--> Skip to main content



Pentingnya Pembukuan Bagi Stabilitas Keuangan Usaha


Aplikasi pembukuan gratis menjadi salah satu  alternatif yang bisa digunakan untuk melakukan berbagai pencatatan keuangan usaha baik skala besar maupun skala kecil. Sebenarnya sukses atau tidaknya suatu usaha bukan dilandaskan berdasarkan modal yang ditanam. Namun ada hal penting yang harus diperhatikan dan dikelola dengan benar yaitu tentang arus keuangan.

Untuk melihat berbagai transaksi yang terjadi baik pemasukan, pengeluaran, hutang dan piutang, dibutuhkan adanya pencatatan dengan rapi dan terstruktur sehingga mudah dipahami. Dalam hal ini, membuat pencatatan secara terstruktur dapat digunakan untuk mempermudah dalam evaluasi dan pengambilan keputusan.


Image via Pixabay


Pentingnya Pembukuan Keuangan

Saat ini banyak dari usaha kecil yang dilakukan tanpa memperhatikan transaksi keuangan yang terjadi karena menganggap usaha mereka masih dalam skala kecil. Namun sebenarnya, mengelola dan mencatat keuangan usaha menjadi salah satu hal yang penting untuk dilakukan.

Usaha yang melakukan pencatatan dengan maksimal dapat menentukan perkembangan usaha selanjutnya. Dalam faktanya banyak perusahaan kecil yang harus gulung tikar karena adanya masalah dengan kondisi keuangannya.

Dengan memiliki pembukuan keuangan yang jelas dan sistematis, kamu bisa melihat apa saja yang kamu butuhkan dalam menjalankan aktivitas usaha. Saat kamu ingin mengeluarkan dana untuk kebutuhan tersebut, kamu akan membelanjakan sesuai yang dibutuhkan untuk meningkatkan usaha.

Pembukuan juga dapat difungsikan untuk indikator untung rugi dengan cara memantau kinerja keuangan usaha apakah sedang dalam keadaan untung atau rugi. Tanpa adanya pembukuan, sangat sulit bagi pelaku usaha untuk mengetahui apakah usaha yang dilakukan sedang mengalami kerugian atau mendapatkan keuntungan.

Mengingat sebagai warga negara yang baik adalah warga yang taat pajak, pembukuan keuangan juga dapat dilakukan untuk memudahkan dalam pelaporan pajak. Jika kamu sudah memiliki npwp, kamu hanya  perlu melakukan pembayaran pajak usaha dengan melihat catatan keuangan.

Dalam menjalankan usaha, mustahil tanpa adanya transaksi peminjaman kepada pihak lain atau suntikan modal agar bisa tetap menjalankan usaha. Dalam pengajuan pinjaman ini, salah satu hal  yang dipertimbangkan adalah adanya pembukuan keuangan yang jelas. Dengan pembukuan yang jelas, pihak bank atau pemodal bisa melihat catatan hutang  dan  kondisi keuangan dengan mudah.

Jika pada zaman dahulu pembukuan dianggap sebagai salah satu proses yang rumit, saat ini terdapat aplikasi pembukuan usaha yang bisa dilakukan dengan cepat, mudah dan akurat. Jika menggunakan penghitungan dan pencatatan manual, masih memungkinkan banyaknya kesalahan yang terjadi.

Namun dengan aplikasi pembukuan gratis, proses ini bisa dilakukan dengan otomatis dan akurat setiap transaksinya. Aplikasi yang bisa digunakan untuk pembukuan keuangan adalah BukuKas yang dilengkapi dengan berbagai fitur pencatatan pemasukan, pengeluaran, hutang, piutang dan lain sebagainya. Oleh karena itu, tidak heran jika banyak pelaku usaha yang memanfaatkan kemudahan aplikasi ini untuk pencatatan keuangannya.


Baca Juga
> Opini Kami Mengenai Sisi Gelap Bisnis Online di Era Sekarang