--> Skip to main content

Cara Jual / Mencairkan / Tarik Reksadana di Bibit dan Lama Pencairan

Tujuan kamu investasi reksadana tidak lepas untuk dicairkan baik itu untuk kebutuhan pribadi maupun kebutuhan mendesak. Jika kamu rajin investasi di aplikasi Bibit berarti kamu juga wajib tahu, bagaimana cara jual / mencairkan / tarik reksadana di Bibit. Selain itu, pencairan reksadana tidak bisa langsung masuk rekening saat itu juga. Nah, berikut ini adalah cara dan lama proses pencairan reksadana di Bibit.


cara menarik reksa dana di bibit secara simpel
Bagaimana cara menjual Reksa dana di Bibit?


Cara Jual / Mencairkan / Tarik Reksadana di Bibit Tanpa Ribet


Masuk ke akun dan menu portofolio

Cara jual/ mencairkan/ tarik reksadana di Bibit yang pertama yaitu membuka aplikasi Bibit terlebih dahulu. Kemudian pilih menu portofolio, pada menu tersebut terdapat informasi tentang dana yang kamu tabung selama ini baik itu dana pensiun atau tabungan darurat. 


Pilih dana yang akan dijual 

Pilih dana mana yang ingin kamu jual, pikirkan dengan matang sebelum menjualnya. Jika kamu membutuhkan dana yang banyak ada baiknya menjual dana saat imbal hasil naik sekian persen agar keuntungan yang didapat juga berlipat ganda.

Jika sudah, maka kamu bisa klik ‘jual’. Kemudian halaman akan berganti dan kamu bisa menentukan banyak unit yang akan dilepaskan. 


Tentukan jumlah yang akan dijual

Setelah menyetujui penjualan, biasanya akan muncul pemberitahuan tentang harga reksadana, durasi pencairan reksadana serta biaya transfer ke antar bank. Bagian tersebut merupakan yang terpenting pada cara jual/ mencairkan/ tarik reksadana di Bibit. Oleh sebab itu, kamu harus membaca dan memahaminya dengan baik dan jika sudah kamu bisa klik ‘saya mengerti’.

Masukkan nominal dana yang ingin dicairkan sesuai dengan keinginan dan klik ‘jual’. Setelah itu, akan muncul informasi pencairan dan biaya transfer antar bank.

Jika menggunakan transfer antar bank maka kamu dikenakan tarif transfer. Sedangkan jika menggunakan bibit atau bank yang sama dengan penampung maka tidak ada biaya transfer. Lalu centang penyataan dan klik tombol ‘jual’.


Masukkan PIN

Untuk mengamankan proses transaksi, kemudian kamu harus memasukkan PIN. Setelah diisi dengan benar klik ‘confirm’ atau konfirmasi. 


Langkah penjualan selesai

Proses penjualan selesai dan kamu bisa klik tombol bagian bawah ‘kembali ke dashboard utama’. agar kamu dialihkan ke halaman awal. Jika kamu ingin melihat status terkini penjualan reksadana, bisa memilih menu ‘status order’.

Kamu bisa menunggu sampai dana yang dijual tersebut masuk ke rekening, selambat-lambatnya 7 hari pada hari kerja setelah proses penjualan. Namun sepat tidaknya proses pencairan tergantung investor.

Ketentuan tersebut sudah diberikan karena dana yang dijual harus diproses oleh OJK terlebih dahulu.


Baca juga:

Lantas, bagaimana cara investasi Reksadana di Bibit?


Di balik cara mencairkan reksadana di Bibit di atas, yang tidak kalah penting adalah memasukkan nominal dan data yang benar agar tidak terjadi kekeliruan.

Semoga informasi di atas dapat memudahkan dan membantu kamu!


Baca Juga
> Opini Kami Mengenai Sisi Gelap Bisnis Online di Era Sekarang