--> Skip to main content

Cara Kerja Reksadana Secara Umum

Berinvestasi merupakan salah satu cara mendapatkan keuntungan yang cukup besar. Reksadana berfokus pada kinerja dari Manajer Investasi. Ia akan membantu kamu mengatur segala keuangan yang telah kamu percayakan dengan sangat bertanggung jawab. Manajer Investasi ini akan menjelaskan cara kerja reksadana dan juga membawakan kamu keuntungan yang besar pada setiap periodenya.


bagaimana cara main kerja reksa dana umum
Bagaimana sih cara kerja reksa dana?


Berikut ini Cara Kerja Reksadana Secara Umum


Manajer Investasi Menghimpun Dana dari Investor

Manajer investasi merupakan orang yang bertanggung jawab penuh pada seluruh keuangan kamu. Ia juga bertanggung jawab untuk mengelola atau mengatur setiap dana yang dipercayakan padanya oleh investor. 

Manajer Investasi juga bertugas untuk mengatur strategi untuk mengumpulkan dana dari investor agar dapat ditempatkan pada berbagai bentuk investasi.

Manajer Investasi akan meyakinkan bahwa ia akan mengelola dana yang kamu percayakan dengan baik dan membawakan keuntungan dari investasi yang dikelolanya.

Kamu akan mendapatkan laporan keuangan secara detail dari Manajer Investasi. Hal ini merupakan kewajiban utama Manajer Investasi. Dengan laporan ini ia akan membuktikan portofolionya kepada calon investor.


Investor Menanam Dana pada Reksadana

Di tahap ini merupakan tahap permulaan dari seluruh kinerja dari reksadana. Kamu hanya perlu menyuntikkan dana sejumlah yang diinginkan pada Manajer Investasi.

Kamu perlu mengisi beberapa data yang diperlukan untuk keperluan kontrak dan juga beberapa persetujuan yang perlu diketahui. Di tahap ini kamu memerlukan kepercayaan penuh pada Manajer Investasi.

Pada tahap ini kamu juga akan dijelaskan secara rinci mengenai cara kerja reksadana secara langsung oleh teller bank, ataupun oleh manajer investasi yang kamu percayakan. Di bagian ini kamu harus menyimak mengenai hal apa saja yang menjadi hak maupun kewajiban kamu.


Dana Ditanam kembali pada Instrumen Investasi

Pada bagian ini, sesuai dengan cara kerja reksadana, Manajer Investasi akan menyalurkan dana investasi kamu pada berbagai instrumen investasi. Instrumen ini dapat berupa pasar uang, saham ataupun obligasi dengan kondisi yang tentunya cocok dengan apa yang diinginkan oleh investor. 

Hal ini tentunya dipertimbangkan dengan baik oleh Manajer Investasi dan dilakukan dengan prosedur di perusahaan. Tentunya prosedur ini telah mencakup persetujuan kamu mengenai pasar uang sesuai dengan kesepakatan awal di saat perjanjian investasi. 

Setelah dana diserahkan pada pasar uang, maka sejak saat itu manajer investasi kepercayaan kamu akan terus memantau pergerakan dari grafik reksadana. Manajer Investasi akan mengabari kamu jika terdapat hal-hal diluar dari perencanaan awal dari Manajer Investasi yang bertanggung jawab. Tentunya hal ini akan membuat investasi kamu lebih aman.


Investor Menerima Laporan Investasi

Laporan investasi merupakan laporan yang dibuat oleh Manajer Investasi seperti yang dijanjikan pada cara kerja reksadana sesuai dengan SOP yang ada pada setiap bulannya.

Selain menjadi portofolio yang baik, laporan ini juga menjadi penentu dalam langkah selanjutnya yang akan kamu ambil pada reksadana kamu.


Baca juga:

Cara mudah membeli Reksadana untuk pemula


Baca Juga
> Opini Kami Mengenai Sisi Gelap Bisnis Online di Era Sekarang