--> Skip to main content



Inilah Penjelasan Lengkap tentang Payment Gateway

Sejak teknologi informasi berkembang, orang-orang lebih mudah mendapatkan akses bisnis. Baik itu berupa informasi penjualan produk atau promo harga terbaru. Apalagi, saat ini setiap orang yang berbisnis mengalihkan cara kerjanya dari offline menjadi online. Cara kerja tersebut didukung dengan hadirnya layanan payment gateway.

Akan tetapi, tahukah Anda tentang apa itu payment gateway? 

Hingga detik ini, ternyata belum tentu semua orang yang berkecimpung dalam dunia bisnis, baik itu UMKM maupun pelaku bisnis individu mengerti payment gateway. Padahal, sejatinya payment gateway atau yang lebih dikenal sebagai gerbang pembayaran sangat berguna membantu kelancaran bisnis.




Payment Gateway atau Gerbang Pembayaran

Agar tidak salah memahami, kita perlu mengetahui arti dari payment gateway. Jadi, payment gateway adalah sistem pembayaran yang membuat transaksi antara penjual dan pembeli menjadi lebih mudah.

Sistem pembayaran tersebut dapat digunakan ketika belanja online. Memang, saat ini kebutuhan orang untuk mencari, menemukan, hingga memutuskan membeli sebuah produk berasal dari toko online.

Di toko online, Anda bisa menemukan berbagai macam produk. Cara menemukannya pun hanya dengan scroll atas ke bawah atau sebaliknya. Jika sudah menemukan, Anda cukup mengklik. Maka, selanjutnya Anda diarahkan ke bagian pembayaran.

Nah, dari sinilah Anda menemukan kemudahan yang lain yaitu metode pembayaran. Anda tidak perlu repot untuk pergi ke bank bahkan antre berlarut-larut. Anda bisa menggunakan cara yang lebih mudah. Transfer bank melalui ATM, virtual account, atau e-wallet.

Semua yang telah disebutkan akan lebih terukur dengan bantuan payment gateway. Anda cukup memiliki akun, mengisi sejumlah dana pada virtual account maka transaksi dapat dilakukan. Gerbang pembayaran ini hadir sebagai media transaksi yang memiliki tujuan untuk memudahkan pengguna baik pemilik bisnis maupun pelanggan.

Dalm sejumlah e-commerce, payment gateway difungsikan untuk memberikan akses atau otorisasi pembayaran melalui bermacam-macam metode pembayaran. Selain ketiga yang disebutkan di atas, metode pembayaran yang biasa digunakan adalah penggunaan kartu debit atau kartu kredit. 

Baca Juga: Ecommerce Website: Ini 5 Fitur yang Harus Dimiliki 

Berbagai bank telah terintegrasi sehingga baik pemilik bisnis atau pelanggan tidak perlu khawatir. Maka, gerbang pembayaran menjadi kunci untuk mengembangkan bisnis Anda lebih baik.

 

Mekanisme Kerja Payment Gateway

Dengan memanfaatkan sistem transaksi yang berbasis online, semua kebutuhan dapat tercukupi hanya dengan sekali klik. Apalagi jika sistem tersebut telah berintegrasi dengan berbagai metode pembayaran.

Seperti penggunaan payment gateway. Ketika pelanggan telah selesai memilih produk yang diinginkan, informasi yang telah diisi akan diteruskan kepada payment processor. Setelahnya, informasi tersebut diarahkan kepada penerbit kartu. Dalam hal ini terdapat dua macam yaitu Visa dan Mastercard.

Ketika pihak bank telah menerima informasi dari payment processor, yang dilakukan selanjutnya adalah memberikan respons. Saat respons telah hadir maka muncul kode tertentu untuk mengetahui apakah transaksi yang dilakukan berhasil atau tidak.

Yang terakhir, status transaksi akan berhasil apabila informasi telah diteruskan dari payment processor, lalu ke payment gateway, dan di website tempat pelanggan berbelanja. 

Baca Juga: Payment Gateway dan Payment Processor, Apa Bedanya?

Anda jangan berpikir bahwa proses ini rumit. Ini hanyalah penjelasan dari satu langkah ke langkah yang lain hingga selesai. Penjelasan tersebut apabila Anda menerapkannya maka semudah Anda membuka media sosial. Mudah dan cepat.

 

Xendit sebagai Payment Gateway Indonesia

Satu-satunya kemudahan dan kecepatan yang bisa diperoleh baik pemilik bisnis maupun pelanggan dengan menggunakan payment gateway terbaik. Xendit sebagai payment gateway Indonesia memberikan kemudahan, kecepatan, dan keamanan. Membantu bisnis Anda semakin berkembang. Bahkan Anda tidak perlu repot sehingga bisa fokus pada pertumbuhan bisnis.

Menerima pembayaran sesuai dengan preferensi pelanggan dapat meningkatkan penjualan bagi bisnis Anda. Dengan Xendit, Anda dapat menerima pembayaran melalui e-wallet, virtual account (transfer bank), kartu kredit/debit, gerai retail dan cicilan tanpa kartu kredit.

Jika Anda berjualan di media sosial seperti Instagram ataupun menggunakan aplikasi chatting seperti WhatsApp, Anda juga dapat menggunakan Xendit dengan fitur payment link. Buat payment link melalui dasbor Xendit Anda, tanpa memerlukan skill teknis sedikit pun. Bagikan link yang Anda buat kepada pelanggan dan Anda akan dapat menerima beragam metode pembayaran yang terintegrasi dengan Xendit.

Daftar sekarang tanpa dikenakan biaya pengaturan dan perawatan, hanya bayar sesuai penggunaan. Cari tahu selengkapnya mengenai Payment Gateway Terbaik di website kami atau segera daftar dan coba demo gratis Xendit sekarang!

Tag: payment gateway, payment processor, e-commerce, toko online


Baca Juga
> Opini Kami Mengenai Sisi Gelap Bisnis Online di Era Sekarang