--> Skip to main content

  

Cara Membeli Baju Virtual di Metaverse, Biar Keren dan Kece !!


tutorial tips membeli pakaian virtual di metaverse
Bagaimana cara beli pakaian di metaverse?


Apakah sobat onlen ingin beli baju di metaverse?

Loh, emangnya bisa?

Ya bisa, lah. Masa engga bisa sih.

Lagian, pakaian di metaverse, keren-keren looh...


Baju atau clothing di metaverse

Sama halnya dengan di dunia nyata, di dunia virtual a.k.a metaverse - sobat onlen juga bisa membeli baju.

Bedanya, kalau baju di dunia nyata langsung bisa dipakai di tubuh -- kalau baju di metaverse justru akan digunakan oleh avatar sobat. Karena di "dunia ghaib" tersebut, perwakilan dari diri sobat adalah sebuah avatar. Jadi apapun yang sobat beli di sana, akan digunakan untuk keperluan avatar tersebut.


Cara membeli baju virtual di metaverse

Langsung sajai, saya akan menjelaskan tutorial cara membeli baju virtual di dunia metaverse. Untuk metaversenya sendiri ada 2, yaitu di Decentraland dan di Sandbox.

Kenapa tutorialnya cuma di Decentraland dan di Sandbox?

Seperti yang sudah saya jelaskan di artikel sebelum-sebelumnya, Decentraland dan Sandbox adalah "salah dua" dari dunia virtual -- alias metaverse -- yang perkembangannya paling cepat saat ini.

Jadi, untuk sementara -- tutorial membeli baju virtual yang saya paparkan kali ini hanya dari 2 dunia virtual tersebut, oke.




1. Cara membeli baju virtual yang digunakan di metaverse Decentraland

Untuk tutorial kali ini, saya ingin mengambil "jalur cepat" -- alias cara yang paling mudah. Yakni tutorial membeli baju virtual di Decentraland, melalui marketplace NFT terbesar di dunia -- yatu OpenSea.

OpenSea adalah tempat menjual NFT berupa karya seni maupun item-item virtual lainnya -- yang digunakan di metaverse. Dan Beruntungnya, baik official resmi Decentraland maupun official resmi The Sandbox -- sudah memiliki "lapak" di sana.

Jadi, OpenSea bisa dipercaya sebagai tempat membeli baju virtual -- yang nantinya dipergunakan di metaverse Decentraland dan The Sandbox.

Oke, langsung saja kita menuju tutorialnya:

- Pertama-tama, silahkan kunjungi website resmi OpenSea, di OpenSea<dot>io. Nantinya sobat akan menuju laman utama dari marketplace NFT tersebut.

- Selanjutnya, tulis di kolom pencarian paling atas berupa tulisan "Decentraland Wearables". Perlu sobat ketahui, "Decentraland Wearables" adalah "lapak" resmi Decentraland -- yang menjual item-item di dunia virtual tersebut. Ada centang biru yang berarti "verified" di samping nama lapaknya, membuktikan keaslian dari akun tersebut.

- Oke, kemudian sobat akan diarahkan ke halaman produk dari Decentraland Wearables.


- Silahkan scroll ke bawah untuk menemukan kolom pencarian yang lebih kecil -- yang ada di laman produk Decentraland Wearables.

- Selanjutnya, tuliskan di kolom pencarian tersebut dengan kata kunci "cloth", kemudian tekan enter

- Dan akan muncul berbagai baju virtual yang dijual oleh Decentraland Wearables, dan tentunya bisa dipergunakan di dunia virtual tersebut.

- Jika sobat ingin membelinya, silahkan langsung saja klik BUY NOW yang ada di bawah gambar produk.

- Jika tidak ada opsi BUY NOW, silahkan klik gambar produk, kemudian sobat akan diarahkan ke laman produk, selanjutnya klik MAKE OFFER atau Ajukan Penawaran.

- Oh iya, pastikan sobat sudah memiliki akun di OpenSea untuk bisa membeli baju virtual tersebut. Cara mendaftar di OpenSea, sobat onlen harus menginstall dompet MetaMask di browser Chrome milik sobat. Alurnya seperti ini, Install MetaMask, kemudian daftar MetaMask, kemudian Daftar di OpenSea, kemudian isi saldo MetaMask, dan terakhir beli baju virtual di OpenSea.

- Dan satu lagi, pastikan sobat sudah memiliki akun di Decentraland, agar bisa menggunakan baju virtual di metaverse tersebut. Untuk mendaftar di Decentraland juga sama, sobat harus memiliki akun MetaMask. Jadi, gunakan saja akun MetaMask yang tadi sudah didaftarkan. Silahkan kunjungi website resmi Decentraland di Decentraland<dot>org.

