--> Skip to main content

  

Ingin Lolos Ke Seleksi Selanjutnya? Tiru Contoh Surat Lamaran Kerja Tulis Tangan Ini !


Surat lamaran pekerjaan merupakan salah satu dokumen penting yang harus disiapkan saat akan melamar suatu pekerjaan. Surat lamaran pekerjaan ini biasanya dilampirkan bersama daftar riwayat hidup (CV) dari tiap individu pelamar kerja. 

Tentunya membuat surat lamaran kerja yang baik dan benar menjadi hal penting. Sebab, surat lamaran kerja kerap dijadikan bahan pertimbangan oleh HRD atau perekrut untuk menentukan apakah seorang pelamar kerja bisa lolos ke tahap seleksi selanjutnya atau tidak. 

Surat lamaran kerja merupakan surat resmi yang dibuat oleh seseorang yang sedang mencari atau membutuhkan suatu pekerjaan. Pembuatan surat lamaran kerja tersebut ditujukan kepada pimpinan perusahaan maupun institusi tempat kerja yang dituju. Perusahaan maupun institusi tersebut tentunya sedang membuka lowongan kerja. 

Secara umum, isi dari surat lamaran kerja adalah mulai dari data diri hingga alasan melamar pekerjaan. Karena surat lamar kerja merupakan dokumen resmi, maka terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan mulai dari format penulisan hingga keseluruhan isi surat lamaran kerja. 

Agar lebih rapi, surat lamaran kerja bisa kamu ketik di Microsoft Word. Meski demikian, kamu juga bisa menulis langsung surat lamaran kerja menggunakan tangan. Biasanya surat lamaran kerja tulis tangan digunakan saat akan melamar pekerjaan sebagai CPNS, pabrik, toko retail, dan lain sebagainya. 

Adapun format penulisan dalam surat lamaran kerja entah yang diketik di Microsoft Word maupun yang ditulis tangan harus mencakup bagian pembuka, isi surat lamaran kerja, dan bagian penutup. Adapun langkah – langkah menulis surat lamaran kerja tulis tangan yang benar adalah sebagai berikut :

- Menggunakan kertas folio atau kertas HVS. 

- Jika menggunakan kertas HVS, lapisi kertas HVS tersebut dengan kertas folio. Fungsi kertas folio tersebut agar dapat memberikan patokan berupa garis sehingga tulisan tanganmu tetap lurus. 

- Saat ada tulisan yang salah, jangan gunakan tipe x. Sebaiknya kamu menulis ulang surat lamaran kerja tersebut. 

- Jangan lupa cantumkan tanggal penulisan, isi, dan juga penutup surat dalam bahasa yang baik dan benar sesuai dengan Ejaan Yang Disempurnakan (EYD). 

- Tuliskan juga alamat perusahaan yang dituju dan kepada siapa surat lamaran kerja tersebut akan ditujukan. 

- Sebutkan dan jelaskan kemampuan serta keterampilan yang dimiliki untuk mendukung lamaran kerja kamu. 

- Tulis surat lamaran kerja dengan tulisan yang rapi agar mudah dibaca oleh penerima atau perekrut. 


Nah, agar kamu bisa lolos ke tahap seleksi selanjutnya saat melamar suatu pekerjaan, berikut dibawah ini ada contoh surat lamaran kerja tulis tangan yang benar dan bisa kamu jadikan acuan :

Jakarta, 10 Februari 2021

Kepada Yth,

HRD Bapak/Ibu Personalia

PT XYZ

di Jakarta

Dengan Hormat,

Saya yang bertanda tangan dibawah ini :

Nama : Faisal Farid

Tempat, Tanggal Lahir : Jakarta, 23 Maret 1993

Alamat : Lebak Bulus, RT 005/01 No 54 Jakarta Selatan

Nomor Telepon/HP : (021) 7891234/081234567891

Sehubungan dengan adanya penerimaan karyawan di perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin, saya bermaksud mengajukan surat lamaran kerja agar dapat diterima bekerja di tempat yang Bapak/Ibu pimpin sebagai (cantumkan posisi yang dilamar).

Saya memiliki pengalaman kerja sebagai (cantumkan posisi) selama (cantumkan berapa tahun). Saya memiliki keahlian sebagai (cantumkan) dan berhasil meraih [capaian]/[Portofolio]. 

Sebagai bahan pertimbangan bapak/ibu, saya melampirkan berkas – berkas sebagai berikut :

- Daftar Riwayat Hidup

- Foto copy KTP

- Foto copy Ijazah dan Transkrip Nilai Terakhir

- Foto copy Sertifikat

- Pas foto ukuran 3 x 4 (1 lembar)

Demikian surat lamar ini saya buat, besar harapan saya untuk dapat bekerja ditempat yang Bapak/Ibu pimpin saya ucapkan terima kasih. 

Hormat saya, 

Faisal Farid


Baca Juga
> Daftar situs penyedia dropship terpercaya di Indonesia dan mancanegara
Comment Policy: Berkomentarlah dengan bijak dan sesuai topik.
Buka Komentar
Tutup Komentar