--> Skip to main content



Persiapan yang Harus Dilakukan Saat Usia Kehamilan 8 Bulan

Ketika memasuki usia kehamilan 8 bulan, biasanya bunda sudah menentukan akan melakukan persalinan dimana, metode apa, hingga bersiap jika saja harus ooperasi. Tidak hanya itu, biasanya bunda juga perlu melatih pernafasan serta melakukan persiapan menyusui saat usia kehamilan 8 bulan.

Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah mengikuti senam hamil yang saat ini banyak ditemukan di rumah sakit ibu dan anak. Senam hamil ini konsen pada teknik pernafasan, karena memang factor keberhasilan persalinan normal adalah teknik pernafasan ini.

Nah, kalau sudah ikutan senam ibu hamil, tidak ada salahnya untuk mempersiapkan hal lain yang tidak kalah penting ya. Apa saja sih persiapan yang harus dilakukan saat usia kehamilan 8 bulan? Yuk simak ulasan selengkapnya berikut ini:



1. Rumah Sakit

Hal pertama yang bisa bunda siapkan adalah dimana bunda ingin melahirkan, tidak ada salahnya jika memilih rumah sakit bersalin yang memungkinkan bunda untuk melakukan inisiasi menyusui dini (IMD), sekaligus menempatkan bayi sekamar dengan bunda.

IMD ini diperlukan agar bayi bisa langsung mendapatkan manfaat dari kolostrum atau ASI pertama, sementara 1 kamar dimaksudkan agar bayi dapat memudahkan bunda memberikan ASI. Jadi pilihlah tempat bersalin dengan bijak ya bunda.


2. Latihan Metode Menyusui

Saat masa kehamilan 8 bulan, tidak ada salahnya untuk melakukan latihan terkait pengenalan metode menyusui yang bisa bunda ikuti di rumah sakit ibu dan anak. Biasanya yayasan rumah sakit rutin mengadakan hal tersebut, jadi banyak-banyak ikut kegiatan ibu hamil yang baik untuk kesehatan ya bunda.


3. Perlengkapan Bayi

Saat hamil 8 bulan, bunda bisa menyiapkan perlengkapan yang berkaitan dengan menyusui seperti pompa atau botol ASI perah. Keduanya dibutuhkan jika nanti bayi mengalami kondisi yang tidak memungkinkan untuk sekamar dengan bunda.

Misalnya saja bayi mengalami sakit kuning sehingga harus dirawat di dalam incubator, maka hal seperti ini sangat perlu dipersiapkan ya bunda. Tidak ada salahnya juga menyiapkan baju bayi yang biasanya memang agak beda dengan baju anak-anak pada umumnya.


4. Nama Si Kecil

Nah, biasanya nih bunda juga perlu menyiapkan nama yang cocok sekiranya bisa diberikan kepada si buah hati. Ada banyak List Nama Bayi Laki - Laki Islami yang bisa bunda temukan loh. Bagi anak laki-laki pastinya memiliki nama yang bermakna juga sangat penting. Di mamapapa.id ada banyak list nama bayi laki-laki dan List Nama Bayi Perempuan Islami.

Jadi bunda bisa langsung saja mencari nama-nama yang sekiranya cocok dan nama yang memiliki maka bagus. Biasanya nama dipilihkan yang mengandung makna bagus dengan harapan kedepannya si kecil bisa menjadi orang yang baik sesuai dengan nama yang diberikan.


5. Penjaga

Jika memang sudah memiliki anak, bunda perlu merencanakan siapa yang akan menjaga bunda dan si kecil saat di rumah sakit atau pasca persalinan. Terutama jika suami sedang bekerja, pastinya bunda perlu memiliki teman yang bisa menjaga bunda dan si kecil kan?

Nah, bunda bisa minta tolong kepada orang tua atau saudara agar menjaga si kecil saat bunda masih belum pulih kesehatannya. Pasca melahirkan juga, pastinya bunda tidak bisa langsung berjalan dengan baik atau melakukan hal sendiri dengan baik.


Itulah beberapa hal yang perlu dipersiapkan saat usia kehamilan 8 bulan yang bisa bunda pertimbangkan ya. Persiapkan dengan matang ya bunda, apalagi untuk menyambut si kecil lahir ke dunia, terimakasih.


Baca Juga
> Opini Kami Mengenai Sisi Gelap Bisnis Online di Era Sekarang