Skip to main content
Jual VCC PayPal 2 Tahun dan 5 Tahun →



Sisi Gelap Bisnis: Bagaimana Bisa Bertahan di Tengah Wabah Corona?


Berikut 5 Cara Agar Bisnis Bisa Bertahan Saat Corona

Pandemi virus corona sudah mulai menyebar dari beberapa bulan belakangan. Melihat penyebaran penyakit menular berbahaya tersebut membuat beragam kebijakan di buat agar rantai penularan terputus.

Kebijakan pembatasan sosial berkala seperti sosial dan phsyical distancing merupakan solusi jitu meski begitu tentu berdampak terhadap perekonomian pelaku usaha. Sektor bisnis itu sendiri amat terdampak akibat Covid-19. Perlu langkah dan inovasi jitu agar bisnis Anda terus maju.

Berikut adalah 5 cara agar bisnis bisa bertahan saat corona:


cara agar bisnis bisa bertahan di tengah wabah corona melanda
Bagaimana cara agar bisnis bisa bertahan di tengah pandemi COVID-19?


Inilah 5 Tips & Cara Agar Bisnis Bisa Bertahan Saat Corona


1. Maksimalkan layanan online

Penyebaran virus corona membuat kebanyakan orang dilarang bepergian tanpa alasan yang jelas. Dilarangnya berkumpul demikian menjadi alasan untuk Anda melakukan inovasi berupa memaksimalkan sektor layanan online. Jadi penjualan produk yang Anda tawarkan lebih ke arah dialihkan ke penjualan online. Lakukan penawaran produk secara menarik baik di sosial media maupun website perusahaan agar konsumen tertarik.


2. Promosi

Gencar melakukan promosi menjadi inisiatif jitu untuk kondisi saat ini. Misalnya Anda menawarkan beragam menu masakan restoran yang disediakan maka berikanlah strategi penjualan berupa potongan harga dengan paket-paket tertentu. Anda tidak akan merugi bila semua paket di perhitungkan dengan matang. Potongan berupa free ongkos kirim juga begitu di minati oleh calon konsumen mengingat pembeli harus di rumah saja.


3. Inovasi Produk

Cara agar bisnis bisa bertahan saat corona selanjutnya ialah inovasi produk. Inovasi merupakan sesuatu yang penting dan dibutuhkan dalam bisnis. Dengan inovasi maka tak akan bosan dengan produk yang Anda tawarkan. Misalnya ketika di masa pandemi, Anda menyediakan beragam desain baju kekinian maka bisa menambahkan dengan masker kain. Mengingat kebutuhan masker yang penting untuk menangkal penyebaran virus maka inovasi demikian tentu menjadi cara jitu.


4. Tunjukan komitmen pada pelanggan

Di saat masa resesi seperti saat ini bukan menjadi alasan untuk Anda menyerah begitu saja. Tunjukan komitmen kepada pelanggan setia dan tingkatkan hal demikian. Perusahaan Anda harus tetap berinovasi dan berjalan maju. Lagi pula semua penjualan dapat pula secara online sehingga pembeli hanya perlu memesan dari rumah. Tunjukan pula rasa empati dengan mengajak berdonasi bersama dengan cara promosi harga produk dengan menyisakan sedikit keuntungan untuk donasi maka pelanggan setia akan sangat bangga.


5. Pertahankan komunikasi dengan pelanggan

Penting sekali untuk selalu menjaga hubungan dengan pelanggan. Caranya Anda hanya perlu memanfaatkan kemajuan teknologi melalui media sosial ataupun website perusahaan. Anda dapat memberikan pelayanan secara online maupun tetap berinteraksi di dalamnya. Bila memungkinkan susunlah acara online bersama pelanggan melalui media sosial.


Baca juga:

Akankah ekonomi Indonesia bakal mengalami resesi?


Itulah beberapa cara supaya bisnis tetap lancar di tengah pandemi Covid-19.

Intinya ialah perlu inovasi serta strategi matang agar usaha yang digeluti tetap berjalan sebagaimana mestinya.

Anda dapat memanfaatkan kemajuan teknologi agar tetap terhubung dengan pelanggan setia.

Baca Juga
> Opini Kami Mengenai Sisi Gelap Bisnis Online di Era Sekarang