati-hati, Anda sangat mungkin terjerat kasus penipuan yang terjadi secara online.

Penipuan ini bisa berupa penipuan ketika berbelanja online, penipuan karena game, ataupun penipuan yang menyebutkan Anda telah memenangkan undian berhadiah. Dengan semakin maraknya penipuan online, Anda perlu waspada dan ekstra hati-hati agar tidak terkecoh dengan aneka modus pelaku.

Berikut tips menghindari penipuan online yang kerap terjadi melalui media internet.


tips dan trik agar terhindar dari penipuan online
Bagaimana cara menghindari penipuan online?


Trik dan Tips Menghindari Penipuan Online Paling Ampuh


Kenali Modus-Modus Penipuan Online dari Pelaku

Ungkapan yang menyatakan ‘penipu tak pernah kehilangan akal untuk menipu’ adalah benar, termasuk dalam konteks penipuan online. Tidak sedikit dijumpai modus penipuan dengan berbagai model yang menarik perhatian korban. Mulai dari motif belanja murah super diskon, notifikasi menang undian berhadiah, hingga motif peminjaman uang secara online.

Anda bisa mengenal modus-modus ini melalui review yang telah banyak tersebar di internet. Jika suatu saat Anda menerima email atau sms yang menyatakan menang hadiah cuma-cuma setelah mentransfer sejumlah nominal, maka sudah pasti itu penipuan. Modus pelaku akan selalu berkembang sehingga Anda pun mau tidak mau dituntut kritis dan skeptis dalam menerima pesan apapun di internet.


Abaikan Pesan dari Pengirim Tak Dikenal

Tips menghindari penipuan online yang selanjutnya yaitu abaikan saja pesan-pesan yang diterima dari pengirim tak dikenal. Yang paling umum terjadi adalah melalui sms. Anda akan menerima pesan dari nomor asing, kemudian diberitahukan bahwa Anda telah menang undian tertentu. Pesan sejenis ini jelas penipuan. Alangkah lebih baik jika Anda menerima pesan dari pengirim tak dikenal abaikan saja, atau jika perlu segera blokir.

Tidak hanya dari sms saja, email pun tidak terbebas dari penipuan online. Yang paling sering ditemui adalah email dari seseorang tak dikenal yang menawarkan pinjaman besar dalam waktu singkat. Pesan semacam ini biasanya tersaring otomatis ke dalam spam, tapi tidak jarang ada juga yang lolos spam. Oleh karena itu jika mendapati pesan sejenis ini, abaikan saja dan segera hapus atau blokir pengirim yang bersangkutan.


Jangan Menelan Informasi Mentah-Mentah

Kunci utama terbebas dari penipuan (tidak hanya online, melainkan segala jenis penipuan) adalah jangan mudah menelan informasi yang didapat secara mentah-mentah. Anda perlu berpikir secara kritis untuk mengidentifikasi informasi. Apalagi saat ini arus informasi beredar sangat cepat, Anda jangan mudah percaya dengan informasi yang diberikan orang asing.


Baca juga:

Bagaimana tren bisnis online di tahun ini? Berikut analisanya!


Itulah tips menghindari penipuan online yang bisa Anda coba lakukan. Penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar orang yang menjadi korban penipuan online adalah mereka yang tergiur mendapatkan keuntungan besar dalam waktu singkat.

Oknum penipu online masih banyak yang berkeliaran di luar sana, sehingga langkah bijak yang bisa Anda ambil adalah -- membiasakan berpikir logis dengan tidak menginginkan sesuatu pencapaian besar secara instan, termasuk dalam hal uang atau barang.

Baca Juga
> Opini Kami Mengenai Sisi Gelap Bisnis Online di Era Sekarang