--> Skip to main content

  

Gotham City & Negeri Wakanda +62 (Review Film The Batman 2022)

Logo Batman, pahlawan di Gotham City

Di postingan kali ini saya akan membahas tentang sesuatu yang menarik dari film The Batman 2022.

Ya, seperti yang kita tahu, film tersebut sukses besar -- yakni memperoleh rating yang cukup tinggi -- di 2 website pemberi rating terpercaya, yakni Rotten Tomatoes dan Internet Movie Database atau IMDb.

Tapi saya di sini gak akan membahas tentang review film tersebut, cui. Saya akan mencoba point of view yang berbeda, dari film tersebut.

Dan yang akan saya ulas di sini adalah, tentang kesamaan dari Gotham City, dan Negeri Wakanda "ples enam dua".

Gambaran Gotham City di film Batman ini seperti MENAMPAR wajah kita cuy, karena sangat-sangat menggambarkan keadaan di dunia nyata yang sebenarnya.

Terutama di Negeri Wakanda ples enam dua.

Oh iya, sebelumnya SPOILER ALERT dulu. Jadi sebelum membaca tulisan ini, tonton dulu film The Batman 2022 di bioskop terdekat di kota sobat.


Pejabat korup, aparat yang disuap, dan mafia tak tersentuh hukum

Gotham City di Film The Batman 2022, diisi oleh pejabat yang korup, aparat dan jaksa yang bisa disuap, serta penjahat besar alias mafia yang tak bisa disentuh oleh hukum. 

Jika kita amati dengan seksama, keadaan tersebut hampir mirip dengan yang ada di Negeri Wakanda "ples enam dua".

Misalnya pejabat yang korup, tentu sudah ada yang demikian dan banyak di negeri ini, seperti pak <SENSOR>, pak <SENSOR>, ibu <SENSOR>, dan lain-lain. Sobat pasti kenal ama nama-nama yang saya sebutin tadi.

Kemudian, untuk aparat yang bisa disuap, juga ada di Negeri Wakanda ini. Sebut saja Briptu <SENSOR>, Irjen <SENSOR>, kompol <SENSOR> dan lain-lain.

Bagaimana dengan mafia yang tak tersentuh hukum?

Tenang, di Negeri Wakanda "ples enam dua" juga ada yang seperti itu. Sebagai contoh, dan mungkin sobat juga kenal sosok mafia lokal ini. Dia adalah Pak.. <DOOOR>

<gue langsung terkapar karena ditembak sosok misterius>


"Orang jahat" yang jadi influencer

Baru-baru ini lagi rame pemberitaan tentang penangkapan para affiliator binary option, judi berkedok trading. Para tersangka sebelumnya adalah influencer yang memiliki banyak basis penggemar.

Bagi sobat yang udah nonton film The Batman 2022, pasti tau kalau sang villain utama -- Riddler -- ternyata adalah seorang influencer juga.

Jadi sama dengan di negeri Wakanda "ples enam dua", yakni ada "orang jahat" yang juga menjadi influencer.

Cuma ada sedikit yang membedakan.

Kalau di negeri Wakanda, tujuan si influencer adalah untuk mencari keuntungan pribadi -- alias memperkaya dirinya sendiri. Sedangkan influencer-nya Gotham ini, dia justru dijadikan inspirasi oleh para pengikutnya. Inspirasi untuk membasmi pejabat yang tidak jujur. Dan mereka juga terinspirasi untuk menghancurkan kota yang mereka anggap sudah tidak memiliki harapan lagi.

So, Gotham City dan Negeri Wakanda "ples enam dua" sama-sama memiliki influencer berupa orang jahat.


Masih ada orang baik & pembela kebenaran

Kalau di Gotham City, kita tentu sudah tahu siapa sang pembela kebenarannya. Dia adalah Batman, yang dibantu oleh seorang polisi bernama James Gordon -- serta beberapa petugas kepolisian yang jujur.

Bagaimana dengan Negeri Wakanda "ples enam dua"?

Siapa saja yang layak disebut dengan pembela kebenaran, dan berani melawan kejahatan?

------------------------------------------------------------------------------------

Setelah melakukan riset, penelitian, dan mencari info di berbagai sumber. Akhirnya saya menyimpulkan bahwa sang pembela kebenaran di negeri Wakanda adalah....

Kamu,, iya kamu. Kamu-kamu yang berfikir kritis. Kamu-kamu yang suka bersuara lantang melawan ketidakadilan. Dan kamu-kamu yang bertindak untuk memperbaiki kebobrokan di negeri ini.

Iya, kamulah Sang Batman di negeri Wakanda tercinta ini.

Tetaplah berfikir kritis. Jika ada sesuatu yang tidak beres, bersuara-lah. Siapa lagi yang peduli pada negeri ini selain kamu. Iya, kamu..


Penutup

Nah itulah dia persamaan dan kesamaan dari Gotham City dan Negeri Wakanda "ples enam dua". Jika dirasa ada ucapan yang keliru dan ada kata-kata yang menyinggung, saya memohon maaf lahir dan batin.

Dan jika ada tambahan lagi dari sobat, silahkan tuliskan di kolom komentar.

Semoga tulisan ini bermanfaat, sampai jumpa di artikel selanjutnya. ADIOS !! Oh iya, bagi sobat yang ingin membeli aksesoris iPhone, iPad, dan Macbook termurah, cukup di iOSpedia Store aja. Kunjungi iOSpedia Store di Tokopedia dan Shopee, okeyy...


Baca Juga
> Daftar situs penyedia dropship terpercaya di Indonesia dan mancanegara
Comment Policy: Berkomentarlah dengan bijak dan sesuai topik.
Buka Komentar
Tutup Komentar