--> Skip to main content

  

Ketahui Lebih Jauh, Lebih Bagus Reksadana Atau Saham?

Tidak bisa dipungkiri bahwa dari tahun ke tahun kebutuhan memang semakin melonjak. Hal ini menuntut kamu sebagai masyarakat untuk senantiasa berhemat dan menabung untuk masa depan. Perlu kamu tahu bahwa investasi adalah salah satu trik untuk bisa menaikkan pemasukan di masa depan. Ada banyak sekali cara investasi, namun kini mulai timbul pertanyaan mana lebih bagus Reksadana atau saham? Berikut ulasannya.


reksadana vs saham lebih bagus yang mana
Reksadana vs Saham, mana yang lebih bagus?


Ketahui Mana Lebih Bagus Reksadana Atau Saham?


1. Perbedaan mendasar reksadana dan saham

Hal pertama yang perlu kamu tahu adalah teknisnya dulu. Jadi, saat kamu memilih untuk investasi saham maka artinya kamu punya bagian tertentu di perusahaan. Dan perkembangan keuntungan yang didapatkan akan diberikan setiap tahunnya. Sedangkan reksadana sangat bergantung dengan jenis reksadana yang dibeli.


2. Waktu yang diperlukan untuk mendapatkan hasil investasi

Untuk tahu mana lebih bagus Reksadana atau saham selanjutnya adalah dengan mengetahui jangka waktu yang diperlukan. Jika kamu memilih investasi saham, maka sebagai investor harus paham dulu mengenai dokumen keuangan perusahaan. 

Selain itu, kamu juga dituntut paham bagaimana pengelolaan perusahaan tersebut. Hal ini tentunya membutuhkan waktu yang cukup lama.

Sedangkan untuk jenis investasi reksadana kamu tidak perlu dibingungkan dengan dokumen yang harus dipelajari.

Sebab kamu hanya perlu memilih jenis reksadana seperti apa yang menarik minat kamu. Selanjutnya akan ada risiko yang juga akan kamu tanggung sesuai dengan jenis reksadana. Selain itu, reksadana juga dikelola oleh manager investasi yang pastinya sangat berpengalaman di bidangnya.


3. Tingkat pengembalian untuk investor

Tahukah kamu bahwa dalam perhitungan pengembalian antara Reksadana dan saham sangatlah berbeda. Jika kamu melakukan investasi saham maka resiko yang harus diambil cukup tinggi. Oleh karenanya pengembalian dana juga sangat besar.

Sedangkan saat kamu memilih reksadana, maka investasi tersebut cenderung lebih aman karena akan dikelola oleh manager investasi. Namun, pengembalian dana yang didapatkan tidak sebesar saham. Semua bergantung pada manager, mulai dari produk investasi sampai presentase yang akan didapatkan.


4. Pilih investasi yang sesuai dengan keinginan kamu

Ketika kamu sudah tahu mana yang lebih bagus Reksadana atau saham maka apabila kamu termasuk orang yang percaya diri dalam artian bersedia mengambil resiko tinggi dan memahami bagaimana perusahaan tersebut berjalan. Maka kamu bisa memilih saham sebagai jenis investasi. 

Namun, jika kamu belum pernah melakukan investasi dan tidak paham betul bagaimana cara perusahaan berjalan. Apalagi dengan modal yang pas-pasan. Maka reksadana adalah pilihan yang tepat.


Berdasarkan teknis saham dan reksadana di atas, tentunya kamu semakin paham mana lebih bagus reksadana atau saham. Juga investasi yang tepat untuk kamu jalankan.


Baca juga:

Apakah kita bisa kaya dari investasi Reksadana?


Baca Juga
> Daftar situs penyedia dropship terpercaya di Indonesia dan mancanegara
> Jasa publikasi di media nasional populer cuma Rp80.000,-
Comment Policy: Berkomentarlah dengan bijak dan sesuai topik.
Buka Komentar
Tutup Komentar