--> Skip to main content

Pengertian Dan Cara Aktivasi BRIVA

Saat melakukan pembayaran online melalui e-commerce melalui bank BRI, maka yang harus dibutuhkan yaitu nomor virtual account. Dengan nomor virtual account ini proses pembayaran akan berlangsung secara otomatis dan tidak perlu lagi mengirim bukti pembayaran. 

Virtual account ini sangat penting bagi setiap pelaku bisnis, entah itu untuk perorangan maupun instasi / perusahaan. Meski telah banyak orang yang telah mengetahui pembayaran dengan virtual account, sangat disayangkan, sistem BRI Virtual Account diabaikan. 

Padahal sistem pembayaran sangat valid. Selain itu dengan ini semua rasa kepercayaan konsumen sangat tinggi dan merasa penipuan melalui bisnis online menjadi berkurang.


Pengertian Virtual Account 

VA / virtual account yaitu suatu nomor identifikasi yang dikeluarkan oleh instasi bank sesuai dengan permintaan perusahaan. Tujuan dari nomor VA dapat digunakan sebagai nomor tujuan penerimaan. Setiap setoran / pemasukan akan dibukukan secara otomatis oleh sistem bank ke rekening utama. 

Biasanya nomor VA jauh lebih panjang daripada nomor rekening biasa. Dalam nomor VA terdapat kode merchant serta sub merchant. Kode ini yang akan digunakan untuk melakukan pembayaran. 


Cara Aktivitivasi BRIVA 

Proses aktivasi BRIVA tidak dapat dilakukan secara instant / sekali jadi. Biasanya waktu yang dibutuhkan untuk pembuatan nomor virtual akun BRI membutuhkan waktu selama ±3 – 7 hari kerja. Selain itu ada biaya registrasi yang dikenakan sebesar 100.000 IDR. 

Proses registrasi BRIVA dapat dilakukan melalui kantor cabang bank BRI terdekat / akses internet. Untuk aktivasi melalui internet yaitu sebagai berikut ini :

1. Buka brower pada smartphone / komputer. 

2. Ketik alamat http://klikmbc.co.id/. Buatlah akun klick MBC terlebih dahulu. 

3. Setelah membuat akun klick MBC, kunjungi alamat http://transaksi.klikmbc.co.id/briva. 

4. Pada bagian pertama ialah form akun BRIVA. Lengkapi form sesuai dengan nama bisnis kamu. 

5. Pada bagian kedua yaitu form akun klick MBC, masukan ulang usernama dan password klick MBC kamu. 

6. Lalu klick order biaya dan lakukan pembayaran sesuai dengan ketentuan. 

7. Tunggu selama beberapa hari hingga mendapat konfirmasi nomor BRIVA kamu. 


Itulah pengertian dan cara aktivasi nomor virtual akun bank BRI. Manfaat fitur VA ini untuk kembangan bisnis kamu dengan membuat rekening di BRI. 


Baca Juga
> Opini Kami Mengenai Sisi Gelap Bisnis Online di Era Sekarang