--> Skip to main content



Yuk Cari Tahu Bagaimana Cara Beli Rumah KPR


Rumah menjadi salah satu aset penting yang dimiliki manusia. Selain sebagai tempat hunian, rumah juga sebagai tempat terakhir untuk beraktivitas atau istirahat. Sehingga carilah rumah yang cocok dan nyaman dengan anda.

Jadi jangan cari rumah yang asal-asalan, karena akan dipajai cukup lama untuk tempat tinggal. Walaupun status belinya masih Kredit Kepemilikan Rumah (KPR), over kredit atau lunas, anda tetap harus memilih rumah yang bagus dan berkualitas. Sekalian dilihat juga faktor-faktor yang lain.

Berikut ini akan dijelaskan tentang cara beli rumah Kredit Kepemilikan Rumah (KPR), diantaranya:





1. Bayar secara Kredit

Sesuai dengan namanya, maka beli rumah yang masih KPR berarti dilakukan secara cicil menyicil dalam hal lunas. Jadi lakukan kredit sampai selesai. Tidak kaget kenapa rumah status KPR kebanyakan mahal-mahal walaupun tidak semuanya. Sehingga menggunakan cara cicil agar tidak memberatkan. Bisa jadi.


2. Sebelum Beli, Temukan Dulu Rumah Status KPR

Sebelum membeli, anda diharuskan mencari rumah yang statusnya KPR dan sedang dijual. Kemudian pilihlah apakah rumah tersebut cocok bagi anda. Jadi lebih baik cari lebih dari satu rumah agar bisa mendapatkan pilihan yang terbaik. Bisa lewat sosial media, berita, dan lain sebagainya yang relevan.


3. Survei dan Cari Informasi Lengkap tentang Rumah tersebut

Alangkah lebih baik jika anda melakukan survei terlebih dahulu ke rumah yang akan dibeli. Jadi sempatkan diri untuk ke lokasi agar tahu bagaimana suasana dan kondisi lingkungan sekitar rumah, kemudian kondisi rumah itu sendiri.

Tanyakan harga yang harus dibayar, cicilannya berapa, membayar uang muka berapa, dan tanyakan kelengkapan dokumen rumahnya. Karena ini menandakan apakah rumah ini legal valid atau tidak. Lihat gambar denah dan desainnya.

Apakah sesuai dengan penjelasan si penjual atau tidak. Cek juga pembuatan rumah ini seperti apa, modelnya seperti apa, dan lain-lain.


4. Lakukan Pembayaran Tanda Jadi

Jika sudah menemukan rumah yang cocok, maka langkah selanjutnya adalah melakukan pembayaran tanda jadi. Tanda jadi merupakan bukti bahwa rumah tersebut sudah dipesan oleh anda. Pemesanan dengan cepat juga antisipasi jika sewaktu-waktu harganya naik.

Ada developer yang membebaskan batas waktu tanda jadi dan sebaliknya. Ada juga developer yang bayar muka dulu baru bisa jadi. Tergantung developernya. Sehingga anda sebagai pembeli harus perhatikan tanggal dan pembuatannya.


4. Melakukan Pembaayaran Uang Muka

Cara beli rumah KPR di nomor ini lebih mengurus tanda jadi, maka anda melakukan pembelian rumah secara kredit. Semua itu tergantung pada developer, jadi jangan samakan setiap developer. Uang muka yang dibayar akan dikembalikan jika KPR rumah ditolak oleh pihak bank.


5. Melakukan Pengajuan KPR Ke Pihak Bank

Ajukan kredit KPR ke bank yang sesuai dengan pilihan anda. Developer akan membantu anda mengajukan hal tersebut ke bank. Pengajuan bisa diurus oleh pihak developer jika bank yang dipilih sesuai dengan partner dari developer tersebut.

Perlu diperhatikan pengajuan ini merupakan kemampuan finansial finansial anda. Setiap bank memiliki cicilan maksimal sendiri-sendiri. Harha rumah, cicilan, uang muka, memang mempengaruhi proses pengajuan KPR.
Satu hal yang perlu diperhatikan dalam proses pengajuan ini adalah kemampuan finansial Anda di mata


6. Jika Tidak Ingin DP, Cari Developer yang sedang Promosi

Carikah developer yang sedang menberikan promo angsuran tanpa DP sehingga anda bisa langsung menyicilnya saja sampai lunas. Biasanya jika developer mengeluarkan promo berarti rumahnya belum jadi, alias masih dibangun.

Kelemahan adanya promo adalah anda harus menunggu rumahnya jadi dulu sampai selesai. Jika anda tidak terlalu buru-buru dalam membeli rumah, maka cara ini cocok untuk anda dan harganya biasanya lebih murah. Anggap saja anda sedang melakukan investasi.


7. Cari Persaingan Harga

Persaingan harga disini maksudnya adalah anda harus mencari lebih dari sau developer untuk memilih beli rumah yang mana sesuai dengan harganya. Anda bisa mencarinya di kota besar dan pinggiran kota. Karena setiap developer saling bersaing sehingga mencari konsumen dengan cara promosi tanpa DP.

Sehingga pintar-pintarlah dalam melihat developer terhadap memberikan promosi sehingga bisa membeli rumah yang benar dan tepat. Manfaatkan promo itu agar dapat rumah yang cocok baik juga. Pastinya berkualitas juga perlu.


Jika anda mencari rumah KPR di Bintaro bisa langsung cek ke Jual rumah di Bintaro. Siapa tahu berhasil dan cocok. Karena yang penting adalah pilihlah rumah yang berkualitas dengan developer yang berkualitas. Cara beli rumah KPR tidak begitu sulit bukan?.


Baca Juga
> Opini Kami Mengenai Sisi Gelap Bisnis Online di Era Sekarang