--> Skip to main content



Internet Sehat di Indonesia, Seberapa Penting


Penggunaan internet kini sudah menjamah setiap lapisan masyarakat dan menjadi salah satu media utama mendapatkan informasi. Tentunya kamu paham akan hal ini. Masifnya penggunaan internet kemudian menimbulkan berbagai resiko dan potensi masalah. Maka dari itu, konsep internet sehat pun menjadi semakin relevan. Tak hanya agar pengguna internet mendapatkan manfaat maksimal, namun juga agar setiap ‘orang’ yang ada dan beraktivitas di media ini bisa terlindung dari resiko buruk yang ada. Tapi apa itu internet sehat?

Internet sehat sendiri bisa dipahami sebagai suatu konsep keamanan berinternet, dalam artian luas, untuk setiap pengguna dan orang yang mengakses internet. Tujuan besarnya adalah membuat setiap user merasa aman dari berbagai resiko buruk dari segi konten dan interaksi, sehingga setiap user bisa menggali manfaat untuk meningkatkan nilai kehidupan secara umum.

Jika melihat pemahaman ini, kamu tentu akan menganggapnya  sebagai pengertian normatif saja. Namun pada kenyataannya, internet sehat juga telah menjadi program pemerintah Indonesia dalam penggunaan internet di negeri ini. Bukan tanpa sebab, karena dengan keberagaman yang dimiliki Indonesia, interaksi yang ada di internet akan memicu munculnya resiko yang cukup besar.


Bentuk Internet Sehat di Indonesia


 Upaya penerapan internet positif sendiri sudah dimulai oleh banyak kalangan, termasuk oleh pihak pemerintah terkait. Misalnya dengan melakukan penyaringan pada situs yang bisa diakses di Indonesia. Situs dengan muatan konten negatif sudah banyak yang diblokir, sehingga tidak dapat diakses oleh masyarakat. Memang kurasi yang dilakukan terkadang masih jauh dari sempurna, tapi setidaknya ada upaya aktif dari pemerintah. Lalu bagaimana dengan masyarakat? Netizen? Kamu sendiri sebagai pengguna internet? Adakah upaya yang bisa dilakukan?

Sebenarnya upaya menerapkan internet sehat bisa dilakukan dengan hal sederhana. Misalnya, tidak melakukan ujaran kebencian, tidak serta merta menyebarkan berita yang belum divalidasi, tidak memicu pertikaian, melakukan diskusi sehat, penggunaan kata-kata yang lugas dan tidak ambigu, dan masih banyak lagi.

Sebagai netizen yang kini ada di Indonesia, melakukan hal sederhana di atas bisa jadi cara tepat dalam membantu upaya pemerintah dalam ‘menyehatkan’ budaya berinternet di Indonesia. Apakah sudah sempurna? Jelas belum. Namun dengan usaha aktif dari setiap elemen, pada waktunya nanti pengguna internet di Indonesia akan memiliki budaya yang sehat dan benar-benar positif.


Berinternet dengan Aman dan Teliti


 

Internet sehat juga mencakup keamanan data yang kamu miliki, lebih spesifik data pribadi yang sifatnya benar-benar privat. Mungkin belum banyak orang Indonesia yang sadar, bahwa setiap data yang ada di Kartu Tanda Pengenal sifatnya benar-benar privat dan tidak untuk diberikan oleh orang lain. Mengingat banyak hal harus didaftarkan dengan mencantumkan Nomor Induk Kependudukan, maka penyebarluasan data ini bisa berefek buruk untuk kamu.

Selain KTP dan NIK, data privat lain yang harus dilindungi adalah informasi mengenai rekening koran, seperti PIN dan sejenisnya. Bahkan pada beberapa kasus, ada penyalahgunaan nomor rekening oleh oknum tidak bertanggung jawab guna melakukan penipuan. Agaknya hal tersebut jadi pengingat yang cukup jelas, bahwa proteksi pada data seperti ini sangat diperlukan. Lalu bagaimana cara melindunginya?

Pertama dan utama untuk melindungi data tersebut adalah memastikan situs apapun yang meminta data merupakan situs valid, dan kamu paham benar akan digunakan untuk apa data yang kamu masukkan. Sedikit melakukan desk research tidak ada salahnya untuk memastikan validitas situs tersebut. Jadi, teliti dan selalu waspada dalam memasukkan data ke situs apapun ya!


Konsumsi Konten yang Punya Value Baik dan Bermanfaat


 

Berbagai jenis konten, setiap jenis konten, ada dan bisa diakses di internet selama kamu tahu benar apa yang kamu mau. Dengan kebebasan akses seperti ini, memang selalu ada godaan mengakses konten yang sebenarnya kurang bernilai. Namun demikian, bukankah lebih baik mengakses dan mengkonsumsi konten yang bernilai dan bisa meningkatkan kualitas diri?

Sama-sama menghabiskan waktu ketika berinternet, waktu yang kamu miliki akan jauh lebih bernilai ketika kamu bisa mengakses informasi berguna. Misalnya, alih-alih menyaksikan tontonan tidak berfaedah secara berlebihan, ada baiknya kamu menikmati konten tutorial dan tips atau trik. Dari konten tersebut kamu bisa mendapat pengetahuan baru yang mungkin akan berguna di kemudian hari.

Pola perilaku dan budaya internet positif memang tidak bisa secara instan diterapkan. Proses yang panjang dan perlahan harus dilalui, demi hasil yang maksimal. Tentu saja, kebiasaan internet sehat ini juga wajib didukung dengan jaringan internet yang optimal, cepat dan stabil.

Untuk mendukung budaya internet sehat, kini layanan Biznet Home hadir dan bisa kamu nikmati di seluruh wilayah Indonesia. Dengan kecepatan yang tinggi dan jaringan yang stabil, Biznet Home menyediakan jaringan internet handal untuk menunjang kebutuhanmu setiap hari. Kamu bisa mendapatkan banyak pilihan paket internet murah dan berkualitas, dengan langsung mengunjungi situs resminya. Segera bergabung bersama jaringan cepat dan stabil dari Biznet!


Tags:

Koneksi Internet, Koneksi Lambat, Percepat Koneksi, Cara Percepat Koneksi, Internet Cepat, Internet Lemot, Layanan Internet, Paket Internet, AdBlocker, Percepat Internet, Koneksi Lancar, Koneksi Stabil, Internet murah, Internet cepat, Internet unlimited, Sinyal WiFi, Sinyal Android, WiFi Murah, Kecepatan Internet, Pemancar Wi-Fi, Literasi Digital, AdBlock, Menghilangkan Iklan, Internet Positif


Baca Juga
> Opini Kami Mengenai Sisi Gelap Bisnis Online di Era Sekarang