--> Skip to main content

  

Cuma Corat-Coret Doang?! Ini 7 Lukisan Abstrak Termahal Dunia yang Harganya Triliunan!!


daftar lukisan abstrak berharga triliunan

Cuman "corat-coret" doang, kok bernilai Triliunan?

Ya, ini adalah fakta. 7 Lukisan abstrak berikut ini -- meskipun tampak sederhana -- namun harganya sangatlah mahal.

Kalau dihitung-hitung, 1 Lukisan saja nilainya setara dengan ratusan mobil Lamborghini.

Padahal lukisannya tampak sederhana dan terkesan mudah untuk dibuat.

Gak percaya?

Yuk liat sendiri seperti apa 7 lukisan bernilai triliunan ini !


7 Lukisan abstrak termahal di dunia

Langsung saja, berikut ini ada 7 lukisan abstrak yang bisa buat sobat geleng-geleng kepala.


7. False Start, Lukisan bernilai 1,1 triliun rupiah


Di nomor 7 ada lukisan bernama False Start. Lukisan ini dibuat oleh seniman bernama Jasper Johns pada tahun 1959. Lukisan ini telah terjual sebesar 1,1 triliun rupiah pada tahun 2006 yang lalu, dan sempat dinobatkan sebagai lukisan abstrak termahal di dunia.

Sang pelukis, yakni Jasper Johns -- lahir pada tahun 1930 di Amerika Serikat. Ia memberi nama lukisannya "False Start" karena terinspirasi saat ia sedang duduk di Cedar Tavern, sebuah bar favorit para seniman kala itu. Ia kemudian melihat sebuah spanduk balapan yang berjudul False Start. Jasper lalu memutuskan untuk memberi nama lukisan abstrak yang baru dibuatnya -- dengan nama “False Start”. False Start sendiri memiliki arti "awal yang salah".

Bagaimana menurutmu mengenai lukisan ini?


6. Orange, Red, Yellow, lukisan bernilai 1,13 triliun rupiah


Orange, Red, Yellow adalah lukisan buatan pelukis Amerika Keturunan Yahudi Rusia, yaitu Mark Rothko. Pria kelahiran tahun 1903 yang meninggal di tahun 1970 ini oo dianggap sebagai salah satu seniman Amerika paling terkenal pasca perang dunia.

Salah satu karya lukisan Mark Rothko, yang bernama Orange, Red, Yellow, telah terjual seharga 1,13 triliun rupiah tahun 2012  yang lalu. Lukisan ini sendiri dibuat pada tahun 1961.

Bagaimana menurut sobat?


5. Dora Maar au Chat, lukisan bernilai 1,24 triliun rupiah


Siapa yang tak kenal Pablo Picasso? Ya nama pelukis asal Spanyol ini tentu sudah tak asing lagi di telinga para pecinta seni lukis. Picasso sendiri turut serta menghasilkan lukisan abstrak termahal di dunia, yakni Dora Maar au Chat -- pada tahun 1941. Lukisan tersebut berhasil dilelang pada tahun 2006 -- dan dimenangkan oleh seorang warga Rusia --  dengan harga 1,24 triliun rupiah.

Lukisan ini  sendiri menggambarkan abstraksisme Dora Maar yang merupakan pasangan kekasih Pablo Picasso. Saat itu ia berusia 55 tahun -- dan Dora berusia 29 tahun.

Pablo Picasso semasa hidupnya telah menghasilkan 20.000 karya seni. Yang menarik, Picasso sering berganti gaya lukisan, termasuk gaya abstrak juga.


4. Anna’s Light, lukisan senilai 1,37 triliun rupiah

Di posisi keempat ada lukisan abstrak berjudul Anna's Light, yang sukses terjual dengan nilai 1,37 rupiah pada tahun 2013. Lukisan tersebut dibeli oleh pemilik perusahaan kimia asal Jepang.

