--> Skip to main content

  

Manfaat, Efek Samping, Dan Penggunaan Obat Attapulgite



Di musim pancaroba memang penyakit jauh lebih cepat menyebar dikarenakan kondisi cuaca yang tidak menentu. Biasanya penyakit – penyakit yang sering terjadi di musim pancaroba adalah flu, batuk, demam, dan juga diare. Jenis – jenis penyakit tersebut sangat rawan dialami di musim tersebut terutama jika kita sedang tidak dalam kondisi fit. Mau tidak mau kita harus menjaga Kesehatan lebih ekstra saat musim tersebut.

Lantas bagaimana jika kita sudah menjaga Kesehatan tetapi kita masih terkena salah satu penyakit tersebut ? Tidak perlu khawatir karena anda bisa menggunakan obat – obatan yang dijual bebas di apotek. Salah satu contohnya jika anda mengalami diare maka anda bisa mencoba meringankan gejalanya dengan mengkonsumsi obat Attapulgite yang bisa dibeli di toko obta terdekat.

Attapulgite sendiri merupakan obat yang biasa digunakan untuk meredekan diare. Obat ini termasuk kedalam obat yang dijual bebas di pasaran dan bisa dibeli tanpa menggunakan resep dokter. Tetapi meskipun bisa dibeli bebas anda tetap harus memperhatikan aturan pakai yang tertera pada kemasan obat tersebut.


Cara kerja obat Attapulgite ini bekerja dengan cara memperlambat gerakan usus besar, membentu membuat tinja menjadi lebih padat, serta mengurangi rasa nyeri dan kram yang biasa dirasakan oleh orang yang mengalami diare. Obat ini juga mampu mengikat bakteri ataupun racun yang menyebabkan diare dan juga mengurangi resiko kehilangan cairan secara berlebih.

Penggunaan obat Attapulgite ini bukan untuk menyembuhkan penyebab utama penyakit diare. Penggunaan obat ini hanya untuk mencegah dehidrasi yang biasanya terjadi karena diakibatkan oleh virus yang menyebabkan diarea. Jadi sebenanrnya obat ini hanya berfugnsi untuk mengurangi gejala yang dirasakan saat anda mengalami diare.

Obat Attagulgite ini termasuk kedalam obat antidiare yang dijual bebas. Obat ini juga boleh digunakan oleh anak – anak maupun orang dewasa yang sedang mengalami diare. Menurut beberapa penelitian obat Attapulgite ini aman diberikan kepada ibu yang sedang hamil maupun menyusui. Namun untuk lebih jelasnya lagi sebaiknya konsultasikan penggunaan obat ini dengan dokter terkait terlebih dahulu.


Dosis dan aturan pakai dari obat Attapulgite ini dibedakan sesuai dengan usia dari pasien yang akan meminumnya, berikut penjelasan dosis pemakaiannya :

- Dewasa dan anak – anak usia diatasa 12 tahun : Mengkonsumsi 2 tablet setiap selesai buang air besar dengan dosis maksimal per hari sebanyak 12 tablet.

- Anak – anak usia 6 – 12 tahun : Mengkonsumsi 1 tablet setiap selesai buang air besar dengan dosis maksimal per hari sebanyak 6 tablet.

Selanjutnya cara mengkonsumsi obat Attapulgite dengan benar dan sesuai aturan yang dijelaskan adalah sebagai berikut :

1. Obat ini bisa dikonsumsi setelah makan dan gunakan segelas air untuk membantu menelan obat ini. Sebaiknya jangan menghancurkan, membelah atau mengunyah tablet ini karena dikkawatirkan bisa menimbulkan efek samping.

2. Selama mengkonsumsi obat ini jangan lupa juga untuk tetap banyak mengkonsumsi cairan agar tubuh tidak mengalami dehidrasi.

3. Obat Attapulgite ini hanya bisa dikonsumsi untuk mengatasi diare dalam jangka waktu pendek. Obat ini juga tidak dapat menyembuhkan penyakit diare yang diakibatkan oleh adanya virus.

4. Jika setelah mengkonsumsi obat ini kondisi diare anda masih belum membaik maka segera mendatangi fasilitas Kesehatan terdekat dan konsultasikan dengan dokter perihal kondisi yang sedang anda rasakan.


Baca Juga
> Daftar situs penyedia dropship terpercaya di Indonesia dan mancanegara
Comment Policy: Berkomentarlah dengan bijak dan sesuai topik.
Buka Komentar
Tutup Komentar