--> Skip to main content
Jual Database Supplier, Hanya Rp 35.000



Sinyal Shure Wireless Mic Melemah, Yuk Intip 4 Cara Jitu Meningkatkannya di Sini


Salah satu produk mic nirkabel terbaik diusung oleh brand terkenal Shure, sehingga banyak rekomendasi mikrofon untuk anda. Beberapa jenis mic ini cocok untuk segala acara, baik indoor maupun outdoor. Satu produk dibandrol dengan harga yang cukup terjangkau, bergantung jenis mic nirkabel itu sendiri. Salah satu masalah yang sering ditemui ialah shure wireless mic dengan sinyal yang lemah saat dipakai. Yuk intip cara jitu untuk memperkuat sinyal lemah di sini!




Cara Memperkuat Sinyal Mic Nirkabel yang Lemah


1. Letakkan Wireless Router di Tengah Ruangan

Mic nirkabel dapat bekerja dengan baik, jika didukung dengan sinyal yang kuat. Oleh karena itu, pastikan bahwa router wireless diletakkan di lokasi yang tepat. Anda dapat meletakkannya di tengah ruangan, sehingga sinyal dapat terpancar ke seluruh ruangan. Dengan begitu, suara dapat ditangkap dengan baik dan diteruskan ke speaker dengan jernih. Hal ini menunjang acara berjalan lebih baik, serta informasi yang diberikan pembawa acara diterima oleh audience.


2. Mengganti Antena Wireless Router

Dalam memperkuat sinyal mic nirkabel, anda juga harus memperhatikan pemilihan antena yang tepat. Terdapat dua jenis antena yang dapat anda gunakan, yaitu imni directional, dan high gain antena. Memakai omni directional, shure wireless mic dapat dipakai di seluruh ruangan dengan kualitas sinyal yang baik. Sebaliknya, pakailah high gain antena jika anda sering memakai di satu titik. Akan tetapi, pastikan sering berpindah pindah tempat agar sinyal menyeluruh.


3. Gunakan Wireless Network Adapter

Antena adalah solusi yang tepat untuk memperkuat sinyal dari mic wireless. Akan tetapi, jika belum maksimal, salah satu cara memperkuat sinyal mic wireless adalah menambahkan network adapter pada perangkat terkait. Dengan sinyal yang kuat, anda dapat menjangkau seluruh tempat acara dengan kualitas suara terbaik. Tidak hanya itu, pastikan kualitas dari network adapter ini sangat terpercaya sehingga memberikan kualitas terbaiknya.


4. Wireless Repeater

Mic nirkabel memang memiliki kapasitas jarak yang terbatas, sehingga perlu penambahan perangkat agar dapat memperluas jarak tersebut. Jika antena telah diganti tetapi sinyal belum kuat, anda dapat menambahkan wireless repeater. Fungsi utamanya memperluas jangkauan shure wireless mic baik di indoor maupun outdoor, yaitu sekitar 2 kali lipat atau lebih. Akan tetapi, yang harus anda perhatikan adalah persiapan dana cukup besar untuk 1 perangkat ini.


Menggunakan mic wireless memang sangat menguntungkan karena praktis dan penyimpanan yang mudah. Akan tetapi, permasalahan yang sering muncul adalah sinyal tidak kuat dan terbatas. Oleh karena itu, perlunya perangkat tambahan agar dapat memperluas jarak yang bisa dijangkau oleh mic. Salah satunya mengganti letak router, mengganti antena wireless router, wireless network adapter, dan wireless repeater yang memerlukan dana cukup besar.


Baca Juga
> Opini Kami Mengenai Sisi Gelap Bisnis Online di Era Sekarang