--> Skip to main content

Penasaran? Apa Saja Jenis Produk Reksadana di Bareska?

Tak hanya mudah dan praktis untuk digunakan, aplikasi reksadana online, Bareska, ternyata juga memiliki produk dan jasa reksadana yang lengkap.

Apa saja jenis produk reksadana di Bareska tersebut? Berikut jenis produk reksadana yang terdapat di Bareska.


produk reksadana apa saja yang ada di bareksa
Produk-produk Reksadana di Bareksa


Simak Daftar Jenis Produk Reksadana di Bareska


1. Reksadana Indeks dan ETF

Reksadana Indeks merupakan kumpulan obligasi atau saham yang berada dalam naungan kriteria indeks yang sama. Kriteria indeks sendiri sengaja dibuat dengan standar kriteria dan acuan tertentu. 

Reksadana Indeks merupakan jenis reksadana yang berbeda dengan reksadana konvensional. Reksadana ini bertujuan untuk menghasilkan investasi sesuai dengan performa indeks acuan saham dan obligasinya. Dengan kata lain, reksadana ini memiliki target menyamakan performa dengan indeks acuan. 

Sedangkan ETF (Exchange Traded Fund) dapat juga diartikan sebagai investasi kontra yang bersifat kolektif. Reksadana tipe ini biasanya memiliki unit yang diperdagangkan di bursa efek. Maka tak heran jika produk dari ETF seperti saham-saham yang banyak diperjualbelikan di  bursa efek pada umumnya.


2. Reksadana Saham

Reksadana saham merupakan salah satu jenis reksadana yang cocok untuk investasi jangka panjang. Apa saja jenis produk reksadana saham ini?  Jenis output produk dari reksadana ini rata-rata dialokasikan pada efek saham atau pun surat hutang (hutang pasar). 

Reksadana saham juga dapat dikatakan sebagai reksadana bermata dua. Hal ini lantaran, jika mengalami keuntungan maka reksadana ini akan berbunga dengan nominal yang sangat tinggi. Akan tetapi saat perhitungan saham meleset ataupun tak sesuai dengan perkiraan, maka reksadana saham akan mengalami kerugian yang besar dibanding reksadana lainnya. 


3. Reksadana Pasar Uang

Reksadana pasar uang disebut juga sebagai salah satu jenis reksadana yang paling aman jika dibandingkan dengan reksadana lainnya. Periode pemasaran reksadana yang singkat , merupakan fungsi kontrol di reksadana ini sehingga perputaran uang tidak berlangsung terlalu lama.

Reksadana ini juga dikenal sebagai jenis reksadana dengan penempatan presentase sebesar 100 persen. Klaim 100 persen ini dapat dicapai dengan syarat obligasi jatuh tempo sebelum kurang dari satu tahun terakhir ataupun lewat deposito dan SBI (Sertifikasi Bank Indonesia). 


4. Reksadana Pendapatan Tetap

Secara garis besar, reksadana pendapatan tetap merupakan reksadana yang membagi penempatannya dalam skala 80:20. Sebanyak 80 persen dari reksadana ini merupakan suku bunga berbasis hutang ataupun obligasi. Sedangkan 20 persennya terletak di instrumen pasar uang lainnya. 


5. Reksadana Campuran

Memiliki nama lain hybrid funds. Reksadana campuran ternyata sangat cocok bagi investor yang bertipe agresif dan moderat. 

Apa saja jenis produk reksadana campuran?

Jenis dari reksadana ini di penuhi oleh gabungan obligasi surat hutang, pasar uang, dan juga gabungan saham. Pada reksadana campuran kombinasi antara hutang (obligasi)  dan saham (ekuitas) diatur supaya tidak melebihi 79 persen. 


Baca juga:

Ketahui cara menjual atau mentransfer Reksadana di Bareksa


Demikianlah, uraian diatas. Semoga dapat menjawab pertanyaan kamu terkait apa saja jenis produk reksadana?

Tentunya tipe reksadana yang baik adalah yang mudah dipahami, beresko kecil, serta mampu membawakan keuntungan maksimal.


Baca Juga
> Opini Kami Mengenai Sisi Gelap Bisnis Online di Era Sekarang