Oke, sampai di sini apakah bisa dipahami?

Jika masih belum paham, silahkan tuliskan "kebingungan sobat" di kolom komentar postingan ini.

Selanjutnya, kita menuju tutorial cara beli baju virtual yang digunakan di metaverse satunya, yaitu The Sandbox. Tenang saja, tutorial kali ini juga hampir sama -- alias mirip-mirip -- dengan yang di Decentraland tadi.


2. Cara membeli baju virtual yang digunakan di metaverse The Sandbox

Sama seperti yang sebelumnya, kali ini kita akan membeli baju virtual yang digunakan di The Sandbox, via marketplace OpenSea. Jadi, pastikan sobat onlen sudah memiliki akun di sana, ya.

Langsung saja, berikut ini tutorialnya:

- Sama seperti sebelumnya, silahkan sobat kunjungi website resmi OpenSea, di OpenSea<dot>io. Nantinya sobat akan menuju laman utama dari marketplace NFT tersebut.

- Selanjutnya, tulis di kolom pencarian paling atas berupa tulisan "The Sandbox ASSETS". Perlu sobat ketahui, "The Sandbox ASSETS" adalah "lapak" resmi dari Sandbox yang menjual item-item di dunia virtual tersebut. Dan ada centang biru yang berarti "verified" di samping nama lapaknya.

- Kemudian sobat akan diarahkan ke halaman produk dari The Sandbox ASSETS.


- Silahkan scroll ke bawah untuk menemukan kolom pencarian yang lebih kecil yang ada di laman produk The Sandbox ASSETS.

- Selanjutnya tuliskan di kolom pencarian tersebut -- dengan kata kunci "cloth", kemudian tekan enter

- Dan akan muncul berbagai baju virtual yang dijual oleh The Sandbox, dan tentunya bisa dipergunakan di dunia virtual tersebut.

- Jika sobat ingin membelinya, silahkan langsung saja klik BUY NOW yang ada di bawah gambar produk.

- Jika tidak ada opsi BUY NOW, silahkan klik gambar produk, kemudian sobat akan diarahkan ke laman produk, selanjutnya klik MAKE OFFER atau Ajukan Penawaran.

- Pastikan, sobat sudah memiliki akun di The Sandbox. Dan untuk mendaftar di Sandbox juga sama, sobat harus memiliki akun MetaMask. Jadi, gunakan saja akun MetaMask yang tadi sudah didaftarkan. Silahkan kunjungi website resminya di Sandbox<dot>game.


Apakah bisa membeli langsung di website masing-masing?

Oh, tentu saja bisa. Sobat onlen cukup kunjungi masing-masing website dari metaverse Decentraland dan metaverse The Sandbox, yaitu "Decentraland<dot> org" dan "Sandbox<dpt>game".

Selanjutnya, cari saja tombol "Marketplace" -- atau sejenisnya -- yang ada di bagian menu. Nanti di sana akan ditemukan berbagai item yang dijual untuk masing-masing metaverse.


Apakah sobat ingin membeli produk fashion yang branded?

Sayangnya, khusus di Decentraland dan di The Sandbox -- belum bekerja sama dengan produk fashion branded.

Tapi kalau di platform lain - alias "dunia virtual" lain -- mungkin saja bisa.

For your information, ada beberapa kerja sama antara produk fashion branded dengan dunia virtual, misalnya:

- Balenciaga dan Fortnite yang menjalin kemitraan untuk mendesain skin dan aksesoris lainnya di game battle royal tersebut

- Kemudian ada Burberry dan Tencent, yang bekerja sama untuk desain skin karakter di game Honor of Kings.

- Selanjurnya, ada juga versi digital dari tas Dionysus Gucci yang dijual di platform Roblox Corp -- seharga sekitar $4.115. Harga ini tentu lebih mahal dari harga barang sebenarnya.


Dan di luar sana masih baanyak produk fashion branded -- yang sudah masuk ke ranah metaverse -- yang tidak bisa saya sebutkan satu-persatu.


Baca juga:

3 Brand fashion dunia ini sudah ekspansi ke metaverse


Nah itulah dia tutorial cara membeli pakaian di metaverse, baik di Decentraland -- maupun di Sandbox.

NOTE: Saran saya, mending wait and see dulu, jangan langsung membeli aset di dunia metaverse, karena kita belum tahu metaverse mana yang diakui secara resmi nantinya. So ditunggu saja seperti apa perkembangannya. (af)


Baca Juga
> Daftar situs penyedia dropship terpercaya di Indonesia dan mancanegara
Comment Policy: Berkomentarlah dengan bijak dan sesuai topik.
Buka Komentar
Tutup Komentar