--> Skip to main content

  

Cara Membeli Tanah Virtual di The Sandbox, Salah Satu Metaverse Terbaik


cara membeli tanah virtual metaverse the sandbox
Tutorial beli tanah virtual di The Sandbox


Bagaimana cara membeli tanah virtual di metaverse The Sandbox?

Jika sebelumnya saya membahas tentang cara membeli tanah di metaverse-nya Decentraland, maka sekarang saya akan membahas tentang cara membeli tanah di metaverse "saingan"nya Decentraland, yaitu The Sandbox.

Sebelumnya, perlu sobat onlen ketahui bahwa Decentraland dan The Sandbox adalah "salah dua" dari dunia virtual metaverse -- yang kini cukup menonjol dan dikenal banyak orang. Maka aset-aset di dalam 2" dunia" tersebut kini tengah menjadi buruan. Termasuk di dalamnya adalah, tanah virtual.



Sebelumnya, apa itu The Sandbox?

The Sandbox adalah dunia virtual metaverse yang di dalamnya berupa ekosistem game, seni visual, serta tempat mendesain game berbasis komunitas -- yang terdesentralisasi di blockchain Ethereum. Para pembuat game bisa membuat berbagai karya game, dan mengomersilkannya dalam bentuk NFT yang bisa dijual -- baik langsung di platform Sandbox -- ataupun via marketplace NFT terbesar di dunia, yaitu Opensea<dot>io.

Tujuan utama dari area tanah yang dibeli adalah, untuk memungkinkan developer dan desainer game -- membuat game yang dapat dimainkan dan dimonetisasi oleh para gamer. Tanah tersebut juga bisa disewakan dan tentunya dijual kembali ke pengguna lainnya.



Cara membeli tanah virtual di The Sandbox

Naah, ini dia pembahasan yang ditunggu-tunggu.

Untuk membeli tanah virtual di metaverse Sandbox, sebetulnya ada 2 jalan yang bisa dipilih. Yang pertama, bisa langsung membelinya di website resmi The Sandbox yaitu Sandbox<dot> game. Jalan kedua, bisa membeli tanah di Sandbox -- melalui marketplace NFT terbesar di dunia, yaitu Opensea <dot>io.


Membeli Tanah langsung di website Sandbox

Untuk membeli tanah di Sandbox, sobat harus mendaftarkan akun di sana.

Sama halnya dengan di Decentraland, membuat akun di Sanbox juga memerlukan wallet. Dalam hal ini wallet yang direkomendasikan masih sama, yaitu MetaMask.

Silahkan download MetaMask via website resminya yaitu MetaMask.io. Atau bisa juga via Chrome Webstore -- untuk mendownload ekstensi MetaMask -- untuk di pasang di browser Google Chrome milik sobat.

Setelah didownload, sobat bisa langsung mendaftar di sana dengan mudah -- sama mudahnya dengan mendaftar di kebanyakan website.

Sesudah menginstal MetaMask extension di Google Chrome sobat, silahkan kunjungi website resmi The Sandbox, yaitu Sandbox<dot>game. Selanjurnya klik tombol "Masuk" yang ada di bagian kanan atas website tersebut.

Selanjutnya, pilih MetaMask di menu yang tersedia -- untuk dihubungkan ke Sandbox.

Sobat Onlen kemudian akan diminta untuk memasukkan akun email dan id pengguna. Setelah itu, klik tombol ‘Buat Akun’. Dan selamat, sekarang sobat sudah memiliki akun di Sandbox.

Untuk melihat posisi tanah yang akan sobat beli di Sandbox, silahkan klik menu "Map" yang ada di sebelah kiri layar. Maka sobat online akan menuju ke sebuah peta berisikan petak-petak tanah yang ada di Sandbox.

Di sana ada banyak sekali pixel-pixel berupa petak tanah, yang bisa sobat zoom untuk melihat lebih detail. Di sana, ada pixel berwarna hijau, putih dan juga biru.

Untuk pixel atau petak berwarna hijau bisa sobat ajukan penawaran / bid, untuk petak yang berwarna putih bisa dibeli via OpenSea<dot>io, dan untuk petak yang berwarna biru sudah dimiliki oleh pengguna lain.



Untuk memilih tanah yang akan dibeli, silahkan klik salah satu petak yang ada di sana -- usahakan petak yang dipilih adalah yang berwarna hijau. Maka setelahnya akan muncul di sebelah kanan berupa tombol biru bertuliskan BID.

