--> Skip to main content

  

Cermat dalam Membeli Mobil Keluarga, Intip Deretan Tipsnya



Baru saja mendapatkan anggota keluarga baru? Sudahkah Anda membeli mobil yang tepat untuk digunakan di masa mendatang? Ada beberapa jenis mobil keluarga Suzuki yang bisa dipilih baik itu tipe SUV dan MPV. 
Pemilihan mobil untuk keluarga ini tidak bisa dilakukan sembarangan, agar Anda tetap bisa memperoleh tingkat kenyamanan terbaik. Apalagi jika Anda akan sering menggunakan mobil untuk liburan di akhir pekan atau mudik.

Seperti apakah mobil keluarga yang tepat itu? Supaya tidak salah pilih, Anda bisa mengecek beberapa tips ini. 


6 Tips Memilih Mobil untuk Keluarga yang Nyaman dan Aman 

Apa yang terpikirkan di benak Anda mengenai mobil keluarga? Apakah mobil dengan kapasitas penumpang banyak dan bagasi besar? Bagaimana dengan kualitas mesinnya? Seperti apakah tampilan eksterior mobil yang diinginkan. 

Begitu banyak pertanyaan yang harus Anda jawab ketika berencana untuk membeli mobil keluarga. Hal ini masih belum ditambah dengan harga mobil dan metode pembayaran yang ingin dipilih.

Membeli mobil memang tidak semudah mencari kacang goreng, Anda harus teliti dalam memilihnya apalagi mengingat harganya yang tidak murah. Berikut ini beberapa tips yang bisa diikuti agar Anda tidak salah beli. 


1. Kapasitas Mobil Berapa Penumpang? 

Pertimbangan pertama yang harus diperhatikan adalah berapa banyaknya penumpang yang bisa diangkut oleh satu mobil. Jika Anda berencana memiliki lebih banyak anak atau kebetulan anggota keluarga banyak maka, minimal mencari mobil dengan 7 kursi. 

Apabila Anda tidak ingin menggunakan semua tempat duduk, biasanya baris kursi paling belakang bisa dilipat untuk digunakan sebagai bagasi. Jadi Anda bisa membawa lebih banyak barang. 


2. Berapa Banyak Konsumsi Bahan Bakarnya 

Apakah jenis bahan bakar yang digunakan? Seberapa banyak konsumsi bbm mobil tersebut? Hal ini juga jadi pertimbangan yang sangat penting karena akan berdampak pada kondisi keuangan Anda. 

Mobil yang irit biasanya ditandai dengan jenis mesin tertentu. Pastikan mesin mobil irit namun tetap bertenaga sehingga mampu melalui berbagai jenis medan. Jika perlu pilih mobil yang menggunakan bbm ramah lingkungan untuk mengurangi polusi udara. 


3. Kelengkapan Sistem Keamanannya 

Sebagai mobil keluarga, Anda juga harus mengecek keamanan yang tersedia pada mobil tersebut. Misalnya saja dimana saja letak safety belt dan juga apakah tersedia airbag pada kursi di baris depan. 

Semakin modern teknologi keamanan pada mobil yang diterapkan juga lebih canggih. Contohnya saja seperti sistem ABS yang akan menjaga kestabilan mobil ketika terjadi pengereman mendadak. 

Sistem keamanan ini akan menjaga mobil tetap stabil dan terhindar dari kecelakaan. Cermati apa saja sistem keamanan yang dimiliki mobil tersebut.



4. Kenyamanan Mobil bagi Penumpang dan Pengemudi 

Wajib untuk melakukan test drive sebelum Anda membeli mobil. Setiap dealer mobil biasanya menyediakan layanan test drive untuk semua calon konsumen. Nah pada test drive inilah Anda bisa mengajak anggota keluarga. 

Cek apakah tempat duduknya nyaman dan cukup lega. Bayangkan jika Anda harus duduk selama berjam-jam di kursi tersebut. Sebagai pengemudi Anda bisa mengecek aksesoris atau fitur-fitur yang disediakan di tempat duduk pengemudi. 


5. Kemudahan Membeli Suku Cadang 

Tidak kalah penting adalah soal suku cadang yang jadi bagian dari perawatan mobil. Sebaiknya beli mobil yang suku cadangnya mudah untuk didapatkan dan harganya tidak terlalu mahal. 

Kesulitan memperoleh suku cadang apalagi harganya maha akan mempersulit dan menambah jangka waktu untuk perbaikan. Anda bisa mengetahuinya dengan menanyakan kepada pengguna mobil berjenis sama. 


6. Mengecek Nilai Jual Kembali Mobil 

Terakhir adalah soal nilai jual kembali mobil. Secara umum mobil memiliki masa waktu penggunaan setidaknya 5 tahun. Anda bisa berganti mobil setiap lima tahun sekali untuk terus up to date dengan kendaran. 

Anda bisa lebih untung jika membeli mobil keluarga yang nilai jualnya tidak terlalu jatuh ketika ingin dijual kembali. Cek harga bekas dari mobil yang Anda inginkan bisa juga mobil sejenis namun merk lain. 

Biasanya nilai jual ini juga tergantung dengan merk mobil. Selama ini di Indonesia mobil dengan harga jual kembali ada di mobil Suzuki. Anda bisa mendapatkan nilai jual cukup tinggi jika ingin tukar tambah. 

Tidak bingung lagi bukan bagaimana cara Anda bisa membeli mobil untuk keluarga. pastikan kembali bahwa keluarga Anda nyaman ketika berada di dalam mobil. Kenyamanan keluarga jadi patokan utama ketika membeli mobil baru. 


Baca Juga
> Daftar situs penyedia dropship terpercaya di Indonesia dan mancanegara
Comment Policy: Berkomentarlah dengan bijak dan sesuai topik.
Buka Komentar
Tutup Komentar