--> Skip to main content





  Cari artikel seputar metaverse

  

7 Peluang Usaha / Bisnis di Metaverse yang Bisa Sobat Coba !


peluang usaha di dunia metaverse tips trik
Dunia baru = peluang baru


"Di mana ada "dunia baru", di situ ada peluang baru..."

Ya, bisa dibilang metaverse menjadi salah satu "dunia baru" -- yang nantinya bisa membuka peluang usaha bagi siapapun --  yang terlibat di dalamnya. Siapa yang cepat "menyadari" peluang tersebut, berpotensi menjadi penemu "harta karun" -- alias bisa memaksimalkan potensi bisnis di dunia virtual tersebut.


Peluang usaha di metaverse yang bisa dicoba

Langsung saja, berikut ini beberapa contoh peluang usaha di dunia metaverse -- yang bisa sobat onlen coba, antara lain:


1. Jualan headset Virtual Reality (VR) dan kacamata Augmented Reality (AR)

Headset VR dan kacamata AR menjadi gadget utama -- untuk bisa masuk ke dunia metaverse. Tampak jelas ada peluang bisnis di sana, yakni dengan menjual salah satu, atau kedua headset tersebut.

Namun sebelum memulai bisnis ini, pastikan -- merk headset VR apa yang berpotensi bakal laku. Ada beberapa VR yang kurang bisa memaksimalkan potensi dari dunia metaverse, biasanya VR yang harganya murah.

Sedangkan VR kelas menengah ke atas, kemungkinan bisa mengakses dunia metaverse  --dan bisa berinteraksi di dalamnya. Seperti yang kita tahu, VR kelas menengah ke atas -- seperti misalnya Oculus -- memiliki teknologi sensor di dalamnya. Jadi jika kita berjalan di dunia nyata, maka di dunia metaverse kita juga ikut berjalan.

Selain itu, VR kelas menengah juga memiliki controller, yang bisa digunakan untuk berinteraksi di dunia metaverse. Misalnya untuk main game perang, atau main game pertarungan menggunakan pedang, dan game-game imersif lainnya.

Jadi, jika metaverse sudah benar-benar ada, headset virtual seperti kacamata VR dan AR bakal dicari banyak orang. Jika sobat menjadi  salah satu penjualnya, maka sobat bakal kebagian cuannya juga.


2. Jualan aset virtual dalam bentuk NFT

Tanah virtual, rumah virtual, hingga baju virtual -- adalah beberapa dari aset yang ada di metaverse. Biasanya, aset-aset virtual ini "diperlakukan" -- layaknya NFT atau Non-Fungible Token. Dan NFT ini bisa diperjual-belikan ke pengguna lain, dan harganya dipatok dalam bentuk crypto.

Cara menjual rumah virtual di metaverse adalah -- dengan membuat sebuah rumah virtual di salah satu metaverse -- misalnya The Sandbox, menggunakan VoxEdit yang di The Sandbox. Selanjutnya, sobat bisa menjual rumah tersebut di marketplace NFT, seperti OpenSea.

Namun, pastikan rumah virtual yang sobat buat sangat unik, bagus, dan mempu menarik calon pembeli untuk membelinya. Selain itu, pastikan harganya tidak terlalu mahal -- agar cepat laku.


3. Bikin game di metaverse

Point ketiga ini -- tidak hanya cocok buat mereka yang berprofesi sebagai developer game. Orang yang tidak bisa coding juga bisa bikin game di metaverse, yakni dengan mengunduh game maker di salah satu metaverse, misalnya di The Sandbox.

Dengan software game maker tersebut, sobat bisa membuat game di The Sandbox, hanya dengan drag and drop, saja. Namun, ada juga sedikit sentuhan coding untuk memungsikan game tersebut, dan caranya bisa sobat cari di Google maupun Youtube.

Hal yang sama juga berlaku di game Roblox, di mana user memiliki akses untuk membuat game -- yang bisa dimainkan oleh pengguna lainnya. Intinya, metaverse itu bersifat desentral -- yang artinya terbuka untuk siapa saja untuk melakukan pengembangan, salah satunya dalam hal membuat game.


