--> Skip to main content

  

Cara Mengatasi Diare Pada Ibu Hamil yang Aman


Diare merupakan salah satu jenis gangguan kesehatan yang bisa dan mungkin dialami oleh siapa saja termasuk salah satunya adalah ibu hamil. Apabila seorang ibu hamil terserang diare maka harus segera mendapatkan pertolongan medis karena jika tidak maka bisa sangat berbahaya untuk perkembangan janin mereka yang ada di dalam kandungan. Tidak hanya menyebabkan masalah pada janin yang ada di dalam kandungan saja, namun juga bisa membahayakan kesehatan dan nyawa ibu jika sampai terjadi dehidrasi karena diare oleh ibu hamil. 



Lalu bagaimana cara mengatasi diare pada ibu hamil yang aman dan tidak berbahaya? Karena memang pada dasarnya bagi seorang ibu hamil sangat tidak disarankan untuk mengkonsumsi sembarang obat karena ditakutkan efeknya bisa terjadi pada bayi yang ada di dalam kandungan. Kita tidak akan ada yang pernah tahu dengan efek samping yang akan ditimbulkan oleh obat generic atau obat herbal sekalipun bagi tubuh kita jika kita tidak konsultasi dengan dokter. Untuk itu, hati-hati dan jangan sembrono. 

Ibu hamil dengan keluhan diare memang harus segera diberikan pertolongan medis supaya tidak semakin buruk kondisinya. Untuk penyebab diare yang terjadi pada ibu hamil disebabkan oleh adanya banyak faktor dan gangguan. Misalnya adalah seperti adanya gangguan perubahan pada hormone ibu, stress dan juga bisa karena pola makan. Untuk gejalanya pasti akan sangat berbeda-beda dan terdapat beberapa kasus yang cepat dan kadang juga akan yang lebih lama. Untuk itu, sebagai tindakan pencegahan yang tepat, berikut ini adalah caranya: 


● Minum air yang cukup 

Pertama yang harus dilakukan oleh ibu hamil saat mengalami diare adalah dengan minum air yang cukup. Karena jika mengalami buang air secara terus menerus maka tubuh bisa mengalami kekurangan air dan nantinya akan berdampak pada dehidrasi pada ibu hamil. Jika sudah terjadi dehidrasi maka tubuh akan sangat lemas dan ibu tidak memiliki tenaga. Kondisi seperti ini sangat berbahaya dan harus segera mendapatkan pertolongan kesehatan supaya bayi yang ada di dalam kandungan tidak bermasalah. 


● Konsumsi suplemen makanan 

Selain banyak konsumsi cairan untuk mencegah dehidrasi maka langkah selanjutnya yang bisa dilakukan oleh ibu hamil adalah dengan konsumsi makanan atau suplemen supaya tubuh tetap memiliki tenaga. Atau selain itu Anda juga bisa konsumsi probiotik yang merupakan salah satu jenis bakteri yang sangat baik untuk tubuh dan akan berfungsi untuk membantu dalam membunuh bakteri yang ada di dalam usus sehingga diare bisa segera sembuh. dan saluran pencernaan bisa normal kembali. 


● Hindari beberapa makanan 

Selanjutnya adalah supaya ibu hamil bisa terbebas dari yang namanya diare adalah dengan menghindari beberapa jenis makanan yang justru juga bisa menjadi salah satu pemicu diare tidak kunjung sembuh. beberapa makanan yang wajib dihindari adalah seperti makanan yang terlalu pedas dan berlemak serta jangan lupa juga untuk menghindari makanan yang banyak mengandung santan. Makanan-makanan tersebut tidak bagus untuk kesehatan. 


Dari penjelasan di atas, Anda pasti sudah paham kira-kira apa saja cara mengobati diare yang ampuh dan tanpa perlu bingung untuk membeli dan konsumsi obat-obatan yang dijual bebas di apotek. Apabila memang sudah sangat terpaksa untuk membeli dan konsumsi obat-obatan maka jangan lupa untuk konsultasikan dengan dokter. Supaya Anda juga tahu mana kira-kira resep obat yang aman untuk ibu hamil.


Baca Juga
> Daftar situs penyedia dropship terpercaya di Indonesia dan mancanegara
> Jasa publikasi di media nasional populer cuma Rp80.000,-
Comment Policy: Berkomentarlah dengan bijak dan sesuai topik.
Buka Komentar
Tutup Komentar