Silahkan klik tombol tersebut, dan akan muncul popup yang meminta sobat untuk "place bid" atau mengajukan penawaran. Silahkan tuliskan jumlah bid dengan nominal koin SAND.

Perlu sobat onlen ketahui, koin SAND adalah koin resmi dari ekosistem Sandbox ini. Jadi, jangan heran, ya.


Cara membeli tanah di Sandbox via OpenSea

Cara lain untuk membeli tanah virtual di Sandbox, bisa sobat lakukan via marketplace NFT terbesar di dunia.

Kenapa membelinya di marketplace NFT?

Jawabannya, karena tanah di Sandbox adalah berupa NFT, alias Non-Fungible-Token. NFT sendiri bisa diartikan sebagai sertifikasi aset digital di jaringan blockchain. Jadi jika tanah tersebut sobat beli, maka sertifikasi tanah virtual tersebut akan mengatas-namakan sobat.

Untuk mengunjungi marketplace OpenSea, sobat cukup klik alamat websitenya di Opensea<dot>io. Maka, sobat akan menuju halaman utama dari web OpenSea.

Selanjutnya langsung saja ketik di kolom pencarian dengan kata kunci "Land Sandbox", kemudian tekan enter.

Maka akan muncul berbagai tanah atau Land di Sandbox yang dilisting di sana. Di sana juga tertera harga tanah dalam bentuk Ethereum, atau dalam bentuk koin Sandbox. Tergantung si penjual yang menetapkan harga tanah tersebut.

Jika sobat ingin membeli tanah tersebut, silahkan pilih tanah yang diinginkan, kemudian klik tombol BUY NOW yang ada di bawahnya.

Untuk membeli tanah di Sandbox via OpenSea, sobat harus memiliki akun di website OpenSea tersebut.

Oh iya, untuk mendaftarkan akun di OpenSea juga sama dengan di Sandbox, yaitu sobat harus memiliki wallet.

Dan wallet yang paling direkomendasikan juga sama -- yakni MetaMask. Jadi 1 akun MetaMask sobat bisa didaftarkan ke berbagai situs seperti OpenSea, Sandbox, dan bahkan Decentraland.

Jika sudah memiliki akun MetaMask, sobat tinggal klik icon Profil yang ada di kanan atas laman OpenSea. Selanjutnya sobat akan diminta menghubungkan wallet ke OpenSea.

Jika sudah terdaftar, maka sobat pun bisa membeli tanah di Sandbox via OpenSea. Tapi jangan lupa, isi dulu saldo MetaMask-nya.

NOTE: Saran saya, mending wait and see dulu, jangan langsung membeli aset di dunia metaverse, karena kita belum tahu metaverse mana yang diakui secara resmi nantinya. So ditunggu saja seperti apa perkembangannya.


Baca juga:

Cara membeli tanah virtual di metaverse-nya Decentraland


Nah itulah dia tutorial cara membeli tanah di metaverse-nya The Sandbox.

Perlu sobat ketahui, fungsi utama properti di Sandbox adalah untuk memungkinkan pengguna menjadi "tuan rumah" dari pengalaman hidup seperti game, museum seni, toko, scene, pendidikan, dan sebagainya. Pengalaman-pengalaman ini memang dapat dirancang dan dibangun menggunakan perangkat lunak pengembangan game Sandbox sendiri, yang dikenal sebagai Game Maker, dan kemudian dipublikasikan di negara mana pun yang dimiliki oleh pembuatnya.



Artinya, sobat bisa membuat game sendiri di Sandbox, dan memublikasikannya. Akan tetapi, untuk mengakses pengalaman yang sudah dipublikasikan, pengguna akan dikenakan biaya masuk dalam mata uang kripto di Sandbox.

Semoga bermanfaat dan terima kasih sudah mampir! (af)


Baca Juga
> Daftar situs penyedia dropship terpercaya di Indonesia dan mancanegara
Produk Metaverse di SHOPEE
Gambar Produk
Shinecon VR Box Imax Giant Screen Virtual Reality
Rp89.900
BELI SEKARANG
Gambar Produk
VR Oculus Quest 2 for Metaverse Facebook
Rp4.650.000
BELI SEKARANG
Gambar Produk
VR Shinecon 6.0 dengan Headphone Headset
Rp209.900
BELI SEKARANG
Gambar Produk
VR Box Mini 3.0 Headset Termurah Putih
Rp51.900
BELI SEKARANG
Gambar Produk
VRPark Box with Headphone / Headset
Rp174.500
BELI SEKARANG


Comment Policy: Berkomentarlah dengan bijak dan sesuai topik.
Buka Komentar
Tutup Komentar