Wiki

Wiki

Portal Islam

Mar 29, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang
Breaking

Etika Saat Zoom Meeting yang Perlu Kamu Perhatikan

Zoom meeting memang seolah menjadi platform untuk menjalankan aktivitas atau rutinitas baru dalam kehidupan sehari-hari. Pasalnya, sejak adanya pandemic Covid-19 banyak pekerja menjalani Work From Home atau WFH dan pelajar hingga mahasiswa yang belajar melalui daring.

Hal tersebut membuat para pekerja, pelajar, dan mahsiswa melakukan kegiatan melalui Zoom Meeting. Pertemuan melalui Zoom Meeting tentunya jauh berbeda saat bertatap muka langsung. Termasuk adanya aturan selama mengikuti meeting atau pembelajaran melalui Zoom pun berbeda.

Tak semua orang mempunyai pengalaman dalam menggunakan Zoom atau platform lain seperti Skype atau Microsoft Teams. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui terkait aturan atau etika saat melakukan Zoom Meeting.

Hal ini demi menghindari hal-hal yang tak diinginkan. Contohnya tak memperhatikan pembicara ketika sedang rapat atau guru/dosen menjelaskan materi, dan masih banyak yang lainnya. Ada beberapa tips yang bisa membantu rapat virtual agar lebih produktif dan kohesif.

Etika Saat Melakukan Zoom Meeting

Di bawah ini adalah penjelasan mengenai daftar etika saat melakukan Zoom Meeting dilansir ari Enterpreneur.com:

1. Perhatikan Fitur Mute

Saat melakukan Zoom Meeting salah satunyang harus diperhatikan oleh peserta adalah fitur mute. Tak sedikit orang-orang melakukan kecerobohan saat melakukan Zoom adalah lupa untuk menyalakan fitur mute.

Disaat pembicara atau guru/dosen sedang memberikan materi atau penjelasan, ada baiknya untuk menyalakan fitur mute. Sebab jika tak dilakukan, maka suara-suara seperti anak-anak berisik, gonggongan anjing, atau kebisingan lainnya tentunya akan menganggu aktivitas meeting.

Oleh karena itu, jika peserta sedang tidak berbicara harus mengaktifkan mode mute. Dan jika tiba saatnya untuk berbicara barulah untuk menonaktifkan mode mute. Meluangkan waktu untuk menyalakan mode ini disaat tidak berbicara, bisa menyelamatkan peserta dari rasa malu.

2. Harus Tepat Waktu

Etika utama lain yang perlu diperhatikan saat menggelar rapat di Zoom adalah harus tepat waktu. Setelah melakukan semuanya melalui online, maka tak ada alasan lain untuk terlambat. Kemacetan lalu lintas tak bisa lagi menjadi alasan bagi peserta untuk menghadiri Zoom Meeting.

Disarankan untuk mencatat jadwal Zoom Meeting yang akan dilakukan sebelumnya. Dan tentunya jangan lupa untuk memastikan bahwa sudah siap dan berada di depan computer atau HP, beberapa menit sebelum rapat di Zoom dimulai.

3. Harus Fokus

Saat rapat sedang berlangsung, peserta harus fokus untuk tidak terganggu oleh godaan atau melakukan hal-hal lain ketika sedang rapat. Orang lain bisa mengetahui jika peserta mengerjakan hal lain saat rapat sedang dilakukan.

Bersikaplah seperti tengah melakukan rapat tatap muka. Dan berikan perhatian penuh untuk rekan kerja, guru/dosen ketika sedang berbicara dalam Zoom Meeting.

4. Kontak Mata

Etika lainnya adalah untuk kontak mata memperhatikan pembicara yang tengah menjelaskan sesuatu. Kontak mata merupakan kunci dalam menciptakan pertemuan lebih menarik dan dinamis. Jika secara online, peserta dapat menempatkan kamera sejajar dengan mata.

Jika menggunakan laptop, maka pertimbangkan untuk membeli sebuah dudukan laptop agar kamera depan yang ada sejajar dengan mata. Hindari untuk melihat diri sendiri atau sibuk sendiri di depan webcam.

5. Nyalakan Video Saat Rapat Berlangsung

Nyalakan video selama rapat berlangsung untuk semua orang. Hal ini akan membantu mengarahkan orang kepada reaksi orang lainnya. Selain itu akan membuat rapat lebih menarik untuk semua yang terlibat. Hal ini juga bisa membantu peserta agar tetap fokus selama rapat berlangsung.

6. Disarankan Untuk Tak Pakai Filter

Saat sedang rapat atau kelas, peserta disarankan untuk tidak menggunakan filter jika tak ingin menjadi perbincangan di dalam rapat. Terkadang hal ini justru dinilai tidak sopan dan menghargai pembicara dan peserta rapat lainnya.

Demikian penjelasan mengenai etika saat melakukan Zoom Meeting yang perlu diperhatikan dan praktekan. Semoga informasi ini dapat membantu.

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here