--> Skip to main content
Jual Database Supplier, Hanya Rp 35.000



6 Tips Melamar Kerja di Tengah Pandemi Corona yang Wajib Anda Pahami


Virus corona atau covid-19 tidak hanya membuat kesehatan manusia di setiap penjuru dunia panik. Penyebarannya yang cepat juga mempengaruhi sektor perekonomian.

Bisa dilihat banyak perusahaan telah menutup untuk sementara waktu. Bahkan pengurangan jumlah tenaga kerja tak luput dari sorotan. Untuk Anda korban PHK ataupun baru memulai mencari pekerjaan janganlah panik.

Apabila mengikuti beragam tips melamar kerja di tengah pandemi corona dengan baik dan benar bukan tak mungkin bisa menemukan pekerjaan baru.


tips cara melamar kerja di tengah pandemi covid 19 agar diterima
Tips melamar kerja saat New Normal


Berikut Ini Adalah 6 Tips Mencari Kerja di Tengah Pandemi Corona


1. Mencari pekerjaan secara online

Keadaan di tengah virus corona memungkinkan setiap orang tidak dapat bebas bepergian termasuk mencari kerja. Lagi pula kebanyakan perusahaan tengah tutup ataupun menerapkan sistem kerja di rumah atau yang juga dikenal work from home. Mengatasi perkara demikian Anda tak perlu frustrasi, manfaatkan saja kemajuan teknologi internet untuk mencari pekerjaan. Bukalah aplikasi yang memuat lowongan kerja atau membaca koran harian yang berisi tawaran pekerjaan.


2. Persiapkan surat lamaran pekerjaan

Tips berikutnya ialah persiapkan segala kebutuhan terkait surat lamaran pekerjaan. Buatlah sesuai prosedur baku yang berlaku dan tulis setiap isinya sesuai pengalaman serta data diri Anda. Jadi jika sudah menemukan lowongan kerja yang hendak Anda coba daftar tinggal perlu mengirim langsung. Adanya covid-19 juga memungkinkan pengiriman surat lamaran secara online sehingga paling tidak persiapkan dahulu saja terkait segala keperluan yang dibutuhkan.


3. Latihan wawancara pekerjaan via video ataupun telepon

Seperti yang sudah diketahui bahwa covid-19 tidak memungkinkan setiap orang mudah bertemu dengan orang lain. Apalagi orang tersebut asing dan berasal dari daerah yang berbeda. Untuk itu, tahapan wawancara nantinya bisa saja di selenggarakan secara online. Menyikapi kemungkinan demikian maka tips melamar kerja di tengah pandemi corona kali ini mengharuskan Anda berlatih wawancara secara online. Latihan di maksud agar nantinya sudah terbiasa dan juga tidak mudah grogi.


4. Belajar keahlian baru

Di tengah pandemi virus corona memungkinkan Anda banyak berdiam diri di rumah. Dari pada hanya melakukan aktivitas yang itu-itu saja ada baiknya melakukan kegiatan positif. Kegiatan demikian bisa berupa berlatih dan belajar keahlian baru yang belum di miliki sebelumnya. Dengan banyak latihan skill baru maka nilai plus yang Anda dapatkan semakin banyak. Lagi pula terkait keahlian bisa saja nanti akan ditanyakan pada saat wawancara pekerjaan.


5. Libatkan jaringan pribadi

Selain mencari lowongan pekerjaan melalui aplikasi ataupun surat kabar, Anda juga dapat melibatkan jaringan atau koneksi pribadi. Tips melamar kerja di tengah pandemi corona kali ini dilakukan untuk Anda yang memiliki rekan ataupun saudara yang siapa tahu siap membantu. Keadaan di tengah pandemi yang tentunya menyulitkan jelas membuat rekan bisa saja sedikit membantu. Tidak harus langsung menampung di perusahaan yang sama, paling tidak memberikan rekomendasi pekerjaan yang bisa Anda daftar.


6. Terus berusaha dan sabar

Di tengah masa-masa sulit ini beragam sektor terdampak dengan sangat fatal. Maka dari itu jika nantinya Anda tidak langsung menemukan pekerjaan bukan berati harus menyerah begitu saja. Tanamkan sikap bersabar dan terus berusaha mengingat virus corona ini tengah melanda memungkinkan proses perekrutan bisa saja lebih lama dari pada keadaan normal.


Baca juga:

Bagaimana panduan new normal di Indonesia?


Itulah 6 tips melamar kerja di tengah pandemi corona. Intinya ketekunan dan kesabaran Anda benar-benar akan di uji di saat seperti ini.

Selain berusaha maksimal dengan mengikuti beragam tips di atas, tak lupa juga untuk selalu berdoa yang terbaik untuk Anda ke depannya.

Baca Juga
> Opini Kami Mengenai Sisi Gelap Bisnis Online di Era Sekarang