--> Skip to main content





  Cari artikel seputar metaverse

  

Sejarah Singkat Mengenai Awal Mula Munculnya Olahraga Sepak Bola Di Berbagai Kalangan


Saat ini cabang olahraga yang tercatat secara resmi sudah ada lebih dari 100 cabang olahraga. Namun diantaranya banyaknya cabang olahraga tersebut ada satu jenis olahraga yang paling mendapatkan antusias banyak orang. Ya, olahraga tersebut tidak lain adalah olahraga sepak bola. Permainan yang dimainkan oleh dua tim dengan jumlah 11 pemain ini memang selalu mendapatkan antusias yang besar di manapun.

Dalam permainan sepak bola ini para pemainnya boleh menggunakan semua anggota tubuh kecuali tangan. Yang diperbolehkan menggunakan tangan dalam permainan sepak bola hanyalah keeper atau penjaga gawang. Jika ada pemain yang ketahuan menggunakan tangan dalam permainan maka tim tersebut akan mendapatkan pelanggaran. Biasanya pelanggaran tersebut akan menjadi keuntungan bagi tim lawan karena tim tersebut akan diberikan kesempatan untuk melakukan tendangan bebas di area gawang.

Jika dijelaskan secara rinci memang banyak peraturan didalam permainan sepak bola ini. tapi intinya tim yang dikatakan sebagai pemenang dalam pertandingan tersebut adalah tim yang mampu membobol gawang lawang lebih banyak. Terlepas dari segala peraturan yang ada, tim yang paling banyak mencetak gol itulah yang akan keluar sebagai pemenang di pertandingan tersebut.

Tapi tahukah anda bahwa peraturan mengenai cara permainan sepak bola tersebut ternyata sudah berlaku sejak awal muncul permainan sepak bola tersebut. Meski zaman dulu tujuan permainan sepak bola ini bukan sebagai sarana olahraga tetapi peraturan permainan yang diterapkan sejak zaman dulu hampir mirip dan tidak banyak mengalami perubahan yang signifikan.

Untuk lebih jelasnya kita akan membahasnya melalui sejarah sepak bola sejak awal kemunculannya sampai saat ini. Menurut catatan sejarah, permainan sepak bola ini pertama kali ditemukan di negeri China dan diberi naman Tsu Chu. Permainan sepak bola tersebut sudah mulai dimainkan sejak abad ke-2 sampai ke-3 sebelum masehi, tepatnya pada masa kerajaan dinasti Han.

Zaman dahaulu permainan sepak bola atau Tsu Chu ini dibuat untuk melatih ketangkasan dan juga fisik dari para panglima perang dinasti Han. Bahkan dulu bola yang digunakan dalam permainan sepak bola ini juga masih menggunakan kulit hewan yang dibuat bulat dan diikat menggunakan tali dari bambu. Sedangkan untuk bagian gawang pada zaman dulu dibuat menggunakan tali yang dibuat mirip seperti jaring kecil.

Permainan Tsu Chu yang awalnya hanya dimainkan oleh prajurit China ini lama – kelamaan meneybar dan dimainkan oleh tentara atau prajurit dari berbagai negara. Bahkan di Jepang juga ada permainan yang sejenis dengan Tsu Chu hanya saja namanya berubah menjadi Kemari. Tidak hanya di wilayah Asia, ternyata permainan sepak bola ini juga menyebar di wilayah lainnya bahkan Eropa.

Menurut sejarah, bangsa Yunani juga ternyata memainkan permainan yang sama untuk melatih para prajuritnya. Tidak lama dari situ pada abad ke-16 permainan ini juga mulai dimainkan oleh bangsa Itali hanya saja biasanya tiap wilayah memiliki cara bermain dan juga alat permainan yang berbeda – beda. Tapi pada intinya permainan ini memiliki cara permainan layaknya permainan sepak bola.


Seiring dengan berjalannya waktu kegemaran orang – orang di berbagai negara terhadap permainan inipun semakin besar. Sampai pada akhirnya puncak dari permainan sepak bola ini dimulai semenjak terbentuknya FIFA di tahun 1904 yang merupakan Lembaga yang membawahi segala sesuatu tentang permainan sepak bola dan berlaku untuk seluruh permainan sepak bola di seluruh dunia.


Baca Juga
> Jual database supplier (online dan offline), ada yg bisa resi cashless

Produk Metaverse di SHOPEE
Gambar Produk
Shinecon VR Box Imax Giant Screen Virtual Reality
Rp89.900
BELI SEKARANG
Gambar Produk
VR Shinecon 6.0 dengan Headphone Headset
Rp189.900
BELI SEKARANG
Gambar Produk
VR Oculus Quest 2 for Metaverse Facebook
Rp6.399.000
BELI SEKARANG
Gambar Produk
VR Box Mini 3.0 Headset Termurah Putih
Rp51.900
BELI SEKARANG
Gambar Produk
VRPark Box with Headphone / Headset
Rp174.500
BELI SEKARANG
Author Image

Ajie Fabregas (author)
a human who's "fed up" with the world, and wants to live in the metaverse. Follow my social media:



Comment Policy: Berkomentarlah dengan bijak dan sesuai topik.
Buka Komentar
Tutup Komentar