--> Skip to main content

Mencegah dan Mengatasi Risiko Usaha dengan Asuransi Properti

Membangun dan menjalankan sebuah bisnis butuh ketelitian, keberanian serta pengelolaan dan strategi yang baik. Bagi Anda yang berkecimpung di dunia bisnis atau adalah seorang pelaku usaha, Anda pasti memahami bahwa bisnis juga sangat lekat dengan risikonya. Risiko usaha merupakan sebuah tindakan atau kejadian dalam kegiatan operasional usaha yang mungkin menimbulkan kerugian bagi pelaku bisnis atau bisnis itu sendiri.

Risiko usaha hadir dalam berbagai bentuk dan mungkin datang di saat yang paling tidak terduga.  Sebagai pelaku bisnis, sudah seharusnya Anda memahami risiko-risiko yang mungkin terjadi pada lini bisnis yang Anda jalankan. Dan, sudah sepatutnya juga Anda memahami cara mengatasi risiko usaha tersebut.


Melindungi Bisnis dari Risiko Usaha

Umumnya, pencegahan risiko usaha dapat dilakukan dengan berbagai cara, misalnya sistem manajemen risiko dalam perusahaan dan upaya strategis lainnya yang direncanakan di setiap kegiatan operasi perusahaan. Selain upaya-upaya di atas, risiko usaha juga dapat diatasi dan dicegah dengan upaya preventif menggunakan asuransi. Bagi pemilik bisnis dan pelaku usaha, produk asuransi yang paling tepat untuk dimiliki adalah asuransi properti. Asuransi properti umumnya memberikan perlindungan seluruh aset dan harta benda yang dimiliki seperti tempat tinggal, gedung kantor, perabotan ataupun barang elektronik, hingga alat-alat penunjang operasional bisnis seperti alat berat, kendaraan dinas dari kerusakan dan bentuk kerugian lainnya. 

Asuransi ini biasanya terbagi menjadi dua jenis, yaitu asuransi atas kebakaran dan asuransi seluruh risiko terhadap properti dan harta benda lainnya (all risk). Dengan memiliki asuransi ini, Anda dapat meminimalkan risiko kerugian akibat segala hal-hal yang tidak diinginkan. Berikut beberapa alasan dibalik pentingnya memiliki asuransi properti harta:


1. Memberikan Perlindungan Aset Terbaik

Properti memiliki nilai investasi yang sangat tinggi dan berjangka panjang. Asuransi ini memberikan proteksi penuh terhadap aset dan barang berharga yang Anda miliki. Selain itu, asuransi ini juga dapat melindungi Anda dari kerugian besar secara finansial apabila terjadi sesuatu dengan aset Anda.


2. Penggantian Kerugian

Selain perlindungan, Anda juga akan mendapatkan penggantian dari kerugian yang Anda derita. Misalnya, jika terjadi kehilangan atau kerusakan pada aset yang dimiliki, perusahaan asuransi akan menggantikan aset tersebut dengan nilai yang sesuai.


3. Menjamin Stabilitas Finansial

Apabila sesuatu terjadi dengan aset yang Anda miliki, salah satu hal yang paling terkena imbasnya adalah kondisi finansial. Dengan asuransi harta, tentunya kondisi finansial Anda akan lebih stabil, mengingat apabila terdapat kerugian akibat suatu kerusakan atau kehilangan akan segera digantikan.


Manfaat Asuransi Harta dari AXA Mandiri Property

Setelah mengetahui lebih jauh mengenai pentingnya memiliki asuransi properti untuk keamanan dan kelangsungan jangka panjang usaha, sudah saatnya Anda memberikan perlindungan ekstra pada aset berharga dan properti yang Anda miliki. Dengan AXA Mandiri Property, berikut beberapa manfaat yang bisa Anda terima.

AXA Mandiri Property akan memberikan perlindungan terhadap barang-barang berharga yang Anda miliki, seperti perlindungan harta benda dan properti jika terjadi kerusakan akibat tersambar petir, kebakaran, asap, bencana alam, kejatuhan pesawat dan ledakan. Sehingga, Anda tidak perlu cemas apabila kejadian-kejadian tersebut menimpa lokasi usaha, toko, gedung tempat kegiatan operasi bisnis Anda berjalan.

Produk asuransi ini juga memberikan perlindungan terhadap kehilangan dokumen penting, termasuk pencurian dan perampokan barang berharga Anda. Tidak tanggung-tanggung asuransi ini juga menjamin perlindungan barang-barang pribadi Anda seperti uang, kartu kredit, ponsel, laptop, serta barang elektronik penunjang usaha lainnya. 

Bagi Anda yang bergerak di bidang tambang dan manufaktur, AXA Mandiri Property juga memiliki produk asuransi untuk alat berat. Asuransi ini memberikan perlindungan atas alat-alat berat penunjang bisnis, dengan pilihan All risks atau Total Loss Only (TLO). Adapun alat berat yang dapat diasuransikan termasuk Forklift, Tractor, Wheel Loader, Excavator, Dump Truck dan masih banyak lagi. 

Memiliki asuransi sejak awal merupakan langkah yang baik untuk mencegah apa pun yang terjadi di masa depan. Asuransi properti merupakan produk asuransi yang wajib untuk Anda miliki, apalagi jika Anda sebagai pelaku usaha memiliki banyak aset dan properti penunjang bisnis untuk dilindungi. Melalui AXA Mandiri Property, Anda tidak perlu khawatir dengan perlindungan aset berharga yang Anda miliki. 


Baca Juga
> Opini Kami Mengenai Sisi Gelap Bisnis Online di Era Sekarang