4. Bisnis di industri hiburan

Industri hiburan seperti film dan musik juga memiliki peluang yang cukup besar di dunia metaverse. Misalnya saja industri musik, para musisi bisa mengadakan konser virtual dengan tiket berbayar di metaverse.

Kemudian untuk industri film, mungkin bisa para sineas bisa mencoba untuk membuat film dengan kamera 360, sehingga penonton juga bisa berada di dalam film tersebut.

Dan tentunya masih banyak peluang bisnis lainnya di industri hiburan -- via metaverse -- suatu saat nanti.


5. Bisnis travel virtual

Untuk bisnis yang satu ini cocok untuk mereka yang bisa membuat animasi 3D. Jika memiliki kemampuan tersebut, sobat bisa membuat versi 3D dari kota-kota populer yang ada di luar negeri. Sobat bisa juga membuat versi 3D dari dunia yang ada di bawah samudera. Atau sobat bahkan bisa mencoba membuat versi 3D dari suatu planet.

Jika pengguna lain ingin jalan-jalan ke dunia virtual tersebut, maka sobat akan membebankan biaya tiket perjalanan. Dari situlah uang bakalan di dapat. Sangat keren, bukan?


6. Bisnis pemasaran produk via metaverse

Beberapa tahun yang lalu, internet telah merevolusi teknik pemasaran. Maka tidak mengherankan, jika metaverse juga bakal merevolusi dunia pemasaran ke arah yang lebih "futuristik".

Contoh sederhana, misalnya sobat membuat banner virtual bertuliskan "promo skincare merk A, beli 1 gratis 5". Kemudian avatar sobat membawa banner tersebut berkeliling di dunia metaverse. Selanjutnya, avatar sobat bisa membawa banner virtual tadi ke suatu tempat di metaverse -- di mana ada banyak avatar orang berkerumun di sana. Tentunya sobat bisa memperlihatkan banner promosi tadi ke mereka, dan mereka pun bisa melihatnya.

Inilah contoh kecil dari kegiatan pemasaran yang nanti bisa diterapkan di metaverse. 


7. Menjadi gamer pro di metaverse

Dunia game bakal menjadi sesuatu yang paling menarik di dunia metaverse. Jika sebelumnya sobat bisa mencoba membuat game, kali ini  -- sobat juga bisa menjadi seorang gamer pro -- di dunia metaverse. Syaratnya, sobat harus jago memainkan game -- yang populer di metaverse.

Sebelum adanya metaverse, banyak gamer yang mendadak kaya-raya setelah menjadi pro gamer -- ataupun menjadi content creator -- ataupun keduanya sekaligus. So, kenapa hal itu tidak dicoba juga di dunia metaverse. Apalagi di metaverse gamenya masih banyak yang baru. Artinya, para pro gamer di game lain juga sama-sama belum terlalu jago dalam bermain game di sana. Ini tentu bisa menjadi peluang buat sobat yang memiliki passion dan kemampuan dalam bermain game. Pelajari game metaverse dari sekarang, usahakan game yang populer, kemudian bisa dicoba untuk meniti karir -- menjadi gamer profesional di metaverse.


Baca juga:

Apa itu metaverse?


Nah itulah dia berbagai peluang usaha ataupun bisnis di metaverse yang bisa dicoba -- guna meraup pundi-pundi uang. Semoga informasi tadi bermanfaat, dan selamat mencoba ! (af)


Baca Juga
> Jual database supplier (online dan offline), ada yg bisa resi cashless

Produk Metaverse di SHOPEE
Gambar Produk
Shinecon VR Box Imax Giant Screen Virtual Reality
Rp89.900
BELI SEKARANG
Gambar Produk
VR Shinecon 6.0 dengan Headphone Headset
Rp189.900
BELI SEKARANG
Gambar Produk
VR Oculus Quest 2 for Metaverse Facebook
Rp6.399.000
BELI SEKARANG
Gambar Produk
VR Box Mini 3.0 Headset Termurah Putih
Rp51.900
BELI SEKARANG
Gambar Produk
VRPark Box with Headphone / Headset
Rp174.500
BELI SEKARANG
Author Image

Ajie Fabregas (author)
a human who's "fed up" with the world, and wants to live in the metaverse. Follow my social media:



Comment Policy: Berkomentarlah dengan bijak dan sesuai topik.
Buka Komentar
Tutup Komentar