--> Skip to main content



Trik & Cara Lancar Berbicara di Depan Kamera -- Tanpa Menghafalkan Script/Naskah


Pada kesempatan kali ini, saya akan membahas tentang RAHASIA pembaca berita, MC atau master ceremony,  Youtuber dan lainnya -- yang bisa lancar berbicara di depan kamera 

Tentunya, tanpa harus capek-capek menghafalkan script yang panjang .

Rahasianya apa ya?

Ya tepat sekali. Mereka dibantu oleh suatu alat, yang bernama TELEPROMPTER.


trik dan tips cara lancar berbicara di depan kamera
Review Teleprompter Semut TL 1


Apa itu teleprompter?

Dilansir dari laman wikipedia.org, teleprompter atau pengial baca adalah alat bantu baca, khususnya bagi seseorang yang ingin berbicara di depan umum.

Dengan alat ini, orang tersebut akan terlihat seperti berbicara lisan -- dan tanpa menggunakan teks.

Jadinya terlihat seperti sudah hafal dengan scriptnya, padahal belum tentu.

Sangat keren, bukan?


Naah, di sini saya akan mereview salah satu  merk teleprompter yang menurut saya cukup bagus, ekaligus harganya cukup terjangkau.

Kualitas teleprompter ini  lumayan-lah -- di range harganya yang hanya 200 ribuan.


Adapun Merk teleprompter yang akan saya review ini adalah SEMUT TL-01, yang merupakan teleprompter DIY alias buatan tangan.

Karena buatan tangan, saya kemarin membelinya  sampai harus pre-order selama beberapa hari, loh.


Yang saya suka dari teleprompter ini adalah – selain harganya yang murah, build qualitynya yang sangat bagus, karena terbuat dari besi yang solid.

Namun kekurangannya, karena buatan tangan – maka untuk menaruh kamera di teleprompter – hanya menggunakan sebuah baut. 


Hmmm…tentunya ini sangat tidak efisien dan agak ribet, ya.

Tapi yah, di range harga tersebut -- membuat saya jadi maklum dan tidak mempermasalahkannya.


Lantas, bagaimana cara mengoperasikan teleprompter ini?

Baiklah, akan saya jelaskan cara kerjanya:

1. Tidak seperti teleprompter skala profesional yang canggih, teleprompter ini bisa dibilang sangat sederhana. Untuk menggunakannya, kita memerlukan bantuan gadget, yaitu smartphone / tablet. Tujuan digunakannya smartphone atau tablet adalah sebagai media untuk menampilkan script atau naskah yang akan kita baca.

2. Jika smartphone atau tabletnya sudah siap,selanjutnya kita memerlukan aplikasi pihak ketiga untuk menampilkan script atau naskahnya. Aplikasi khusus teleprompter ini bisa diunduh di Playstore ataupun App Store.

3. Karena saya menggunakan  smartphone  berbasis iOS yakni iPhone 5, maka saya mengunduh aplikasi teleprompter yang ada di App store. Bagi kamu yang juga pengguna iOS,di sini saya merekomendasikan kamu untuk menggunakan aplikasi bernama Parrot Teleprompter. 


4. Kelebihannya, selain mudah untuk digunakan, aplikasi ini juga tidak “menyematkan” iklan saat teleprompter dijalankan. Kalau sampai ada iklan, tentu sangat mengganggu saat kita membaca script.

5. Selanjutnya, siapkan script / naskah yang akan kamu baca di aplikasi teleprompter, jalankan scriptnya, lalu taruh smartphone kamu di bagian depan teleprompter.

6. Bisa kamu lihat, script / naskah terpantul melalui cermin kaca yang ada di teleprompter. Nantinya kamu akan membaca naskah dengan melihat pantulan tulisan di cermin kaca tersebut.

7. Oh iya, jangan lupa taruh kamera kamu di belakang cermin kaca. Tutup lensa kamera dengan kain penutup, agar tidak ada cahaya yang masuk ke cermin dari belakang.


Bagaimana jika tidak punya kamera?

Bisa kok pake smartphone, tapi kamu harus beli dulu mount hp yang ada lubang bautnya. Penampakannya seperti gambar di bawah ini:



Selesai.

Begitulah cara kerja dari teleprompter ini.

Ketika kamu membaca tulisan melalui cermin kaca, kamu juga sekaligus menatap ke lensa kamera.

Alhasil, penonton akan menganggap kamu sudah hafal dengan script yang kamu baca, karna matamu tetap fokus ke depan, tidak ke samping, ke atas, ataupun ke bawah.

Padahal yang kamu lakukan adalah membaca tulisan yang ada di depan kamu. Namun berkat bantuan teleprompter, di mata pemirsa -- kamu nampak seperti pembaca berita profesional.


Nah sekian dulu ulasan tentang  trik dan cara lancar bicara di depan kamera, yakni dengan bantuan teleprompter.

Semoga bermanfaat, sampai jumpa dan terus semangat ya! (af)


Baca Juga
> Opini Kami Mengenai Sisi Gelap Bisnis Online di Era Sekarang