--> Skip to main content

  

Berikut Isi Kandungan Surat Al Fil, Simak!



Sejak kecil tentu kita sudah diajarkan ilmu agama khususnya agama Islam, baik oleh orang tua mau pun guru di sekolah, bahkan guru mengaji. Namun kita sering sekali lupa bahwa surah-surah dalam Al Quran bukan hanya untuk dihafalkan melainkan juga diamalkan. Tentu saja jika tidak bisa mengamalkan semuanya maka kita mulai dari hal kecil terlebih dahulu.

Nah di kesempatan kali ini kami akan membahas seputar surat Al Fil, dimana kita akan membahas isi kandungan dalam surat tersebut. Maka dari itu, bagi kamu yang penasaran, simak ulasannya sebagai berikut.

Surat Al Fil merupakan surat ke-105 dalam Al Quran, dimana surat ini merupakan Makkiyah. Nah berikut ini bacaan surat Al Fil.


Surat Al Fil dan Terjemahan


1.a lam tara kaifa fa'ala rabbuka bi`aṣ-ḥābil-fīl

Artinya : Tidakkah engkau (Muhammad) perhatikan bagaimana Tuhanmu telah bertindak terhadap pasukan bergajah?


2. a lam yaj'al kaidahum fī taḍlīl

Artinya : Bukankah Dia telah menjadikan tipu daya mereka itu sia-sia?


3. wa arsala 'alaihim ṭairan abābīl

Artinya : dan Dia mengirimkan kepada mereka burung yang berbondong-bondong,


4. tarmīhim biḥijāratim min sijjīl

Artinya : yang melempari mereka dengan batu dari tanah liat yang dibakar,


5. fa ja'alahum ka'aṣfim ma`kụl

Artinya : sehingga mereka dijadikan-Nya seperti daun-daun yang dimakan (ulat).


Nah itulah bacaan dan terjemahan dari surat Al Fil, dimana surat ini dinamakan Al Fil yang memiliki arti yaitu gajah yang diambil dari ayat pertama pada surat tersebut. Surat Al Fil menceritakan tentang pasukan gajah yang dipimpin Abrahah untuk menghancurkan ka’bah/

Surat ini juga memiliki nama lain yaitu Surat Alam Tara, Artinya “apakah kamu tidak memperhatikan”. Nama tersebut juga diambil dari ayat pertama pada surat Al Fil.

Nah untuk penurunan surat ini sendiri diturunkan sesudah surat Al Kafirun, sebelum surat Al Falaq. Tetapi jika dalam urutan mushaf, maka Al Fil adalah surat ke-105 sebelum surat Quraisy. Hal itu dikarenakan surat tersebut berisi nikmat Allah kepada orang-orang Quraisy dan sebagaian ulama memiliki pendapat bahwa dua surat tersebut sesungguhnya satu kesatuan.


Kisah Surat Al Fil

Seperti yang sudah kami singgung sebelumnya bahwa, surat Al Fil mengisahkan tentang pasukan bergajah yang dipimpin oleh Abrahah, dimana Abrahah sendiri merupakan penguasa dari Yaman. Tujuan mereka yakni untuk menghancurkan Ka’bah dengan jumlah pasukan yang besar. Pasukan tersebut menaiki gajah, termasuk juga Abrahah dan gajah Abrahah merupakan gajah terbesar,

Tentunya pasukan bergajah tersebut bukanlah tandingan orang Arab, hingga orang-orang Arab tidak berani untuk melawannya. Mereka semua memutuskan untuk menyelamatkan diri ke atas bukit guna menghindari pasukan gajah.

Beruntungnya sebelum memasuki Makkah, pasukan gajah yang dipimpin Abrahah dibinasakan oleh Allah dengan mengutus burung-burung yang membawa batu kerikil dari neraka. Siapa pun yang terkena batu tersebut, maka ia akan binasa layaknya daun yang dimakan ulat. Namun pemimpin dari pasukan tersebut yaitu Abrahah tidak langsung mati, melainkan menderita luka-luka terlebih dahulu hingga tewas ketika perjalanan pulang ke Yaman. Ia dibinasakan dengan cara yang hina oleh Allah SWT.


Nah itulah beberapa informasi yang dapat kami sampaikan seputar isi kandungan surat Al Fil. Bagaimana, menarik bukan? Semoga informasi di atas dapat bermanfaat dan menambah wawasan seputar agama Islam, terimakasih.


Baca Juga
> Daftar situs penyedia dropship terpercaya di Indonesia dan mancanegara
> Jasa publikasi di media nasional populer cuma Rp80.000,-
Comment Policy: Berkomentarlah dengan bijak dan sesuai topik.
Buka Komentar
Tutup Komentar