--> Skip to main content

  

5 Fakta Unik Sriwijaya Air



Salah satu maskapai penerbangan terbesar di Indonesia adalah Sriwijaya Air yang menerbangkan lebih dari 800.000 penumpang setiap bulannya. Dengan rute 43 destinasi termasuk tiga negara di tingkat regional serta daerah-daerah tujuan wisata populer lainnya di seluruh Indonesia. 

Saat ini Sriwijaya Air merupakan Maskapai Penerbangan terbesar ketiga di Indonesia, dan sejak tahun 2007 hingga saat ini tercatat sebagai salah satu Maskapai Penerbangan Nasional yang memiliki standar keamanan kategori 1 di Indonesia. 

Sriwijaya Air memang lebih fokus pada bisnis penerbang penumpang dan layanan pengiriman barang, dengan jangkauan nasional maupun  regional. 

Maskapai yang berdiri pada 10 November 2003 ini telah berhasil mencapai target-target yang dikemas dalam misi dan visinya.

Adapun visi dan misi dari Sriwijaya Air adalah mengedepankan layanan berkualitas, menjadi maskapai penerbangan yang mampu bersaing secara nasional maupun regional, siap berekspansi binis pada level dunia, mengadopsi teknologi terkini dan manajeman perusahaan yang efektif dan efesien, mengundang turis domestik dan internasional ke berbagai destinasi, serta untung secara bisnis.

Ada beberapa fakta unik mengenai Sriwijaya Air, antara lain :


1. Didirikan Secara Patungan dan Dimulai Dari Satu Pesawat

Perlu diketahui bahwa ada sejumlah orang dibalik pendirian maskapai penerbangan Sriwijaya Air ini, yakni Chandra Lie, Hendry Lie, Johannes Bunjamin, dan Andy Halim. Jadi, Sriwijaya Air lahir sebagai perusahaan swasta yang murni didirikan oleh empat sekawan ini. Awalnya Sriwijaya Air memulai usahanya dengan bermodalkan satu armada Boeing 737-200. 

Seiiring berjalannya waktu, Sriwijaya Air mulai berkembang dan menambah armadanya. Bahkan, pada saat itu Sriwijaya Air merupakan pemakai pesawat jenis Boeing 737-200 di dunia. 

Sriwijaya Air ini sendiri didirikan dengan tujuan untuk menyatukan seluruh kawasan Nusantara seperti keinginan raja Kerajaan Sriwijaya dahulu yang berasal dari kota Palembang. 


2. Langganan Pesawat Boeing

Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya bahwa maskapai penerbangan Sriwijaya dikenal sebagai maskapai penerbangan yang langganan menggunakan pesawat jenis Boeing. Setelah armada pertamanya Boeing 737-200 dipensiunkan, Sriwijaya Air memilih Boeing seri 737-800 New Generation (NG). Yang uniknya, untuk pembelian armada baru ini dibiayai oleh bank lokal Indonesia karena Sriwijaya Air dianggap sebagai aset bangsa dan negara Indonesia. 

Boeing 737-800 ini sendiri merupakan Varian 737NG yang paling populer dan sukses di dunia. Pengguna pertama yang menggunakan jenis pesawat yang satu ini adalah Hapag-LIyod Flug (sekarang TUIFLy).


3. Keselamatan Menjadi Prioritas Utama

Di dalam perkembangannya, Sriwijaya Air tetap selalu memprioritaskan keselamatan (safety is number one). Keselamatan menjadi segala-galanya dan prinsip dari Sriwjiaya Air untuk seluruh karyawan-karyawannya.


4. Didirikan Oleh Joko Widodo

Joko Widodo yang disini bukanlah Presiden Republik Indonesia saat ini. Melainkan salah satu dari beberapa tenaga ahli yang menjadi pionir berdirinya maskpai ini selain dari Suwarsono, Gabriella, Capt. Harwick L, Capt. Adil W, Supardi dan Capt. Kusnadi. 


5. Meraih Beberapa Penghargaan

Sekarang ini, Sriwijaya Air mempunyai puluhan Armada Boeing yang melayani rute, baik rute regional dan rute international lainnya. Kesuksesan ini bisa dilihat dengan mendapatkan beberapa penghargaan yang diraih oleh Sriwijaya Air.

Adapun beberapa penghargaan tersebut antara lain “Indonesia Service to Care Champion 2021”, “The Nielsen Indonesia : Superbrand 2012”, “Call Center Award 2012 (Category Airlines) : Service Excellent”, “Airlines Indonesia Terpavorit (2011), “Penerbangan Layanan Ekonomi Terfavorit.


Baca Juga
> Jasa publikasi di media nasional populer cuma Rp80.000,-
> Jual 100 followers Shopee dan Tokopedia cuma Rp9.000,-
Comment Policy: Berkomentarlah dengan bijak dan sesuai topik.
Buka Komentar
Tutup Komentar