--> Skip to main content



Fungsi Oli Samping untuk Motor 2 Tak




Oli adalah cairan pelumas yang bertugas untuk mengoles atau membasahi setiap komponen mesin kendaraan bermotor. Fungsi utama oli ialah membuat mesin tidak mudah aus dan panas ketika terjadi gesekan antara satu komponen dengan komponen lainnya. Pelumas tidak hanya dibutuhkan oleh kendaraan 4 tak saja, melainkan juga kendaraan bermesin 2 tak. Nah, untuk menjaga mesin motor kendaraan pabrikan lama ini tetap awet, oli samping terbaik dari Idemitsu adalah solusi cerdasnya.


Fungsi oli samping untuk motor 2 tak

Kendaraan bermesin 4 tak umumnya hanya butuh satu jenis oli. Sementara kendaraan bermesin 2 tak membutuhkan satu jenis oli lainnya, yakni oli samping.  Oli samping memiliki fungsi dan tugas yang mirip dengan oli mesin, namun perbedaannya terletak pada dari cara kerjanya. Ya, oli samping masuk bersamaan dengan bahan bakar dalam ruang pembakaran atau silinder, dan kemudian ikut terbakar bersamaan bahan bakar. Lantas, apa fungsi dari oli samping ini?


Penambah performa

Meski merupakan kendaraan pabrikan lama, performa motor 2 tak tidak kalah dengan performa  motor 4 tak. Penggunaan oli samping merupakan salah satu faktor pendukungnya. Ya, penggunaan oli samping akan membuat pergerakan komponen-komponen mesin lebih halus dan secara tak langsung juga memengaruhi performa motor itu sendiri.

Jenis atau merek oli samping juga akan berpengaruh terhadap proses pembakaran. Sebab, ada oli samping yang akan memengaruhiproduksi asap knalpot, ada juga yang memengaruhi penggunaan BBM. Perbedaan ini menunjukkan jika oli samping memiliki peran yang cukup besar terhadap kinerja dalam ruangan bakar motor 2 tak.


Pelumas

Bernama ‘oli samping’, tentu material ini juga berfungsi untuk melumasi mesin kendaraan. Perbedaan oli samping dengan oli biasa adalah bagian yang dilumasi.  Ya, oli samping memiliki tugas untuk melumasi bagian-bagian tertentu saja sebelum ia masuk ke ruang pembakaran. Bagian silinder dan head adalah 2 komponen yang terlebih dulu akan dilumasi oleh oli samping. Fungsinya agar mesin terasa lebih halus dan tetap awet pada putaran bawah.


Parfum

Jika dihirup, asap dari sepeda motor 2 tak cenderung lebih wangi ketimbang asap motor 4 tak. Ya, inilah salah satu kelebihan dari penggunaan oli samping, yakni sebagai parfum asap. Jadi, asap yang dihasilkan dari pembakaran tidak terlalu bau.


Itulah tiga fungsi dari oli samping pada motor 2 tak. Dari ulasan di atas, dapat disimpulkan jika jenis dan kualitas oli samping akan sangat berpengaruh terhadap performa motor. Jadi. pastikan untuk memilih oli samping yang tepat, ya.

Baca Juga
> Opini Kami Mengenai Sisi Gelap Bisnis Online di Era Sekarang