--> Skip to main content

Pentingnya Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut selama Pandemi

Selain menjaga kebersihan tangan, ternyata kebersihan gigi dan mulut harus tetap diperhatikan di masa pandemi. Pasalnya, mulut bisa menjadi sarana penularan bakteri dan virus. Untuk itu, menjaga kesehatan gigi dan mulut, meski sudah memiliki asuransi kesehatan syariah terbaik, juga penting untuk dilakukan. 

Secara umum, dokter gigi menyarankan untuk melakukan sikat gigi secara teratur dan menggunakan dental floss untuk mencegah kerusakan gigi. Selain itu, ada beberapa hal lain yang patut diperhatikan terkait perawatan kesehatan gigi, yaitu:



1. Makanan yang Dikonsumsi

You are what you eat. Pepatah lama ini juga berlaku dengan kondisi kesehatan gigi dan mulut. Sebisa mungkin, hindari ngemil berlebihan. Pasalnya, makanan yang bertepung dapat melarutkan (mengikis) permukaan gigi. Jika gigi terlalu banyak terpapar makanan dengan kandungan asam, gigi bisa menjadi semakin lemah. 


2. Selalu Menyikat Gigi

Tidak hanya melakukan 3M dan membersihkan seluruh tubuh setelah beraktivitas di luar rumah, selalu ingat juga untuk menyikat gigi secara bersih dan menyeluruh. Lakukan juga perawatan terhadap sikat gigi agar tetap bersih saat digunakan, yaitu dengan merendamnya dengan cairan obat kumur dan campuran hidrogen peroksida.


3. Kumur-kumur

Ternyata, sikat gigi saja tidak cukup untuk membunuh bakteri, kuman, dan virus yang ada di mulut. Studi menunjukan bahwa gigi merupakan 25% dari bagian mulut dan sikat gigi hanya membantu sekitar 30-53% dalam upaya menjaganya dari plak. Dikutip dari laman CNN Indonesia, PDGI merekomendasikan untuk kumur-kumur dalam perawatan mulut sehari-hari. Gunakan obat kumur dengan antiseptik setelah sikat gigi.


4. Mengunakan Masker

Selain perawatan dari dalam, selalu menggunakan masker ketika beraktivitas di luar rumah. Menurut WHO, setiap orang yang berada di wilayah dengan virus corona harus menggunakan masker. Sebab, masker dapat melindungi rongga mulut dari polusi dan paparan kuman juga virus. Ganti masker setelah empat jam atau apabila sudah basah


5. Periksa Kondisi Gigi

Periksakan kondisi gigi dan mulut setiap 6 bulan sekali ke dokter gigi. Namun, ketika masa pandemi seperti ini, hal tersebut bisa dilakukan melalui telemedis atau secara online. Jika dirasa ada permasalahan urgent di gigi dan mulut yang mengharuskan kunjungan ke dokter gigi, jangan lupa untuk menerapkan protokol kesehatan yang ketat dengan APD yang lengkap.


Nah, ternyata tidak hanya kesehatan tubuh, kesehatan gigi dan mulut juga patut diperhatikan dalam masa pandemi ini. Semoga artikel ini bermanfaat, ya!


Baca Juga
> Opini Kami Mengenai Sisi Gelap Bisnis Online di Era Sekarang
Newest Post