--> Skip to main content

  

3 Tips Menjaga Kesehatan Tulang di Usia 30 Tahun Ke Atas


Onlenpedia.com – Usia kepala 3 adalah sebuah “warning” untuk urusan menjaga kesehatan. Termasuk di dalamnya, menjaga kepadatan tulang – alias kadar kalsium – agar tidak menyebabkan osteoporosis.

Perlu anda ketahui, kekurangan kalsium dapat mengakibaktkan kepadatan tulang menurun (osteoporosis) yang jarang disadari. Umumnya kepadatan tulang menurun di usia 30 tahun ke atas. Sadari juga pentingnya suplemen kalsium untuk tulang yang sehat nanti.

Berikut ini beberapa tips jitu – untuk menjaga kepadatan tulang di usia 30 tahun ke atas.


tips menjaga kepadatan tulang
Image via Pixabay


Beberapa tips untuk anda agar bisa menjaga kesehatan tulang

Seiring bertambahnya umur, kepadatan tulang akan mulai berkurang. Sering muncul keluhan sakit di bagian pinggang, atau lutut menjadi salah satu pertanda – kalau kepadatan tulang mulai menurun.

Pemicunya tentu dalam hal pola makan, konsumsi alkohol hingga rokok, serta asupan gizi yang kurang – terutama vitamin D, kalsium, dan vitamin lainnya.

Langsung saja, berikut ini beberapa tips yang bisa anda lakukan demi kesehatan tulang anda, diantaranya:


1. Makan makanan bergizi

Sering-seringlah mengonsumsi makanan atau minuman yang mengandung kalsium dan juga vitamin D. Kedua zat tersebut sangat baik untuk menjaga kesehatan tulang anda.

Zat alami vitamin D dan kalsium bisa anda temukan pada daging  merah, susu, keju, yoghurt, ikan laut, kedelai, jamur, dan gandum.

Usahakan mengonsumsi makanan-makanan di atas secara rutin, tapi bukan berarti harus setiap hari. Apalagi sekaligus semuanya.

Cukup konsumsi beberapa diantaranya saja, yang sesuai dengan budget anda. Intinya asalkan ada asupan vitamin D dan kalsium yang masuk ke dalam tubuh anda. Daripada tidak ada sama sekali.


2. Rajin berolahraga agar tulang tidak “aus”

Olahraga alias gerak tubuh sangat bagus untuk kesehatan dan kepadatan tulang. Lihat saja, orang-orang yang kerap berolahraga – meski sudah tua – kesehatan tulangnya tetap terjaga.

Riset membuktikan anak-anak dan remaja yang sering melakukan gerak tubuh atau olahraga memiliki kepadatan tulang maksimal di tahap usia selanjutnya. Jadi meski usia anda masih tergolong muda, tidak ada salahnya untuk membiasakan rutin berolahraga.

Jika anda tidak sanggup olahraga yang berat, anda cukup menjalankan olahraga ringan seperti jalan pagi, bersepeda, main tenis meja, dan olahraga ringan lainnya.

Intinya asal bergerak, agar “engsel-engsel” tulang anda tetap padat dan berfungsi dengan baik.


3. Mengonsumsi suplemen kesehatan tulang? Kenapa tidak?

“Cara cepat / instan” untuk menjaga kepadatan tulang adalah, dengan mengonsumsi suplemen kesehatan tulang.

Mengapa demikian?

Jawabannya, karena suplemen dibuat dari zat “saripati”nya langsung. Sehingga kandungan zatnya lebih banyak daripada makanan yang dikonsumsi sehari-hari.

Mengonsumsi suplemen kalsium, vitamin D, dan zat lainnya yang mendukung kepadatan tulang bukanlah hal yang buruk. Terlebih jika anda tak memiliki waktu untuk menerapkan pola hidup sehat dan mengonsumsi makanan bernutrisi.

CDR Fortos adalah suplemen kalsium dan vitamin D yang diformulasikan  untuk membantu menjaga kesehatan dan kepadatan tulang. Selain itu, bisa juga dikonsumsi oleh wanita hamil yang ingin menambah asupan kalsium, untuk tulang maupun gigi.

Jadi, suplemen yang satu ini bisa menjadi pertimbangan untuk anda juga.


Nah itulah dia 3 tips jitu untuk menjaga kesehatan dan kepadatan tulang, terutama untuk anda yang berusia di atas 30 tahun.

Tapi tak ada salahnya juga sih, jika usia anda masih di bawah 30.

Toh rajin mengonsumsi makanan bernutrisi, serta menerapkan pola hidup sehat bukanlah hal yang buruk.

Hal itu justru sangat baik untuk “investasi” kesehatan tulang anda di masa yang akan datang.

Semoga bermanfaat ! (af)


Baca Juga
> Jasa publikasi di media nasional populer cuma Rp80.000,-
> Jual 100 followers Shopee dan Tokopedia cuma Rp9.000,-
Comment Policy: Berkomentarlah dengan bijak dan sesuai topik.
Buka Komentar
Tutup Komentar