--> Skip to main content



Peranan Pendaftaran Merek dan Faedahnya

Pendaftaran merek punyai peranan penting, bagus di dalam usaha, perdagangan, atau rutinitas lain terhitung organisasi sosial seperti Palang Merah. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), merek dikatakan sebagai jenama.

Menurut Undang-Undang, merek ialah sinyal yang bisa diperlihatkan secara grafis berbentuk gambar, simbol, nama, kata, huruf, angka, formasi warna, berbentuk dua dimensi, suara, hologram, atau gabungan dari 2 ataupun lebih elemen itu untuk membandingkan barang dan/atau layanan yang dibuat oleh orang atau tubuh hukum dalam aktivitas perdagangan barang dan/atau layanan.


Peranan penting yang khusus sebagai daya pembanding dari satu produk barang atau layanan. Pikirkan bila seluruh produk rokok dikasih merek "Rokok" atau seluruh produk susu di Indonesia dinamakan merek "Susu". Hasilnya akan membuat orang bingung sebab untuk produk dengan merek sama tapi punyai kualitas dan jumlah yang lain.

Bila Anda akan beli susu formulasi, dan mengatakan brand-nya, misalkan SGM Explore, Morinaga, Nutribaby Royal, atau Nutramigen, karena itu itu yang akan didapatkan.

Dengan menyebutkan merek, karena itu orang akan mengenal asal barang atau layanan dari perusahaan A atau B. Karena itu berikut peranan ke-2 merek, yakni selaku sinyal untuk mengenal asal barang atau layanan dari produsen atau faksi mana. Nah, bila menyebutkan SGM Eksplor, Morinaga, atau Nutribaby Royal, makan akan terpikir kualitas (meskipun dapat dipermasalahkan) satu susu formulasi, sekalian tingkat harga. Disini merek berperan selaku pemasti kualitas dari satu barang dan/atau layanan.


Produsen akan memakai merek selaku fasilitas promo. Tanpa ada Pendaftaran Merek, satu iklan atau promo barang atau layanan tidak efisien. Peranan setelah itu memvisualisasikan agunan personalitas (individuality) dan rekam jejak. Beli satu Datsun Go Panca pasti jauh berbeda dengan beli Lexus LS 500. Dengan penjelasan itu karena itu merek sama janji produsen ke customer dan memperlihatkan nilai proposition. Oleh karenanya, selaku contoh, Toyota tawarkan Agya dan waktu yang juga sama jual Camry.

Rekam jejak yang pengen dibuat Toyota atas dua merek itu berlainan, ekspetasi customer juga berbeda atas dua produk itu.

Peranan yang lain ialah pelindungan hukum, dalam kerangka jenama itu sudah didaftarnya ke kantor Pendaftaran Merek. Di Indonesia, tempat registrasi merek ialah Direktorat Jenderal Kekayaan Cendekiawan (DJKI) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia.


Peranan pelindungan hukum ini kadang dilalaikan aktor usaha karena mereka cuman konsentrasi pada peranan rekam jejak dan promo produk atau layanan. Walau sebenarnya, satu emrek yang tidak didaftarkan dan mendapatkan sertifikasi karena itu merek itu akan gampang diambil faksi lain.

Ini sebab prinsip registrasi merek di Indonesia ialah first to file, yakni siapakah yang pertamanya kali mendaftarkannya yang dipandang seperti pemilik atau pemegang hak atas merek. Bermacam promo merek yang habiskan beberapa sumber daya akan percuma bila brand-nya telah dipunyai oleh seseorang. Anda dapat terkena permasalahan hukum sebab dipandang memakai merek seseorang tanpa ada ijin. Karena itu, registrasi merek ke Direktorat Merek DJKI akan memberi kejelasan hukum untuk aktor usaha.


Pelindungan merek di Indonesia ditata dalam Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2016 mengenai Merek dan Tanda-tanda Geografis. Peraturan yang lain ialah Ketentuan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia Nomor 67 Tahun 2016 mengenai Registrasi Merek. Permenkumham 67/2019 memberi rangka tata langkah registrasi merek, baik secara dalam ajringan (daring) atau luar jaringan (luring).

Untuk registrasi Internasional, Indonesia sudah meratifikasi Madrid Protocol dengan keluarkan Ketentuan Pemerintahan Nomor 22 Tahun 2018 mengenai Registrasi Merek Internasional Berdasar Prosedur Berkaitan Dengan Kesepakatan Madrid Berkenaan Registrasi Merek Secara Internasional. Karena itu, jika ingin mendaftar merek, peraturan harus dimengerti benar supaya permintaan diterima.


Baca Juga
> Opini Kami Mengenai Sisi Gelap Bisnis Online di Era Sekarang