--> Skip to main content

Mengenal Berbagai Jenis Buah Berry, Si Mungil Manis yang Kaya Manfaat

Siapa yang tidak kenal dengan buah berry. Buah dengan tampilan manis, banyak jenisnya dan pastinya memiliki banyak manfaat untuk kesehatan ini adalah satu dari sekian banyak jenis buah yang menjadi favorit setiap orang. Kandungan yang paling banyak terkandung di dalam jenis buah-buahan berry ini adalah antoksidan yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit. Ada pula kandungan berbagai vitamin di dalamnya.


Macam-macam buah berry


Macam-Macam Buah Berry, Kandungan dan Manfaatnya

Seperti yang sudah sedikit disinggung tadi, buah berry-berryan ini ada banyak jenisnya. Kebanyakan jenisnya memiliki ciri khas rasa asam manis yang kuat dan segar sehingga cocok untuk dikonsumsi secara langsung. Ada pula yang dimanfaatkan dengan diolah kembali menjadi berbagai produk olahan seperti selai dan lainnya. Nah, untuk itu, mari mengenal berbagai jenis buah berry yang kaya akan manfaat ini. 


1. Strawberry 

Ini adalah jenis buah beri-berian yang mungkin paling familiar bagi masyarakat. Jenis berry satu ini memiliki cita rasa khas, yaitu perpaduan antara rasa manis dan asam yang menyegarkan. Buah berwarna merah dengan bintik-bintik putih di seluruh permukaannya ini kaya akan Vitamin C. 

Selain vitamin C, buah strawberry ini juga mengandung serat, antioksidan asam folat. Kandungan ini memberikan manfaat untuk mengelola kadar gula darah, menurunkan kolesterol dan tekanan darah tinggi serta melawan efek penuaan yang terjadi pada otak. 


2. Blueberry 

Jenis buah berry berikutnya adalah blueberry. Buah yang berwarna kebiruan ini sering disebut sebagai ‘super fruit’. Blueberry memiliki kandungan Vitamin C dan K dalam jumlah yang cukup besar. Manfaatnya adalah untuk menjaga daya tahan tubuh. Sama seperti buah beri-berian lainnya, blueberry juga mengandung antioksidan dengan kadar yang cukup tinggi yang berperan menangkal radikal bebas. Blueberry ini juga memiliki kandungan gula yang lebih rendah dibandingkan jenis berry lain, sehingga aman dan baik untuk dikonsumsi bahkan oleh penderita masalah gula darah. 


3. Goji Berry 

Dibandingkan dengan jenis buah berry sebelumnya, goji berry mungkin masih belum terlalu familiar. Meski demikian kandungan dan manfaat yang diberikan tidak bisa dianggap remeh. Buah ini umumnya ditemukan dalam bentuk sudah dikeringkan. Kandungan yang ada di dalamnya antara lain Vitamin B kompleks yang bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Sayangnya, buah ini tidak disarankan untuk dikonsumsi oleh ibu hamil dan menyusui. 


4. Raspberry 

Satu lagi jenis buah beri-berian yang cukup familiar adalah raspberry. Buah ini memiliki cita rasa manis yang menyegarkan. Umumnya bisa didapatkan saat sudah masuk musim panas. Buah ini banyak mengandung vitamin dan mineral. Tak hanya itu, kandungan kalorinya yang rendah juga menjadikan buah ini cocok untuk dikonsumsi Anda yang sedang diet. 


5. Blackcurrant 

Meskipun pada namanya tidak ada unsur berrynya, blackcurrant ini juga termasuk salah satu jenis buah berry dan cukup populer. Rasa buahnya manis dan menyegarkan dengan kandungan Vitamin C yang tinggi. Kandungan lain yang ada pada buah ini adalah antioksidan dan antosianin yang bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, mencegah timbulnya peradangan dan meredakan gejala flu. 


Nah, sekarang Anda sudah tahu bukan ada banyak jenis buah berry dengan kandungan yang juga beragam serta manfaat yang begitu besar untuk kesehatan tubuh. Selain 5 jenis buah berry yang sudah dijelaskan di atas, masih ada beberapa jenis lagi yang populer dan memiliki manfaat tak kalah besar. Jadi, jenis berry mana yang menjadi favorit Anda?


Baca Juga
> Opini Kami Mengenai Sisi Gelap Bisnis Online di Era Sekarang