--> Skip to main content
Jual Database Supplier, Hanya Rp 35.000



Fungsi Universal Joint dalam Kehidupan Sehari Hari


https://commons.wikimedia.org/w/index.php?curid=131612


Tahukah kamu apa itu Universal Joint ?

Universal Joint adalah Universal joint merupakan sabungan yang menghubungkan batang kaku yang kapaknya cenderung satu sama lain dan biasanya digunaka pada poros yang mengirimkan gerakan putar. Komponen ini menjadi penyambung antara dua engsel yang memiliki 2 yoke yang letaknya berada bagian input shaft dan output shaft.

Dalam kehidupan sehari hari terdapat pada kendaraan kita, kendaraan roda empat mengandung putaran dan gerakan roda yang biasanya dipengaruhi oleh tenaga toris yang berasal dari mesin. Selain itu komponen penting pada kendaraan roda empat seperti mobil salah satunya propeller shaft atau driveshaft. Manfaat universal joint yang adadi propeller shaft untuk melakukan transmisi daya ke roda.

Propeller shaft yang dimaksud akan bekerja dengan baik akan ditandaid engan kendaraan yang mudah dalam melakukan maneuver seperti pembelokan, tidak menyebabkan suara mendeciy atau mendengung, serta tidak menimbulkan getaran yang menganggu. Berikut beberapa fungsi universal joint dalam kehidupan sehari hari


1. Komponen Driveshaft bekerja dalam keadaan yang berbeda-beda

Melewati Universal joint maka kerja komponen drive shaft secara keseluruhan dalam memindahkan/mentransmisikan daya ke bagian rear axle pada situasi sudut yang berbeda tetap dapat dilakukan. Hal ini diatur oleh suspense belakang. Ini resiko dari adanya data yang ditransmisikan pada sudut tertentu menyebabkan putaran universal joint tidak dalam keadan konstan atau pun muncul getarannya secara bebas.


2. Saat Terjadi perubahan sudut, poros propeller tetap berputar lembut

Dalam kehidupan sehari hari, salah satu kegiatan yang sering kita lakukan adalah berkendara. Berkendara melalui jalanan yang tidak rata atau jalan berlubang merupakan hal yang lumrah terjadi saat mengemudi. Universal Joint berfungsi agar putaran yang terjadi poros propeller tetap bisa bergerak lembut saat terjadi pergerakan suspense kebelakang akibat jalanan yang tidak rata. Kondisi permukaan jalan dapat berpengaruh pada kerja suspense yang mengakibatkan letak poros differential berubah ubah terhadap letal poros transmisi. Nah, disinilah fungsi universal joint, sebagai poros propeller tetap berputar lembut dan tidak patah.


3. Menghubungkan Poros propeller dengan poros transmisi serta poros differential

Universal Joint Berfungsi untuk penghubung antara poros propeller dengan poros transmisi serta poros diffential komponen ini sering terpasang di masing-masing ujung poros propeller. Selain itu fungsi universal joint terletak pada pemasanfan sleeve yoke berfungsi penghubung antara poros propeller dan poros transmisi. Sedangkan yang terpasang pada flange yoke menghubungkan antara poros propeller dengan proros differential.


4. Bermanfaat untuk kendaraan dengan sistem RWD

Kendaraan sistem RWD adalah rear wheel drive yang memiliki diameter dengan ukuran 4 inci serta dilengkapi komponen pusat dan 4 lubang yang searah dengan kompas. Lubang tersebut ditutup dengan roll bearing agar dapat terjadi gerakan yang berasal dari semua sudut. Lubang tersebut kemudian dihubungkan ke driveshaft menuju transmisi pada komponen yang disebut rear axie, sehingga daya terhantar atau tersampaikan menuju roda belakang.


Jadi apa kalian masih bingung dengan fungsi universal joint ? Langsung cek di logam makmur karena banyak informasi dan solusi untuk masalah otomotif anda dengan harga yang murah dan berkualitas tinggi.

Baca Juga
> Opini Kami Mengenai Sisi Gelap Bisnis Online di Era Sekarang