--> Skip to main content
Jual Database Supplier, Hanya Rp 35.000



Persaingan Industri Laundry di Indonesia





Prospek Usaha Laundry dalam Wabah Covid-19

Dengan adanya wabah Covid-19 yang belakangan ini menyebar di dunia dan juga Indonesia ternyata wabah ini tidak hanya meninggalkan efek negatif kepada industri laundry tapi ternyata ada efek positifnya pula dimana dengan tingginya rasa takut masyarakat akan virus Covid-19 yang dapat menyebar melalui pakaian, masyarakat mulai lebih rutin menggunakan jasa layanan laundry untuk menghindari terkena virus Covid-19 dari pakaian mereka. Walaupun begitu, efek ini hanya berlaku untuk usaha laundry yang berhasil membuat masyarakat percaya akan usahanya baik dengan profesionalitasnya maupun melalui branding usahanya.

Tidak hanya efek positif, ada juga dampak negatif dari wabah Covid-19 yang dirasakan oleh industri laundry seperti umumnya dengan industri lainnya dimana kita dapat melihat ada penurunan pemasukan masyarakat yang mendorong masyarakat menjadi lebih hemat dalam pengeluarannya serta penurunan kebutuhan jasa laundry.

Penurunan pemasukan membuat masyarakat menjadi lebih hemat dan berpikir panjang dalam menentukan pengeluarannya dimana laundry adalah sebuah layanan yang dapat dilakukan sendiri secara relatif gratis. Selain itu, dengan menurunnya kegiatan masyarakat dengan adanya Work From Home dan sekolah online, maka saat ini kebutuhan masyarakat akan jasa laundry menurun dimana sebelumnya mungkin setiap orang ada 2 sampai 3 cucian setiap harinya tapi dalam wabah Covid-19 ini hanya 1 sampai 2 cucian setiap harinya.

Data Makro Industri Laundry

Menggunakan metode market sizing dimana kami mengambil jumlah populasi Indonesia dan melakukan penyempitan atau penyaringan berdasarkan beberapa faktor seperti (1) jumlah orang yang tinggal di daerah urban (perkotaan), (2) persentase penetrasi internet di Indonesia, (3) jumlah orang yang berada dalam usia produktif, (4) jumlah orang yang sudah menggunakan jasa laundry. Dengan metode market sizing tersebut dan penyaringan berdasarkan faktor yang sebelumnya disebutkan, kami berhasil memperkirakan bahwa ada sekitar 25 juta potensial pelanggan usaha laundry di Indonesia dengan potensi pasar sekitar Rp 33 Triliun setiap tahunnya dengan jumlah transaksi harian sebesar 4,5 juta transaksi dan tahunan sebesar 1,65 miliar transaksi.

Menggunakan metode proyeksi yang sama, kami mengambil data dari Facebook Group Asosiasi Laundry Indonesia (ASLI) dan kami mendapati bahwa di Indonesia ada sekitar 132 ribu pengusaha laundry dan angka ini masih bertumbuh saat ini dan diprediksi akan terus bertumbuh dengan potensi nilai pasar setiap tahunnya sekitar Rp 33 triliun rupiah. Dapat kita lihat bahwa hanya ada sedikit pelanggan yang dapat digaet oleh setiap usaha laundry belum lagi posisi usaha laundry yang saling dekat mempersulit usaha laundry untuk bertumbuh.


Sedikit tentang QnC Laundry

QnC Laundry adalah sebuah perusahaan di bidang industri laundry yang berdiri pada tahun 2010 di Makassar berfokus kepada layanan laundry kiloan & satuan dengan harga dan layanan premium. QnC Laundry sampai saat ini sudah memenangkan berbagai penghargaan nasional maupun internasional seperti Indonesia Best Practice Laundry Award 2018, Master Brand Award 2016 & 2017 serta penghargaan internasional dari CINET (komite internasional tekstil) menempatkannya sebagai salah satu perusahaan laundry terbaik di Indonesia dan memiliki chain laundry terluas di Makassar dan memiliki outlet di Jakarta serta BSD.


Waralaba QnC Laundry

Pada tahun 2020 ini, QnC Laundry mulai giat menawarkan sebuah peluang waralaba usaha laundry kiloan untuk semua calon investor di Indonesia. Waralaba ini berbeda dengan waralaba pada umumnya dimana QnC Laundry berfokus kepada kerjasama jangka panjang yang dapat dilihat dari komitmen QnC Laundry berupa pembatasan kuota waralaba berdasarkan jarak dan level kota, dukungan usaha laundry kiloan secara komprehensif, serta pemberian buah pengalaman QnC Laundry selama 10 tahun ini.

Waralaba QnC Laundry memberikan dukungan mulai dari pelatihan karyawan dan manajemen, koneksi supplier untuk bahan baku laundry serta konsultasi untuk usaha laundry investor. QnC Laundry juga memberikan investor akses kepada inovasi yang memungkinkan QnC Laundry memenangkan berbagai penghargaan yaitu sistem IT end-to-end (dari pemesanan sampai marketing intelligence) sampai sistem operasional dan SOP yang jelas (mulai dari resepsionis sampai driver). Semua proses bisnis QnC Laundry memiliki SOP yang jelas dan sudah terintegrasikan dengan sistem IT.

Untuk informasi lebih lanjut, boleh hubungi saya di 087771829093 atau jasonsu911@gmail.com. Bisa juga cek website kita di www.qnclaundry.net untuk informasi tentang QnC Laundry dan juga waralabanya.

Baca Juga
> Opini Kami Mengenai Sisi Gelap Bisnis Online di Era Sekarang