w Perlunya Daftarkan Merek Dagang dengan konsultan hki terdaftar --> Skip to main content



Perlunya Daftarkan Merek Dagang dengan konsultan hki terdaftar

 Merek dapat dimisalkan selaku muka dari satu usaha. Jadi telah selayaknya jika kita mendaftar Konsultan HKI terdaftar untuk mendapatkan pelindungan hukum.

Jika berlangsung permasalahan yang terkait dengan hukum, dapat dituntaskan secara cepat dan mudah. Apa lagi, kompetisi usaha makin ketat.

Karena itu, kita perlu memperhatikan begitu keutamaan mendaftar merek dagang sama konsultan hki terdaftar seperti yang dirinci oleh Swara Tunaiku di bawah ini.




Berapa penting mendaftar merek dagang dengan konsultan hki terdaftar?

Sebab tiap usaha yang sudah kita rintis membutuhkan pelindungan hukum, karena itu dianjurkan untuk mendaftar merek dagang. Ini tertera dalam Undang-Undang Nomor 15 Pasal 3 Tahun 2001 yang mengeluarkan bunyi "Hak atas Merek ialah hak eksekutif yang diberi oleh Negara ke pemilik Merek yang tercatat dalam Daftar Umum Merek untuk periode waktu spesifik dengan memakai sendiri Merek itu atau memberi izin pada pihak lain untuk memakainya".

Seorang yang pertamanya kali mendaftar satu merek dagang, dia mempunyai hak untuk menggunakan merek itu. Berlainan narasi jika merek itu digunakan seseorang tiada izin. Karena itu, dia dapat dikenakan pidana. Sebab ini, lumayan banyak perusahaan yang merebutkan merek dagang.


Faedah yang dapat diperoleh dengan mendaftar merek dagang

Dapat memperoleh landasan hukum yang pasti ialah faedah khusus dari mendaftar merek dagang. Dengan begitu, kita mempunyai bukti pemilikan yang dianggap di mata hukum.

Merek dagang yang kita punyai tidak dapat kembali digunakan seseorang dan mereka cuman dapat menggunakannya dengan metode waralaba atau franchise. Dengan langkah ini, kita dapat meningkatkan usaha yang telah dirintis.

Nilainya juga tetap akan makin bertambah sebab merek ialah asset bernilai. Merek itu akan mendapatkan pelindungan sepanjang 10 tahun sebab telah tercatat di Ditjen Hak Kekayaan Cendekiawan. Kecuali dapat diperpanjang, pelindungan ini juga bisa diturunkan.


Tutorial untuk mendaftar merek dagang

Kita bisa lakukan registrasi merek dagang di Kantor Ditjen Hak Kekayaan Cendekiawan, Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia.

Untuk mempermudah proses registrasi, kita dapat minta dana untuk Konselor Hak Kekayaan Cendekiawan. Sepanjang 7 sampai 9 bulan, mereka akan menolong proses registrasi sampai Sertifikat Merek keluar.


Besarnya ongkos registrasi merek dagang

Beberapa pemilik usaha kecil dan menengah tahu benar keuntungan yang akan didapat dengan mendaftar merek dagangnya. Tetapi, ongkos registrasi yang capai Rp 2 juta membuat mereka malas untuk lakukan registrasi merek dagang.

Angka ini belum terhitung ongkos diskusi pada konselor Hak Kekayaan Cendekiawan. Lebih-lebih, pendaftaraan ini akan mengonsumsi beberapa waktu dan cukup susah prosesnya.

Sesudah mengenali apa faedah yang akan kita bisa, tidak ada kelirunya untuk mendaftar merek dagang yang kita punyai.


Registrasi HKI

Berdasar pencarian kami, baik itu HKI atas Paten, Merek, Design Industri, Hak Cipta, dan lain-lain, Pilihan Mengajukan Permintaan Hak ialah sama, pemohon bisa lakukan mengajukan permintaan dengan pilih salah satunya langkah berikut: [1]

1. Langsung ke Direktorat Jenderal Hak Kekayaan Cendekiawan di kantor pusatnya yang beralamat di Jl. H.R. Rasuna Said Kav. 8-9, Jakarta Selatan 12940, Indonesia.

2. Lewat Kantor Daerah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia RI di semua Indonesia.

3. Lewat Kuasa Hukum Konselor HKI tercatat.


Contoh HKI yang Ingin Didaftarkan dan Tata Langkah Permintaannya

Dari bermacam sektor HKI di atas, sayang Anda kurang detil menyebutkan sektor HKI apa yang Anda tujuan untuk didaftarkan. Akan tetapi, kami akan memberi salah satunya contoh, yakni Merek.

Permintaan registrasi merek ditata dalam Undang-Undang Nomor 15 Tahun 2001 mengenai Merek ("UU Merek").[2] Persyaratan untuk ajukan permintaan registrasi merek ialah permintaan registrasi merek disodorkan dengan isi formulir yang sudah disiapkan dengan bahasa Indonesia dan diketik rangkap 4 (empat).


Baca Juga
> Opini Kami Mengenai Sisi Gelap Bisnis Online di Era Sekarang