Lukisan Anna's Light sendiri merupakan karya dari Barnett Newman, seorang pelukis asal Amerika Serikat. Tema lukisan yang berjudul “Anna’s Light” tersebut terinspirasi dari kisah hidup dari ibu sang pelukis yang meninggal pada tahun 1965.

Sungguh sangat mengharukan...


3. Lukisan "No. 5”, laku terjual seharga 1,82 triliun rupiah


Lukisan ketiga ini bernama lukisan "No.5", yang dibuat oleh Jackson Pollock di tahun 1948. Penamaan lukisan berupa angka, memberi kesan netral -- dan tidak membatasinya dengan judul atau nama tertentu.

Lukisan abstrak “No. 5” yang satu ini dibeli dari David Geffen ke David Martinez. Namun, dalam press release, diisukan bahwa Martinez tidak membeli lukisan tersebut. Hal ini berarti jumlah penjualan untuk lukisan ini masih menjadi misteri. Namun menurut rumor yang beredar, lukisan abstrak tersebut ditaksir dengan harga 140 juta dolar atau setara dengan 1,82 triliun rupiah.

Gilee beneer...


2. Le Reve atau The Dream, lukisan bernilai 2 triliun rupiah


Lagi-lagi, Pablo Picasso menempatkan namanya sebagai penghasil karya lukisan abstrak termahal di dunia. Setelah sebelumnya lukisan Dora Maar au Chat, kali ini Picasso memiliki karya lain yang nilainya lebih mahal, yakni Le Reve atau The Dream. Lukisan yang dibuat pada tahun 1932 ini, menggambarkan sosok kekasih gelap dari sang pelukis --  yang dibuat terditorsi dengan style yang sederhana.

Setelah beberapa kali berpindah tangan, selanjutnya di tahun 2013 -- lukisan ini laku terjual seharga 2 triliun rupiah. Adapun yang menjadi pemilik terakhir dari lukisan Le Reve ini adalah Steven A. Cohen, dari SAC Capital.

2 triliun itu nolnya ada berapa ya??


1. No. 6 (Violet, Green and Red), lukisan dengan nilai jual 2,4 triliun rupiah


Daan.. di peringkat pertama  lukisan abstrak termahal -- adalah lukisan berjudul "No. 6 (Violet, Green and Red).

Lukisan hasil karya Mark Rothko ini dibuat pada tahun 1951. Lukisan ini terjual dengan harga tertingginya senilai 2,4 triliun rupiah, oleh sang pembeli Dmitry Rybolovlev dari Rusia -- pada tahun 2014.

Banyak kritikus menunjukkan bahwa warna agak gelap di bagian atas melambangkan depresi Mark Rothko sendiri. Seperti kebanyakan karya seni Rothko, lukisan No. 6 (Violet, Green and Red) menggabungkan adanya ukuran materi dan penggunaan warna yang kuat. Mark Rothko sendiri banyak menghasilkan karya lukis indah dengan mengedepankan warna horisontal yang dilukis pada kanvas besar.

2,4 triliun kalau buat beli seblak, dapet berapa piring ya??


Baca juga:

7 Cara mendapatkan uang di metaverse


Nah itulah dia 7 lukisan abstrak termahal di dunia, yang bernilai triliunan rupiah per 1 lukisannya. Memang, tampak sekilas kalau lukisan-lukisan di atas hanyalah seperti coretan sederhana. Namun di mata pecinta seni abstrak, nilai seni dari 7 lukisan di atas sangatlah tinggi. Jadi wajar bagi mereka, kalau nilai jualnya mencapai triliunan rupiah.

By the way, semoga informasi di atas bermanfaat, dan jangan lupa dishare, ya ;).

(Sumber: Diedit.com)


Baca Juga
> Daftar situs penyedia dropship terpercaya di Indonesia dan mancanegara
Comment Policy: Berkomentarlah dengan bijak dan sesuai topik.
Buka Komentar
Tutup Komentar