--> Skip to main content

  

Tertarik Investasi Saham? Inilah Cara Investasi Saham Yang Aman dan Rekomendasi Aplikasi Investasi Terbaik



Investasi  saham kini makin banyak diminati berbagai kalangan muda maupun orang tua. Namun masih banyak dari mereka kurang mengetahui cara yang baik dan tepat sebelum terjun ke dunia saham. Pasalnya bermain saham tidak dapat sekedar mencoba-coba atau hanya mengikuti trend saja. Investasi saham yang aman sebaiknya harus dipelajari dengan baik oleh para pemula. Hal tersebut bukan tanpa alasan karena risiko dari kegiatan satu inipun ternyata cukup besar. Terlebih lagi apabila kamu tidak mempunyai strategi tepat, maka kerugian sudah ada di depan mata. Sehingga diperlukan pemahaman serta pengalaman untuk menghindari adanya kerugian saat melakukan investasi. Sebagai pemula, kalian harus banyak mempelajari dan membaca cara-cara investasi yang aman agar tidak membuang usaha, waktu dan juga modal yang digunakan.


Cara Investasi Saham Yang Aman, Apa Saja?

Tidak dapat dipungkiri, berinvestasi saham ternyata akan memberikan hasil keuntungan cukup besar bagi para investornya. Terlebih lagi, keuntungan tersebut bisa dirasakan di masa mendatang. Keuntungan tersebut pasti menggiurkan bagi siapa saja, tetapi sebelum Anda terjun ke dalamnya, berikut beberapa hal yang harus diperhatikan oleh pemula agar bisa meminimalkan berbagai kerugian. 



Menentukan Perusahaan Sekuritas

Menentukan perusahaan yang akan Anda gunakan saat berinvestasi sangat penting agar dapat melakukan jual beli saham dengan mudah dan membantu hal lainnya yang Anda butuhkan saat berinvestasi. Perusahaan Sekuritas ini akan menjadi perantara Anda ketika bermain saham. Anda harus menentukan perusahaan sekuritas yang sudah terbukti terpercaya dan memiliki reputasi yang baik di masyarakat sekitar sehingga dapat meminimalisir kerugian dalam berinvestasi. Pilihlah perusahaan sekuritas yang sudah diawasi oleh OJK.


Pilih Perusahaan Yang Menguntungkan

Agar para pemula bisa tetap memperoleh keuntungan ketika sedang menjalankan investasi saham, maka sebaiknya harus cermat dalam memilih keberadaan perusahaan atau emiten tersebut. pastikan memilih emiten dimana punya pertumbuhan laba positif di dalamnya. Bukan hanya itu saja, kamu juga harus memperhatikan kestabilan dari pemasukan sekaligus laba emiten dalam kurun waktu 10 tahun terakhir. Dengan mempertimbangkan kondisi perusahaan seperti di atas, maka peluang mendapatkan return cukup tinggi. Mengetahui kondisi suatu perusahaan sangat penting sebelum Anda memulai membeli saham, karena jika salah memilih perusahaan dapat menyebabkan kerugian


Pilih Saham Dengan Tingkat Pengembalian Ekuitas di atas Bunga Bank

Selain itu, tips selanjutnya adalah memilih saham yang mempunyai tingkat pengembalian ekuitas di atas bunga bank. Sebagai contohnya apabila bunga kredit dari sebuah bank sebesar 11 persen, maka ROE di dalamnya harus lebih tinggi dari itu.


Mengenali Tujuan dalam Investasi

Sebelum memutuskan buat menjalankan investasi, maka sebaiknya harus mengenali tujuan dalam melakukan kegiatan tersebut. Jangan sampai asal menaruh uang saja dan selesai. Itulah pentingnya agar menentukan tujuannya dahulu, apakah untuk DP rumah, biaya menikah, biaya pendidikan anak ataukah tujuan lainnya. Dengan menentukan tujuan Anda berinvestasi, Anda akan bermain saham dengan semaksimal mungkin untuk mewujudkan tujuan Anda. 


Selain tips di atas, sebaiknya Anda juga harus menentukan jangka waktu dan target dana yang dibutuhkan dalam investasi dan jangan lupa melakukan alokasi dana buat investasi secara konsisten. Namun jika Anda masih rugi untuk terjun langsung dalam investasi saham, Anda dapat memulai investasi yang aman untuk pemula terlebih dahulu seperti investasi reksadana. Dengan berbekal pengalaman dalam investasi reksadana, tentu akan memudahkan Anda dalam melakukan investasi saham di masa mendatang. Ada beberapa  pilihan aplikasi yang bisa dipilih buat investasi ini seperti MOST. Aplikasi MOST adalah solusi terbaik bagi Anda yang ingin memulai di dunia saham tanpa adanya batas umur. Selain itu aplikasi yang dapat diakses melalui smartphone ini memiliki tampilan user-friendly sehingga memudahkan penggunanya dalam berinvestasi. Tertarik untuk mencobanya? 


Baca Juga
> Daftar situs penyedia dropship terpercaya di Indonesia dan mancanegara
Comment Policy: Berkomentarlah dengan bijak dan sesuai topik.
Buka Komentar
Tutup Komentar