--> Skip to main content

  

Tahukah kamu, berikut beberapa negara peraih medali Olimpiade sepanjang masa!


Pada Olimpiade 2020 terbaru yang diselenggarakan di Jepang tepatnya di Tokyo kali ini memang cukup berbeda dengan Olimpiade pada tahun-tahun sebelumnya. Bagaimana tidak, Olimpiade tahun ini tidak akan dihadiri penonton secara langsung sebab dunia tengah dilanda Pandemi Covid-19.

Terlepas dari itu kita masih bisa menikmatinya dengan menonton secara online. Nah untuk meghibur kalian kali ini kami akan memberikan informasi seputar beberapa negara peraih medali terbanyak sepanjang sejarah. Untuk kalian yang penasaran, simak ulasannya sebagai berikut.



Amerika Serikat : 1.022 medali emas, 795 medali perak dan 705 medali perunggu.

Rusia :mendapat medali emas sebanyak 589, 486 medali perak, dan 481 medali perunggu.

Uni Soviet : 440 medali emas, 357 medali perak, dan 325 medali perunggu.

Jerman: 428 medali emas, 444 medali perak dan 474 medali perunggu. 

Inggris: 263 medali emas, 295 medali perak dan 293 medali perunggu.

China: 224 medali emas, 167 medali perak dan 155 medali perunggu. 

Prancis: 212 medali emas, 241 medali perak dan 263 medali perunggu. 

Italia: 206 medali emas, 178 medali perak dan 193 medali perunggu. Hongaria: 

175 medali emas, 147 medali perak dan 169 medali perunggu. 

Australia: 150 medali emas, 167 medali perak dan 190 medali perunggu.


Negara Adidaya yaitu Amerika Serikat dikenal sebagai negara peraih medali Olimpiade terbanyak sepanjang masa. Tercatat bahwa Amerika Serikat telah mengumpulkan sebanyak 1.022 medali emas, 795 medali perak, dan 705 medali perunggu. Amerika Serikat memang menjadi negara yang sukses dalam memenangkan hampir seluruh cabang olahraga dengan total medali yang didapatkan yaitu 2.500 medali yang didapat dari 27 cabang olahraga Olimpiade.

Saingannya yaitu negara China hanya mendapatkan peringkat keenam terbanyak meski sudah mengikuti 10 kali Olimpiade pada musim panas. Tidak bisa di diremehkan, Amerika Serikat memang unggul dalam hal olahraga Olimpiade.

Pada Olimpiade yang diselenggaraka pada tahun 2012 dan 2016 mencatat bahwa, rekor jumlah atlet yang berasal dari Afrika telah mewakili beberapa negara dengan penghasilan yang tinggi di Teluk Arab, khususnya atlet yang berasal dari Kenya dan Ethiopia dimana mereka bersaing untuk Bahrain.


Beralih pada negara-negara di bagian Eropa dan Anglophone, dimana mereka juga mendominasi table medali. Hal itu dikarenekan negara-negara tersebut memiliki penghasilan yang cukup untuk mengirim atlet-atlet di seluruh dunia, tentu saja keuangan sangat penting dalam menjamin keberhasilan para atlet.

Di tahun 1964 dimana Olimpiade tersebut diselenggarakan di Tokyo dan beberapa negara-negara seperti Afrika, Asia, dan Amerika latin. Negara-negara tersebut mengalami kesulitan keuangan dan logistik sebab tuan rumah tak pernah berpihak pada negara-negara tersebut. Alhasil mereka mengalami kesulitan keuangan dan logistik untuk mengirimi atlit dan mensuppply-nya.

Kesuliatan keuangan dan logistik menjadi permasalahan yang sangat serius dan membuat beberapa negara menolak undangan pada Olimpiade yang diselenggarakan tahun 1980-an. Hal itu juga menyebabkan terjadinya boikot dengan dipimpin oleh negara Amerika Serikat dalam Olimpiade Moskow di tahun 1980. Hal itu dilakukan bukan tanpa alasan melainkan, adanya invasi Soviet ke Afganistan. Boikot yang dipimpin oleh Amerika Serikat itu uga mempengaruhi perolehan medali tinggi Uni Soviet dan Jerman Timur sebab, kedua negara tersebut telah mengambil 60% dari semua medali emas yang ada.


Nah itulah beberapa informasi yang dapat kami sampaikan seputar beberpa negara pariah medali Olimpiade terbanyak sepanjang masa. Semoga informasi di atas dapat bermanfaat, terimakasih.


Baca Juga
> Jasa publikasi di media nasional populer cuma Rp80.000,-
> Jual 100 followers Shopee dan Tokopedia cuma Rp9.000,-
Comment Policy: Berkomentarlah dengan bijak dan sesuai topik.
Buka Komentar
Tutup Komentar