--> Skip to main content

  

Bagaimana Cara Membeli Reksadana untuk Pemula?

Reksadana merupakan salah satu bentuk investasi yang sangat baik untuk investor pemula. Oleh karena sifatnya yang low risk atau rendah resiko, maka investasi kamu di reksadana memiliki kemungkinan kecil untuk jatuh. Namun, masih banyak orang yang belum mengetahui tentang bagaimana cara membeli reksadana yang legal dan resmi?


tips cara simpel membeli reksadana pemula
Bagaimana cara membeli reksa dana?


Menentukan Strategi Investasi

Strategi investasi merupakan penentu utama dalam berinvestasi. Kamu dapat belajar mengenai strategi investasi melalui teman-teman, artikel, bahkan berguru pada pemegang saham yang sudah sukses.

Dengan menentukan strategi yang baik, maka kamu dapat mengefisienkan pengeluaran dan juga meningkatkan pendapatan yang akan kamu raih di kemudian hari.

Selain itu, fungsi dari strategi investasi ialah untuk mencegah kerugian dan juga sebagai rencana cadangan ketika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan. Walaupun kadang tidak semua strategi dapat berjalan lancar, namun kamu perlu memikirkan berbagai strategi sebagai awal langkah membeli reksadana.


Menentukan Jangka Waktu Investasi

Jangka waktu investasi dapat berbeda bagi setiap orang yang akan bermain dengan reksadana. Dengan memahami cara yang tepat untuk menentukan jangka waktu, maka kamu akan dengan mudah menentukan bagaimana cara membeli reksadana yang sesuai dengan kebutuhan kamu.

Beberapa hal yang perlu dipahami dalam memilih jangka waktu untuk investasi kamu dapat berbentuk seperti jenis reksadana, ketersediaan dana dan juga strategi yang kamu gunakan dalam investasi yang akan kamu gunakan.

Dengan menentukan jangka waktu, maka kamu dapat melihat prospek keuntungan yang dapat kamu raup dalam reksadana yang kamu pilih.


Memahami Prospektus Reksadana

Memahami prospektus reksadana tentunya bukan hal yang mudah. Beberapa investor pemula cukup mengalami kesulitan dalam memahami hal ini. Tentunya sebelum kamu memikirkan bagaimana cara membeli reksadana yang akan kamu gunakan, kamu perlu untuk belajar lebih lanjut mengenai prospektis reksadana yang akan kamu ambil.

Faktor sederhana yang dapat kamu lihat dalam memahami prospektus ini ialah penyedia reksadana harus mendapat izin dari OJK. Selain itu, kamu juga harus melihat kredibilitas dari manajer investasi yang mengatur alur reksadana kamu. hal ini akan berdampak besar pada besar keuntungan yang akan kamu dapatkan.


Memilih Platform Investasi

Kamu dapat memilih platform investasi baik yang offline maupun online. Kamu dapat berkunjung ke bank yang kamu percaya seperti bank BCA, bank BRI, bank Mandiri dan bank-bank lainnya untuk membeli reksadana.

Kamu juga dapat memilih beberapa platform online yang dapat dilihat di appstore ataupun google play. Tentu saja dalam memilih harus disertai dengan kehati-hatian karena masih ada beberapa layanan yang menyediakan reksadana namun belum lulus dari OJK.

Hal ini menjadi langkah terakhir dalam bagaimana cara membeli reksadana yang baik dan benar.


Baca juga:

Cara investasi reksadana di Bibit bagi pemula


Baca Juga
> Jasa publikasi di media nasional populer cuma Rp80.000,-
> Jual 100 followers Shopee dan Tokopedia cuma Rp9.000,-
Comment Policy: Berkomentarlah dengan bijak dan sesuai topik.
Buka Komentar
Tutup Komentar