--> Skip to main content

  

Tutorial Cara Membuat Collection NFT di OpenSea, Simpel Banget !!


bagaimana cara bikin koleksi nft di opensea
Cara membuat koleksi NFT di OpenSea


Oke gaes, cara membuat collection untuk NFT di OpenSea. Sebelumnya pahami dulu, di tutorial kali ini saya hanya menjelaskan tentang cara membuat collection NFT, bukan tutorial cara mengupload dan menjual karya NFT di OpenSea.

Collection ini penting, karena tiap collection akan berisikan 1 tema karya -- yang berisikan beberapa NFT sejenis. Biar sobat paham apa itu NFT, coba lihat Bored Ape Yacht Club -- NFT terlaris di OpenSea -- itu adalah salah satu contoh collection yang ada di OpenSea.

Baiklan, tanpa berbasa-basi lagi, berikut ini tutorial cara membuat collection NFT di OpenSea, antara lain: 

- Pertama-tama silahkan masuk ke website OpenSea.io, kemudian connect ke wallet kita. Di sini saya pakai wallet Metamask. Untuk Metamask sendiri bisa sobat download ekstensinya di Chrome Web Store. Oh iya, tutorial kali ini menggunakan laptop. Kalau misal sobat ingin membuat collection OpenSea via smartphone, walet yang digunakan adalah Trust Wallet.

- Untuk mendaftar di walletnya sendiri cukup mudah, sama saja kayak mendaftar di OVO, DANA, dan dompet digital lainnya

- Oke, selanjutnya klik di bagian profil, kemudian klik tulisan "collection"

- Selanjutnya klik tombol biru bertuliskan "Create a Collection" yang ada di sebelah kiri

- Kemudian upload logo image, feature image, dan banner image. Untuk ketiga jenis image ini harus sobat persiapkan terlebih dahulu. Untuk logo image adalah logo yang mewakili collection yang akan sobat buat. Untuk feature image, kalau saya menggunakan foto salah satu NFT yang nanti diupload di collection tersebut. Sedangkan banner image, saya menggunakan banner yang saya buat dari kumpulan karya saya, plus ada tulisan akun Instagram di bawahnya.

- Jika sudah selesai mengupload image, selanjutnya isi juga di bagian nama collectionnya

- Kemudian buat URL untuk koleksi tersebut, yang nanti jika diakses -- akan mengarah ke laman collection tersebut"

- Kemudian isi bagian deskripsi collection tersebut. Biasanya kolom deskripsi ini berisikan tentang gambaran mengenai koleksi tersebut, project yang dimiliki (jika ada), dan roadmap ke depannya (jika ada).

- Selanjutnya, isi bagian kategori dari koleksi tersebut, karena NFT saya adalah karya seni, maka kategori ini saya isi berupa art

- Lalu di bawahnya silahkan isi link sosial media resmi dari koleksi tersebut. Umumnya link sosial media yang diisi oleh kreator NFT lainnya adalah link Twitter, Instagram dan Discord.

- Kemudian isi di bagian royalti, yakni berapa persen royalti yang ingin sobat dapatkan -- jika NFT sobat dijual pengguna lain, ke pengguna lainnya.

Jadi begini untungnya main NFT, jika NFT sobat laku ke pengguna A, kemudian suatu saat pengguna A menjual NFT tersebut ke pengguna B, maka sobat akan dapat royalti sekian persen -- sesuai yang sobat cantumkan di awal. Lalu jika si pengguna B menjual NFT ke pengguna C, sobat kembali mendapatkan NFT. Begitulah mekanisme dari NFT, yakni si pembuat karya bakal mendapat royalti yang berkelanjutan.

Lantas berapa persenan royalti yang direkomendasikan? Saran saya, jangan lebih dari 10%, karena kalau royaltinya terlalu besar, calon pembeli jadi mikir 2 kali buat membeli NFT tersebut.

- Oke lanjut ke bagian blockchain. Karena tadi ingin menjual secara gratis alias bebas gas fee, maka pilihlah blockchain Polygon. Jangan blockchain yang Ethereum, karena ada gas feenya. Dan gas feenya lumayan mahal, yakni antara 100 sampai 200 dollar.

- Selanjutnya, di bagian payment token -- pilih ETH Polygon. Ini maksudnya adalah buat nanti menetapkan harga NFT-nya -- yakni dalam bentuk ETH saja -- bukan token yang lain.

- Selanjutnya pilih tema tampilan, ini bebas saja -- sesuai selera sobat.

- Jika sudah, tinggal klik tombol Create, dan kini sobat sudah punya collection di Open Sea.


Baca juga:

5 Cara agar NFT cepat laku terjual


Demikian tutorial cara membuat NFT collection di OpenSea dengan mudah dan cepat. Semoga bermanfaat, dan jangan lupa bagikan tutorial ini -- siapa tau bermanfaat untuk yang lainnya. (af)


Baca Juga
> Daftar situs penyedia dropship terpercaya di Indonesia dan mancanegara
Comment Policy: Berkomentarlah dengan bijak dan sesuai topik.
Buka Komentar
Tutup Komentar