--> Skip to main content



4 Wisata di Wakatobi Yang Menarik Hati, Yuk Eksplor!

Selain Raja Ampat Indonesia, Kepulauan Wakatobi di Sulawesi Tenggara juga terkenal dengan wisata baharinya yang memukau. Keindahannya bahkan sempat dianugerahi sebagai Best Resort and Spa dari Dive’s Magazine Travel Award di peringkat ketiga.

Pesona bawah laut Wakatobi juga kerap masuk ke dalam daftar kunjungan para penyelam dan para pecinta olahraga diving baik domestik maupun mancanegara. Di sana, setiap wisatawan dapat melihat secara langsung berbagai jenis terumbu karang dan biota laut lainnya. Yuk, intip destinasi wisata di Wakatobi yang paling menarik.


1.Taman Nasional Wakatobi 

Sumber: https://nusatour.co.id/

Taman Nasional Wakatobi ini adalah satu dari beragam kekayaan alam nusantara yang tidak perlu diragukan lagi. Taman nasional yang diresmikan pada tahun 1996 ini adalah Taman Nasional Laut (TNL) yang terluas kedua di Indonesia, lho. Menurut pemerintah setempat, tempat ini menjadi habitat bagi 750 dari total 850 spesies koral yang ada di dunia, serta lebih dari 942 spesies ikan. Sangat menarik, bukan?

Bukan hanya gugusan karangnya yang dinikmati para pecinta wisata bahari dunia, kamu juga bisa mengintip keunikan ikan paus sperma yang biasanya hadir pada bulan November ketika perairan Wakatobi lebih hangat daripada laut di belahan bumi lainnya. Selain itu, jika beruntung kamu juga bisa menemukan ikan pari manta yang hanya ditemukan di perairan tropis. 


2.Pantai Taduno 

Sumber: https://www.tripadvisor.co.id/

Pantai Taduno adalah salah satu pantai tersembunyi yang letaknya di ujung tanjung Pulau Kaledupa, tepatnya di Desa Sombano, Kecamatan Kaledupa, Kabupaten Wakatobi, Sulawesi Tenggara. Karena letaknya yang tersembunyi, maka pantai ini kerap dilupakan oleh para wisatawan. Meski demikian, pantai ini menyimpan pesona alam yang begitu memukau dengan pasir putih dan hamparan lautan yang berwarna biru terang. Pantai Taduno ini sangat cocok untuk kamu yang menyukai ombak ringan, sehingga kamu bisa bermain atau sekadar berjemur di pinggir pantai. 

Ketika hari sudah menjelang sore, kamu dapat menikmati matahari terbenam bersama keindahan berbagai jenis burung yang beterbangan dan hutan mangrove. Menariknya lagi, saat surut, airnya bisa melebar sampai 75 meter ke bawah. Pantai Taduno ini merupakan pantai terluas di Desa Sombano dengan garis pantai sepanjang 400 meter dengan gelombang laut yang cukup tinggi. Jangan sampai melewatkan pantai ini, saat berlibur ke Wakatobi ya.


3. Roma

Sumber: https://nusadaily.com/


Di antara ratusan titik selam yang ada di perairan Wakatobi, terdapat tempat yang sangat memukau para penyelam lokal dan asing, antara lain adalah Coral Garden, Cornucopia, House Reef, dan Roma. Salah satu yang menjadi favorit penyelam adalah Roma, yang berada tepat di perairan Pulau Tomia. Roma ini memang terkenal akan biota laut beribu warnanya yang memukau.

Begitu kamu memasuki area selam yang satu ini, kamu akan dikelilingi oleh red-tooth tigerfish dan gerombolan ikan warna-warni lainnya. Tidak hanya ikan, namun terumbu karang dan rumput laut di sini pun tampak cantik.


4.Puncak Jamakara

Sumber: https://ronaindonesia.com/


Puncak Jamakara ini berada di kawasan Pajam, Kaledupa. Untuk sampai ke sana, kamu harus menempuh perjalanan selama 30 menit dari Desa Ambeua Raya. Sementara untuk mencapai puncak, kamu harus berjalan kaki dari batas Desa Wadur, dan melewati Benteng Palea yang dibangun pada masa pemerintahan Kesultanan Buton pada pertengahan abad XVI tahun 1531. Ada beberapa larangan yang perlu kamu perhatikan lho, saat berkunjung ke sana. Beberapa di antaranya adalah kamu dilarang mengenakan busana yang berwarna mencolok pada hari-hari tertentu. Juga tidak diperkenankan untuk menggunakan payung dan tidak bicara dengan suara yang nyaring.

 


Salah satu tips yang bisa dilakukan agar kamu dapat menikmati liburan di Wakatobi dengan waktu dan biaya yang terbatas adalah dengan membuat itinerary atau rencana perjalanan dengan matang dan detail. Kamu bisa memilih tempat wisata yang benar-benar menarik dan ingin kamu kunjungi. Dengan begitu, kamu dapat menikmatinya dengan maksimal. Dapatkan info menarik seputar destinasi wisata Indonesia lainnya, hanya di sini!


Baca Juga
> Opini Kami Mengenai Sisi Gelap Bisnis Online di Era Sekarang